Perilla, Tanaman Herbal Untuk Melawan Alergi


Selasa, 07 April 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Perilla, Tanaman Herbal Untuk Melawan Alergi
Mata gatal, bersin, hidung meler dan masalah pernapasan seringkali dialami bagi siapa saja yang menderita alergi. Berbagai cara pun dilakukan agar terhindar dari alergi, mulai dari obat dekongestan, anti-histamin, bahkan hingga mengunci diri dalam ruangan, semua itu dilakukan untuk bisa menghindari alergi. Sayangnya, seringkali kita tidak menyadari adanya obat di alam yang bisa dibuat ramuan untuk mengurangi gejala alergi.

Memang, tanaman herbal yang satu ini sebagian besar jarang diketahui, sebut saja namanya Perilla frutescens, merupakan bagian dari keluarga mint. Terkadang, hanya disebut dengan perilla saja, di Jepang tanaman ini terkenal dengan nama shiso, ekstrak dari daun tanaman ini yang berwarna merah dan hijau telah ditemukan dalam banyak studi efektif untuk pengobatan alergi, termasuk: hidung tersumbat, sinusitis, asma terkait dengan alergi, kondisi kulit dan iritasi mata.

Dalam satu studi yang dipublikasikan dalam Experimental Biology and Medicine, perilla dan salah satu bahan aktif yang dikenal sebagai asam rosmarinic atau ekstrak rosmarinic, ditemukan secara signifikan memperbaiki reaksi inflamasi alergi seperti hidung dan sinus, serta iritasi mata.

Perilla, Tanaman Herbal Untuk Melawan Alergi

Dalam studi lain yang dipublikasikan di Phytotherapy Research, para ilmuwan Jepang di Departemen Kampo Ilmu Pengetahuan Obat, Hokkaido College of Pharmacy, menemukan perilla yang lebih efektif dibandingkan dengan obat tranilast, atau nama merek Rizaben, yang digunakan untuk alergi.

Namun studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemical Toxicology menemukan bahwa "minyak diet perilla mungkin memiliki efek cukup menguntungkan pada alergi asma."

Jika hal itu tidak cukup meyakinkan, dalam studi lain di International Journal of Molecular Medicine menemukan bahwa perilla dapat meringankan kondisi kulit yang terkait alergi.

Baca Juga:

Penderita alergi bukan satu-satunya orang yang bisa mendapatkan keuntungan dari ramuan ini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minyak atsiri frutescens perilla juga mungkin memiliki efek anti-depresan. Tampaknya untuk bekerja pada beberapa tingkat yaitu: mengurangi peradangan dalam tubuh yang paling mungkin menyumbang banyak efek herbal terhadap alergi dan depresi serta meningkatkan kadar serotonin di otak. Serotonin adalah hormon otak, yang dikenal sebagai neurotransmitter, yang meningkatkan perasaan kesejahteraan kita.

Perilla, Tanaman Herbal Untuk Melawan Alergi

Dosis efektif perilla berbeda dari produk ke produk dan tergantung pada apakah bibit atau daun yang digunakan, apakah obat tersebut adalah ekstrak senyawa tertentu atau hanya bubuk daun kering, dan beberapa faktor lainnya. Cara terbaik adalah mengikuti petunjuk paket untuk produk yang Anda pilih. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


4 komentar:

  1. baru tahu nama tanaman ini, kayak pernah lihat tapi lupa dimana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanaman ini terkadang tumbuh sebagai tanaman liar loh.. saya sendiri pernah menemukannya di halaman samping rumah, sayangnya waktu itu saya blm tau kalo ini tanaman obat, jd malah dicabut trs dibuang

      Hapus
  2. tanaman kecil yang sering dianggap sepele tapi manfaatnya tak terduga. alergi asma itu seperti apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok manggilnya mba sih? saya cowok loh mas...
      Asma itu berkaitan dgn sesak napas mas (biasanya pada anak kecil).. yg umumnya sesak napas ini timbul karena faktor2 tertentu saja (umumnya debu)

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...