Apakah Gemuk Selalu Identik Dengan Tidak Sehat?


Rabu, 24 Februari 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Apakah Gemuk Selalu Identik Dengan Tidak Sehat?

Ada sebuah stigma yang beredar lama di masyarakat, yaitu jika Anda gemuk atau memiliki berat badan berlebihan, secara otomatis Anda dicap tidak sehat. Benarkah demikian? Meskipun hal ini mendapat dukungan kuat dari sistem medis pada BMI yang menjadi pengukuran kesehatan, namun perlu kita jabarkan lebih lanjut apakah stigma ini benar adanya.

Sebuah studi survei kesehatan baru menemukan hampir setengah dari orang dewasa di dunia yang memiliki kelebihan berat badan ternyata memiliki "metabolisme yang sehat." Itu berarti mereka tidak berada pada peningkatan risiko untuk tekanan darah tinggi atau diabetes tipe 2 atau kondisi lain yang berhubungan dengan kesehatan metabolisme yang buruk.

Baca Juga:

Sementara itu, 29 persen orang dewasa obesitas dianggap sehat, namun 30 persen dari mereka yang dianggap berat badan sehat itu sebenarnya memiliki metabolik yang tidak sehat.

Peneliti utama Jeffrey Hunger mengatakan, "Gambaran besar yang ingin kami tarik dari temuan kami adalah bahwa cara berpikir orang-orang mengenai berat badan individu lebih tinggi berarti tidak sehat itu sebenarnya keliru."

Apakah Gemuk Selalu Identik Dengan Tidak Sehat?
sumber gambar

Berdasarkan temuan ini, sangatlah adil untuk mengatakan bahwa menggunakan berat badan individu sebagai satu-satunya penanda kesehatan adalah tidak akurat. Namun, tampaknya ada sebuah peringatan besar untuk dipertimbangkan di sini.

Sebuah studi selama 20 tahun yang diikuti oleh 2.500 orang dewasa Inggris menemukan bahwa orang-orang yang mengalami obesitas tapi sehat di awal, lebih dari setengah mereka kemudian mengembangkan masalah metabolisme hanya dalam waktu 5 tahun. Ini termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

Peneliti utama Joshua Bell mengatakan, "Sebuah asumsi inti obesitas yang sehat stabil dari waktu ke waktu, tapi sekarang kita bisa melihat bahwa orang dewasa gemuk yang sehat cenderung menjadi tidak sehat dalam jangka panjang, ada sekitar setengah lebih dari mereka yang membuat transisi ini selama penelitian 20 tahun kami."

Jadi untuk sementara memang tidak jarang bagi seorang individu obesitas menjadi metabolik sehat, namun penelitian menunjukkan hal ini rata-rata hanya berlangsung selama jangka waktu yang singkat. Dengan kata lain, kelebihan berat badan hampir selalu mengambil korban.

Itu bukan berarti kita harus terus terobsesi pada berat badan, dimana stigma orang tentang obesitas menjadi lebih dipikirkan daripada hal yang lainnya. Padahal, mengembangkan kebiasaan makan yang sehat itu jauh lebih penting untuk diterapkan demi bekal di hari tua. Daripada hanya terpaku pada pikiran tentang berat badan kita saja.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. walaupun ada yang menyebutkan bahwa kelebihan berat badan itu belum tentu tidak sehat tapi dari segi estetika tetap saja yang berat badannya ideal lebih menarik wkwkw :D
    kok tidak ada guestbooknya kak?
    dr tutorskita.blogspot.com
    maaf ninggal link mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan gitu ah.. itu sih pendapat yg menurut sendiri adalah bnr. Padahal blm tentu org lain berpikir demikian. Kan lain org lain pula pendapatnya..
      Soal buku tamu lg direnovasi bukunya.. hehe, maklum udh tutup buku bulan kemarin. Nunggu gantinya

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...