Tips Mudah Perawatan Gigi Secara Alami


Jumat, 10 April 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Tips Mudah Perawatan Gigi Secara Alami
Bagaimana cara menjaga gigi Anda agar tetap bersih dan cerah, serta napas Anda berbau harum? Tentu saja, dengan teratur menyikat gigi dan flossing memang sangat membantu, namun ada lebih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan selain kedua cara itu.

Apakah Anda terjebak dalam situasi di mana Anda tidak memiliki sikat gigi di dekat Anda? Atau Anda menghadapi krisis infeksi gigi hingga Anda harus pergi ke dokter gigi, nah, tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk perawatan gigi dan mulut Anda. Tips ini tidak menggunakan bahan kimia beracun, sebab memakai bahan-bahan alami. Namun, meskipun begitu, disamping Anda menerapkan tips ini perawatan gigi rutin tetap jangan ditinggalkan.

Apa sajakah itu?

1. Minum banyak air, cara ini adalah cara yang mudah untuk membilas mulut Anda. Air dapat menghilangkan partikel sisa makanan dan merangsang produksi air liur. Jangan pernah meminum minuman lemon, karena sifat asamnya yang menyebabkan gigi berlubang. Begitupun minuman olahraga, "diperkaya" dengan asam dan gula, bahkan jauh lebih berbahaya. Jika Anda tidak menyukai minum air tanpa rasa, maka Anda bisa mencoba H2O dicampur dengan satu atau dua tetes minyak jeruk.

2. Mengunyah buah-buahan dan sayuran renyah juga bisa dijadikan alternatif lain jika Anda tidak bisa mendapatkan sikat gigi Anda. Hal ini membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan menjaga air liur mengalir. Pastikan, buah yang Anda pilih tidak terlalu keras saat digigit, sehingga tidak mudah terjebak diantara gigi dan menggores gigi Anda, hindari juga yang bersifat asam.

Tips Mudah Perawatan Gigi Secara Alami

3. Teh hijau, dengan senyawa polifenol, merupakan herbal yang cenderung menjadi sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Teh hitam juga menawarkan efek yang membatasi pengembangan plak, sehingga cenderung dapat mengatasi noda gigi.

4. Meskipun kandungan asam yang tinggi dalam makanan dan minuman dapat mengikis enamel gigi Anda, asam askorbat (vitamin C) tablet yang tertelan akan membantu mencegah radang gusi (penyakit gusi) dan edentulism (gigi).

5. Untuk mempermanis napas Anda, kunyahlah kayu manis, minyak esensial juga berguna untuk penghilang bakteri, bahkan dapat membantu siapa saja yang mencoba untuk berhenti merokok. Hindari kebiasaan menggigit kuku, sebab bisa berbahaya bagi gigi. Atau bisa juga menggunakan beberapa tangkai peterseli, untuk kandungan klorofil nya yang baik bagi gigi.

Baca Juga:

6. Gel lidah buaya juga terkenal dapat menyehatkan gusi dengan cara menerapkan sejumlah kecil untuk mengurangi peradangan. Berhati-hatilah, meskipun gel lidah buaya ini alami, namun ketika dicicipi langsung sangatlah pahit.

7. Mengisap cengkeh, dapat mengurangi rasa sakit ketika sakit gigi. Tentu saja, ini harus ditindaklanjuti dengan mengunjungi dokter gigi secepat mungkin.

8. Permen karet yang dimaniskan dengan inositol (semacam zat gula) tidak menyebabkan kerusakan gigi. Bahkan, ia memiliki efek sebaliknya, terbukti benar-benar menghancurkan bakteri mulut.

9. Satu sendok teh minyak sayur mentah seperti minyak zaitun atau kelapa selama 20 menit, cara ini berasal dari praktek Ayurvedic kuno. Metode pembersihan mulut ini dikatakan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut dalam berbagai cara, pemutih gigi, mengurangi sensitivitas, mengurangi bau mulut, dan mengurangi kandungan bakteri mulut. Pastikan untuk meludah minyak yang digunakan ke dalam sampah, jangan di wastafel atau toilet. Jika tidak, Anda mungkin berakhir dengan memerlukan tukang ledeng untuk membersihkan saluran Anda.

10. Sabun minyak zaitun diberi wewangian dapat digunakan sebagai cara alami untuk membersihkan gigi.

11. Perlakukan gigi Anda sewajarnya, jangan membuat gigi Anda bekerja terlalu keras. Misalnya, membuka kacang pistachio dengan gigi Anda, saya pikir itu bukanlah cara yang tepat. Atau mengunyah yang serba keras lainnya, jangan pernah lakukan!

Nah, itulah beberapa tips perawatan gigi secara alami yang dapat Anda lakukan disamping perawatan rutin gigi Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. sangat mudah, namun ini harus rutin ya mas?biar hasilnya gigi putih dan sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rutin boleh, tp gak musti setiap hari mas, yg rutin itu misalnya menyikat gigi, itu harus rutin. tp sambil diseling dgn perawatan diatas.

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...