Melon, Buah Super Sehat dengan Harga Terjangkau


Jumat, 31 Juli 2015
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Melon, Buah Super Sehat dengan Harga Terjangkau
Ketika kita berbicara tentang superfoods, kita lebih cenderung terfokus pada yang mahal, dan eksotis seperti goji berry atau aronia berry. Tapi perlu Anda ketahui bahwa ada banyak makanan yang sangat sehat yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah buah melon. Buah melon selain memiliki harga yang relatif murah, ternyata juga mengandung banyak manfaat kesehatan.

Makanan super atau biasa disebut dengan superfoods seringkali menjadi topik pembahasan. Dimana sebagian dari kita ada yang mengerti artinya, namun tidak sedikit juga yang belum paham tentang makna dari kata 'super' disini. Istilah 'super' untuk makanan atau buah-buahan tertentu berarti bahwa buah tersebut memiliki manfaat kesehatan yang telah terbukti khasiatnya. Sayangnya, kata superfoods seringkali dimanfaatkan sebagian orang untuk berpromosi dalam upaya peningkatan pemasaran produk tertentu.

Kita tahu bahwa makanan seperti kinoa, kale dan sawi itu padat akan nutrisi, tetapi ada lebih banyak lagi buah-buahan dan sayuran yang bisa Anda nikmati di piring Anda dengan segudang manfaatnya. Dan melon adalah salah satunya.

Melon, Buah Super Sehat dengan Harga Terjangkau

Baca Juga:

Lalu apa sih manfaat melon?

Secangkir melon hanya memiliki 60 kalori dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Ia juga memberikan 120 persen vitamin A harian Anda bersama dengan 108 persen vitamin C harian Anda dan 14 persen dari kebutuhan kalium harian Anda. Melon juga merupakan sumber serat yang baik, niasin, vitamin B6, dan asam folat. Wow, komplit sekali ya!

Bukan hanya itu, melon juga merupakan makanan yang sangat hydrating, yang merupakan berita baik selama musim panas yang terik ini. Sebab, satu porsi sebanyak 177 gram melon itu mengandung 160 gram air, hal ini berarti melon mengandung air lebih dari 90 persen.

Semua itu baik, tapi secara keseluruhan itu bukanlah apa-apa. Sebab, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang juga menyediakan nutrisi sama seperti ini. Lalu, apa yang membuat melon begitu istimewa? Menurut Badan Dunia Makanan Sehat (World’s Healthiest Foods) menjelaskan bahwa melon yang memiliki manfaat terbesar itu menjadi istimewa karena harganya yang terjangkau. Sehingga kita bisa mengkonsumsinya setiap hari. Jika dibandingkan dengan buah-buahan mahal yang lainnya, mungkin bagi beberapa orang akan jarang bisa membelinya setiap hari.

Perlu diketahui juga, menurut studi pada tahun 2006 menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi lebih banyak buah (termasuk melon) dikaitkan dengan penurunan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik sebenarnya adalah istilah selimut untuk kondisi yang meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung dan diabetes. Hal ini mengacu pada gejala seperti tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Apa lagi keistimewaan melon?

Salah satu yang seringkali jarang diperhatikan adalah biji melon. Biji melon umumnya dibuang begitu saja. Padahal biji melon juga berperan bagi kesehatan. Biji melon merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3.

Melon, Buah Super Sehat dengan Harga Terjangkau

Sebuah analisis dari minuman biji melon menemukan bahwa dalam biji melon terkandung sumber zat besi dan magnesium. Meskipun tidak ada penelitian khusus tentang manfaat biji melon ini, tapi sudah dipastikan ada hal yang baik terkandung di dalamnya.

So, apakah Anda suka melon? Mungkin jika Anda tidak mengenal melon, di Indonesia buah ini memiliki kerabat dekat yaitu blewah. Blewah adalah buah asli Indonesia. Jadi Anda pasti tahu dengan blewah?

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...