Kurkumin, Obat Alami Penghilang Nyeri Otot


Sabtu, 28 Maret 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Kurkumin, Obat Alami Penghilang Nyeri Otot
Semua orang, saat bekerja ataupun berolahraga terlalu berat dan keras, pasti merasakan pegal-pegal pada bagian otot. Nyeri otot inilah yang terkadang menyebabkan kita berhenti sejenak selama berhari-hari tidak beraktivitas maupun berolahraga.

Penelitian baru yang menarik dalam Journal of International Society for Sports Medicine menemukan bahwa kurkumin, salah satu bahan aktif dalam rempah-rempah kunyit, secara signifikan dapat menurunkan cedera otot karena over-aktivitas. Dalam penelitian itu, pria yang aktif sehat diberi plasebo atau satu gram kurkumin dua kali sehari. Mereka diberi suplemen atau plasebo mulai 48 jam sebelum 45 menit berjalan menuruni bukit dan selama 24 jam setelah tes atletik untuk menentukan apakah curcumin dapat mencegah nyeri otot.

Para ilmuwan penelitian memilih aktivitas berjalan menurun karena diketahui kemampuannya untuk memaksa otot memperpanjang sementara mereka berada di tengah-tengah kontraksi, menyebabkan stres pada tubuh yang memicu peradangan dan produksi radikal bebas yang merusak yang menyebabkan nyeri otot dan peradangan.

Kurkumin, Obat Alami Penghilang Nyeri Otot

Kerusakan otot setelah periode aktivitas dinilai menggunakan magnetic resonance imaging (MRI). Kerusakan otot juga dinilai menggunakan tes darah dan sel mikroskopis dan jaringan analisis 48 jam setelah tes atletik. Peserta juga melaporkan tingkat rasa sakit mereka sebelum dan sesudah tes berjalan. Para ilmuwan menemukan bahwa secara signifikan lebih sedikit orang dalam kelompok kurkumin menunjukkan bukti MRI cedera otot. Mereka juga menemukan bahwa kelompok kurkumin memiliki penanda lebih sedikit kerusakan otot atau peradangan akibat over-berolahraga. Studi ini menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mencegah dan menyembuhkan cedera otot, berpotensi sebelum mereka menetap di otot. Ukuran studi itu kecil tapi hasil penelitiannya lebih lanjut mengesankan.

Baca Juga:

Dalam penelitian sebelumnya dalam Journal of Pain Research, kurkumin telah menunjukkan efek penghilang rasa sakit yang kuat, bahkan lebih besar dari 500 mg asetaminofen. Studi baru ini menunjukkan bahwa tidak hanya kurkumin merupakan obat alami yang efektif penghilang rasa sakit, juga membantu mencegah dan menyembuhkan cedera otot dan peradangan.

Dosis penelitian adalah satu gram kurkumin dua kali sehari. Selalu cek dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan baru ini.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. Balasan
    1. iya mbak, meskipun rasanya gak enak tp khasiatnya jempol 10 mbak.. hehe

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...