Tips Agar Minuman Kopi Anda Jadi Menyehatkan


Jumat, 27 November 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Tips Agar Minuman Kopi Anda Jadi Menyehatkan

Sebagai pecinta kopi, saya memang setiap hari selalu menyempatkan diri untuk menikmati secangkir kopi di pagi hari. Banyak yang bilang kecanduan kopi itu tidaklah baik, namun seiring dengan kemajuan jaman dimana semakin banyak para peneliti yang menyempatkan diri untuk meneliti kopi. Ternyata kopi jika diminum dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan justru dapat membantu meningkatkan umur panjang.

Ini merupakan kabar yang baik bagi Anda yang suka minum kopi. Sebab pada tanggal 16 November telah diterbitkan sebuah jurnal Circulation, dimana sebuah studi baru terhadap kopi menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan umur panjang seseorang. Para peneliti melihat melalui data dari 74.890 perempuan di Nurses Health Study (NHS), 93.054 perempuan di NHS 2 dan 40.557 laki-laki dalam Health Professionals Follow-up Study, yang meneliti hubungan antara total konsumsi, kopi berkafein dan tanpa kafein dengan total risiko kematian dan penyebab spesifik.

Baca Juga:

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, minum 1-5 cangkir sehari dikaitkan dengan kematian yang lebih rendah dari penyakit jantung dan risiko yang lebih rendah dari kematian akibat penyakit neurologis. Antara tiga dan lima cangkir sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah dari kematian dini. Hal ini sudah saya jelaskan di postingan tentang kopi yang kemarin (baca disini).

Tips Agar Minuman Kopi Anda Jadi Menyehatkan

Terlepas dari hasil semua studi peneliti tersebut di atas, bagi Anda yang suka sekali minum kopi, ada baiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini, agar kopi yang Anda konsumsi dapat memberikan manfaat kesehatan.

Apa sajakah itu?

1. Tambahkan kayu manis ke dalam kopi Anda bukan gula. Anda akan menghemat kalori jika Anda biasanya menambahkan gula, dan poin penelitian untuk kayu manis memiliki manfaat utama dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah dan mengurangi keinginan makan yang berlebih, mengurangi kongesti dan meningkatkan fungsi otak.

2. Beralihlah ke kopi tanpa kafein di sore hari untuk menghindari kelemahan jangka pendek seperti kurang tidur. Seperti yang sudah diungkapkan oleh Dr. Walter Willet dalam postingan saya yang berjudul Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini, antara kopi berkafein dan tanpa kafein tentunya yang tanpa kafein jauh lebih banyak menyimpan manfaat.

3. Jangan minum kopi pada waktu perut kosong. Jika Anda memulai hari Anda dengan secangkir kopi, pastikan Anda punya sedikit sesuatu untuk dikunyah sebelumnya, minum kopi terlalu dini selagi perut kosong dapat menyebabkan penurunan gula darah, yang mengakibatkan kecelakaan energi utama, kebalikan dari apa yang Anda inginkan dari kopi Anda.

4. Jangan mengubahnya menjadi makanan penutup. Kopi mungkin sehat, tetapi tidak akan dapat melawan efek negatif ketika menambahkannya bersama sekelompok gula, krim dan bumbu manis lainnya, terutama jika Anda minum beberapa cangkir setiap hari.

5. Menumbuk kopi sendiri. Oksigen dan kelembaban dapat membunuh antioksidan kopi Anda, untuk itu jika Anda menginginkan memperoleh manfaat penuh dari kopi Anda maka belilah biji kopi lalu menggilingnya sendiri di rumah, hasilnya akan jauh lebih baik. Tapi cara ini tentu paling tidak diinginkan oleh banyak orang, karena tentu merepotkan. Silahkan Anda putuskan sendiri.

Sumber Bacaan dan gambar

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...