Pasangan Yang Tidur Tak Teratur, Akan Sulit Hamil?


Minggu, 13 November 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Pasangan Yang Tidur Tak Teratur, Akan Sulit Hamil?

Banyak sekali pasangan suami istri yang mendambakan ingin segera punya momongan, namun tidak memperhatikan beberapa hal yang kecil. Salah satunya adalah waktu tidur di malam hari. Entah karena kesibukan ataupun kegiatan tertentu, seringkali membuat kita lupa waktu tidur atau tidak memperhatikan berapa jam kita tertidur di setiap malamnya.

Kurangnya waktu tidur di malam hari, menurut hasil penelitian yang dilaporkan pada American Society for Reproductive Medicine telah mengungkapkan bahwa 42 persen dari wanita memiliki peluang yang kecil untuk bisa hamil jika ia memiliki pasangan yang kurang tidur dari enam jam ataupun lebih dari sembilan jam. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki pasangan yang teratur tidur selama delapan jam setiap malamnya.

Baca Juga:

Menurut Lauren Wise, pemimpin penelitian dari Boston University mengatakan bahwa, "bukan hanya jumlah jam tidur saja yang bisa merugikan reproduksi."

Bahkan wanita akan memiliki 28 persen peluang yang kecil untuk dapat hamil jika ia memiliki pasangan yang melewati setengah malam untuk begadang.

Pasangan Yang Tidur Tak Teratur, Akan Sulit Hamil?
sumber gambar

Sebenarnya, studi ini tidak mengacu pada seberapa buruknya waktu tidur kita, melainkan sebuah penelitian lain telah menemukan bahwa waktu tidur yang kurang telah dikaitkan dengan adanya penurunan kadar testosteron, sehingga menghasilkan sperma yang sedikit.

"Testosteron merupakan variabel yang paling vital bagi fungsi fisik dan seksual," kata Wise.

Lalu, bagaimana cara menanganinya?

Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Lauren Wise dalam upaya untuk memperbaiki kualitas tidur Anda:
  • 1) Matikanlah perangkat komputer dan juga smartphone ketika Anda hendak tidur
  • 2) Rajin berolahraga
  • 3) Kurangilah konsumsi gula manis ataupun minuman bersoda
  • 4) Kurangi juga asupan kafein

Hal-hal diatas sebenarnya hal yang sepele dan mudah namun seringkali kita enggan melakukannya. Selain beberapa tips diatas, ada juga beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh para laki-laki dalam hal upaya menjaga kesuburan sistem reproduksi, yaitu sebagai berikut:
  • Giat berolahraga
  • Memilih makanan yang sehat
  • Untuk alkoholic, segera kurangi konsumsi alkohol Anda, atau tinggalkan jika perlu
  • Jangan merokok, sebab rokok sudah terbukti dapat merusak kesuburan
  • Hindarilah paparan panas yang berlebihan pada organ penting Anda, misalnya jangan terlalu sering terpapar sauna atau kolam air panas, sebab hal itu dapat mempengaruhi kesuburan.

Nah, kiranya beberapa tips dan saran diatas cukup memberikan wawasan pada kita tentang arti pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita, baik melalui pola makan, gaya hidup, dan mengatur kebiasaan buruk kita.

Hal sekecil apapun dapat mempengaruhi beberapa fungsi organ penting di tubuh kita. Untuk itu, jika Anda dan pasangan Anda memiliki keinginan untuk bisa hamil, cobalah memperhatikan hal-hal yang tertulis di atas. Semoga berhasil !

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...