Penyebab Penglihatan Spider Web (Eye Floaters)


Kamis, 02 April 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Penyebab Penglihatan Spider Web (Eye Floaters)
Pernahkah Anda terbangun dari tidur dan merasa seolah-olah Anda sedang melihat dunia melalui jaring laba-laba? Mata Anda tampak diisi dengan gelap, garis-garis dan bintik-bintik yang bergerak ketika Anda mencoba untuk melihat mereka berlekuk-lekuk. Mereka bisa menjadi sangat mengganggu dan menjengkelkan. Nah, ilusi tersebut seringkali disebut dengan “spider web visi”, hal ini disebabkan oleh adanya eye floaters.

Apa yang menyebabkan eye floaters dan apa pula itu eye floaters?

Floaters mata (eye floaters) terbentuk ketika vitreous, substansi seperti jelly yang mengisi bola mata dan membuat bola mata menjadi bulat, mengalami perubahan dan menarik diri dari permukaan interior bola mata Anda. Karena menjadi benang, hal itu melemparkan bayangan pada retina.

Siapapun dapat mengalami eye floaters. Sebagian besar dari yang kita lakukan pada satu waktu atau lainnya, tetapi Anda lebih rentan terhadap floaters mata ini tergantung usia Anda. Berikut beberapa faktor yang menyebabkannya:
  • usia diatas 50 tahun
  • rabun
  • kencing manis
  • komplikasi operasi katarak
  • trauma pada mata
  • radang mata
  • pendarahan di mata
  • retina robek

Penyebab Penglihatan Spider Web (Eye Floaters)

Haruskah kita ke dokter?

Sebagian besar waktu, floaters bukan ancaman kesehatan, tetapi mereka dapat menjadi tanda peringatan dari sesuatu yang lebih serius. Menurut National Eye Institute (NEI), jika bagian dari vitreous menarik serat halus dari retina Anda secara tiba-tiba, Anda mungkin memiliki banyak floaters baru. Ini disebut detasemen vitreous, yang biasanya tidak memerlukan perawatan.

Baca Juga:

Jika floaters Anda disertai dengan kilatan cahaya atau kehilangan penglihatan, itu bisa menjadi tanda bahwa retina Anda memisah. Ini adalah kondisi medis serius yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen atau kebutaan dalam beberapa hari. Jika Anda memiliki floaters dan mengalami kilatan cahaya, segeralah pergi ke dokter mata Anda. Dokter Anda mungkin akan melebarkan pupil Anda untuk mendapatkan tampilan yang baik di dalam mata Anda.

Penyebab Penglihatan Spider Web (Eye Floaters)

Jika Anda memiliki beberapa floaters, tetapi tidak ada tanda-tanda peringatan lainnya, Anda mungkin tidak perlu buru-buru ke dokter. Ini masih ide yang baik untuk memiliki mata Anda diperiksa secara berkala, terutama setelah memasuki usia paruh baya.

Apakah kondisi ini bisa hilang?

Dalam kasus yang jarang terjadi, menurut NEI, terlalu banyak floaters dapat mempengaruhi penglihatan. Jika perlu, floaters dapat dihapus dalam prosedur yang disebut vitrectomy a. Seperti prosedur apapun, ada beberapa risiko, termasuk robeknya retina atau detasemen, dan tidak mencegah pembentukan floaters baru.

Menurut Mayo Clinic, dokter mata juga dapat menggunakan laser khusus untuk memecah floaters sehingga mereka tidak begitu mengganggu. Risiko dari prosedur ini termasuk kerusakan retina.

Untungnya, sebagian besar floaters juga dapat hilang dengan sendirinya. Tapi, sebenarnya mereka tidak pergi, hanya saja mereka umumnya jatuh dari bidang visi kita atau kita berhenti memperhatikan mereka.

Apapun gejalanya, cari tahulah bersama dokter mata Anda. Untuk mendapatkan yang terbaik.

Lebih jelasnya, lihat video berikut ini:

LIHAT VIDEO

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


6 komentar:

  1. wow, blog mas wawan nambah lg ya, keren, apa gak puyeng mas ngatur postingnya?
    blognya simple tampilannya bagus, sederhana, yakin deh bakal booming lg blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah gak mas, kan ditemenin ama secangkir kopi nih plus kripik singkong, hehe... mauuu??

      Hapus
  2. ikut duduk disini ya, infonya cocok sekali dengan saya hehe (malu) moga selalu menayangkan informasi yang bermanfaat ya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak Santika, mau minum apa nih, jus, es kelapa muda, sirop, teh manis, kopi....?? tapi menu hari ini cm ada air putih doank mbak...
      ga pa2 kan, hehe :D

      ngapain jg td nawarin..

      Hapus
  3. rumah barunya kece, plus byk manfaat yg bisa digali, langsung follow deh... sukses ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima ksh Fit... ^_^ km kenapa jd jarang update posting? sibuk ya?

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...