Vitamin K, Gizi yang Terabaikan Untuk Tulang dan Jantung


Minggu, 05 Juli 2015
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Vitamin K, Gizi yang Terabaikan Untuk Tulang dan Jantung
Kebanyakan orang tahu bahwa kalsium diperlukan untuk tulang yang kuat dan magnesium yang penting untuk kesehatan jantung, tetapi hanya sedikit orang menganggap pentingnya vitamin K2. Sebenarnya, beberapa orang telah mendengar tentang nutrisi penting ini yang memperkuat tulang dan jantung serta memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh.

Ada dua jenis vitamin K yaitu vitamin K1 dan K2. Sementara mereka terdengar mirip akan tetapi mereka benar-benar melakukan fungsi yang berbeda dalam tubuh. Vitamin K1 membantu pembuatan senyawa pembekuan darah dalam tubuh yang memastikan kita tidak mati kehabisan darah jika kita terluka. Jika Anda mengambil obat warfarin, Anda mungkin telah disarankan untuk tidak mengambil terlalu banyak vitamin K1. Itu karena K1 menentang efek obat tersebut.

Vitamin K2 terlibat dalam beberapa mekanisme dalam tubuh, yaitu dalam mengaktifkan substansi yang dikenal sebagai asam glutamat yang membantu untuk menghilangkan kelebihan kalsium dari pembuluh darah di mana ia dinyatakan bisa menyumbat arteri dan memindahkannya ke tulang di mana diperlukan untuk memastikan bahwa tulang tetap kuat dan sehat. Dengan kata lain, K2 bertindak seperti bus shuttle yang menggerakan kalsium dari arteri di mana itu bisa menyebabkan kerusakan pada tulang.

Baca Juga:

Vitamin K, Gizi yang Terabaikan Untuk Tulang dan Jantung

Sementara kalsium, tentu saja, penting untuk kesehatan tulang, orang sering hanya berfokus pada mineral ini untuk membangun tulang yang kuat dan benar-benar mengabaikan vitamin K2. Namun tanpa K2 kalsium tidak memadai sampai ke tempat tulang yang membutuhkan. Untuk membangun tulang yang kuat, Anda terutama membutuhkan kalsium, magnesium, vitamin D dan vitamin K2, serta nutrisi lainnya. Vitamin K2 ini penting bagi orang-orang yang mengambil obat statin karena obat ini telah terbukti dalam Journal of American College of Cardiology dapat meningkatkan kalsifikasi di arteri. Obat statin yang diresepkan oleh dokter dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi untuk membantu mencegah penyakit jantung tetapi jika terlalu banyak menurut penelitian seperti Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki efek yang merugikan pada kesehatan jantung dengan menipiskan vitamin K2. Kalsifikasi di arteri terjadi ketika tidak ada cukup vitamin K2 untuk antar-jemput kalsium menuju tulang. Kalsifikasi juga dapat menyebabkan penyumbatan arteri jika proses berlanjut dari waktu ke waktu.

Karena dampaknya memperkuat tulang, tidak mengherankan bahwa vitamin K2 berperan dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis Osteoporosis Internasional, vitamin K2 berperan dalam pemeliharaan dan peningkatan kepadatan mineral tulang belakang serta pencegahan patah tulang pada wanita postmenopause dan osteoporosis.

Penelitian menarik yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition juga menemukan bahwa peningkatan asupan vitamin K2 mengurangi angka kematian terkait dengan penyakit jantung, kanker, ataupun penyakit lainnya.

Sedangkan gejala kekurangan vitamin K1 mencakup diantaranya perdarahan berlebih seperti perdarahan menstruasi berat atau perdarahan luka, yang juga merupakan gejala kekurangan vitamin K2. Namun, kekurangan vitamin K2 merupakan faktor dalam tubuh mereka yang menderita penyakit jantung atau osteoporosis atau masalah lain demineralisasi tulang.

Vitamin K1 terutama ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, lobak, kale, atau sayuran hijau tua lainnya. Vitamin K2 terutama dibuat oleh bakteri khusus selama proses fermentasi makanan tertentu, seperti produk kedelai yang difermentasi dan khususnya natto (makanan khas dari Jepang yang dibuat dari kedelai). Natto melibatkan fermentasi seluruh kedelai. Namun, perlu diketahui, tidak semua makanan fermentasi mengandung vitamin K2, misalnya saja yogurt. Yogurt sama sekali tidak mengandung vitamin K2.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


1 komentar:

  1. Betapa pentingnya vitamin K1 dan K2 bagi tubuh kita

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...