Kecambah Brokoli Dapat Menonaktifkan Gen Kanker


Sabtu, 04 April 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Kecambah Brokoli Dapat Menonaktifkan Gen Kanker
Sebuah studi baru dalam jurnal Current Pharmacology Reports menemukan bahwa sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan kale memiliki kemampuan untuk mengatur gen yang menyebabkan sel kanker berkembang biak.

Para ilmuwan di University of Alabama Birmingham menyatakan dalam catatan studi mereka bahwa "Mengatur kemampuan sel untuk berkembang biak pada tingkat genetik merupakan langkah penting dalam mencegah penyakit."

“Jawaban untuk kemoprevensi mungkin telah tersedia untuk masyarakat umum sejak awal. Diet epigenetik mendapatkan perhatian ekstrim, untuk penelitian menunjukkan bahwa sayuran tidak hanya merupakan sumber penting dari nutrisi, tapi mungkin merupakan kunci untuk menghilangkan kanker sebagai penyakit yang mengancam kehidupan."

Sayuran mengandung senyawa tanaman obat yang dikenal sebagai indole-3-carbinols (I3C) dan sulforaphane, yang keduanya telah dikaitkan dengan kemampuan anti-kanker. Kecambah brokoli merupakan sumber yang sangat kaya akan senyawa ini, serta glukosinolat dan glucoraphanin, yang dapat meningkatkan jumlah sulforaphane dalam tubuh. Dengan beberapa perkiraan, kecambah brokoli mengandung lima puluh kali lebih banyak sulforaphane dibandingkan brokoli matang.

Kecambah Brokoli Dapat Menonaktifkan Gen Kanker

Sulforaphane adalah senyawa mapan yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker dan estrogen seperti kanker payudara pada khususnya. Seperti yang ditunjukkan dalam beberapa studi, senyawa ini memiliki sifat anti-kanker terhadap kanker kandung kemih, kanker prostat, dan leukemia.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research mengeksplorasi kemampuan minuman yang dibuat dengan kecambah brokoli untuk membantu detoksifikasi tubuh dari polutan udara, termasuk karsinogen benzena. Para peneliti di Johns Hopkins School of Medicine, Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, University of Pittsburgh, University of Minnesota, dan Qidong Liver Cancer Institute di China menilai kemampuan minuman brokoli untuk meningkatkan ekskresi polutan udara. Mereka menemukan bahwa selama periode penelitian dua belas minggu kecambah brokoli secara signifikan meningkatkan ekskresi beberapa polutan udara, terutama benzena.

Baca Juga:

Benzene telah dikaitkan dengan kanker dan leukemia serta anemia. Hal ini ditemukan di banyak sumber termasuk bahan bakar kendaraan bermotor, pelarut, dan asap rokok. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan benzena menjdai masalah kesehatan masyarakat yang utama. WHO menunjukkan bahwa knalpot mobil menyumbang jumlah terbesar dari benzena di lingkungan umum. Minyak, panas dan beberapa produk konsumen adalah sumber utama dari benzena di dalam ruangan.

Dosis studi kecambah brokoli bervariasi; Namun 1.7 ons (sekitar 100 gram) atau lebih setiap hari biasanya dianjurkan untuk tujuan terapeutik. Kecambah brokoli tersedia di sebagian besar toko makanan kesehatan. Anda juga dapat mengembangkannya sendiri. Kecambah Brokoli bisa dimakan sendiri dengan saus salad favorit Anda, atau ditambahkan ke sandwich.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


11 komentar:

  1. ternyata benda yang kecil dan hanya bernama kecambah brokoli ini khasiat dan manfaatnya dapat menonaktifkan gen kanker yang selalu menjadi momok menakutkan sebuah penyakit tersebut yang bernama kanker, hanya dengan kecambah brokoli maka gen-gen penyebab kanker tersebut dan dinonaktifkan ya ang?...mantap deh ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kang Lembu, bendanya kecil, guede manfaate...
      makanya jangan nyepelein yg kecil2, belum tentu yg kecil itu lemah
      ^_^

      Hapus
  2. mantap ini mas, saya baru tau kecambah brokoli bisa mengatasi gen kanker.bagi saya ini pengetahuan yang baru mas.trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, saya juga jujur baru tau, makanya saya posting disini biar pada tau semua. Yang umumnya saya tau kecambah itu kan cuman toge, makanya agak bingung jg tuh nyari kecambah brokoli dimana

      Hapus
    2. mungkin kecambah brokoli ini bisa mengatasi radikal bebas pada tubuh mas..mungkin sie.hehehe

      Hapus
  3. wow, msh kecambahnya aja udh punya manfaat seperti itu, apalagi udh gedenya ya..
    mksh mas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, betul juga ya :D
      mudanya aja udah hebat, apalagi tuanya

      Hapus
  4. dapat ilmu pengetahuan baru dari sini, mksh

    BalasHapus
  5. Harus nanam sendiri ya, supaya bisa mendapatkan kecambah brokoli.. bingung belinya dimana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyoba di tukang sayur atau di toko obat mas...

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...