Gejala Utama dan Tipe Diabetes Yang Harus Anda Ketahui


Sabtu, 12 November 2016
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Gejala Utama dan Tipe Diabetes Yang Harus Anda Ketahui

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh memproduksi atau menggunakan insulin untuk memecah makanan menjadi gula darah yang dapat digunakan untuk energi. Hampir 415 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis dengan diabetes, dan mengingat pertumbuhannya merajalela, telah ada lebih dan lebih banyak dana dimasukkan ke dalam penelitian untuk menemukan obat dan mengembangkan kemajuan ilmiah yang dapat membuat hidup lebih mudah untuk mengelolanya.

Baca Juga:

Meskipun dapat menyerang siapa saja dari lahir (disebut diabetes anak-anak) untuk usia tua (kebanyakan disebut sebagai diabetes tipe 2), ada cara untuk mencegah timbulnya dan juga mengidentifikasi gejala awal untuk memulai rencana pengobatan.

Gejala Utama dan Tipe Diabetes Yang Harus Anda Ketahui
sumber gambar

Melihat lebih dekat tentang DIABETES

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki kadar gula darah dan kesulitan mengendalikannya. Hal ini terjadi ketika pankreas gagal memproduksi, atau mengeluarkan jumlah yang cukup, hormon insulin, yang memetabolisme karbohidrat dan glukosa dan mengubah makanan menjadi gula yang dapat digunakan untuk energi. Ada beberapa jenis diabetes yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, di mana kadar gula darah dapat menjadi sangat tidak seimbang. Jenis ini sering disebut sebagai diabetes juvenile karena dapat hadir sendiri pada anak usia dini; tidak ada penyebab yang diketahui atau obatnyha untuk saat ini.

Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah jenis yang lebih umum dari diabetes, terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin yang dihasilkan. Ini sering disebut "diabetes onset dewasa" karena biasanya muncul di kemudian hari. Tipe ini juga dapat dicegah, dengan diet, olahraga, dan pengendalian berat badan yang memiliki dampak besar pada perkembangan akhir-nya.

Diabetes gestasional

Beberapa wanita hamil dapat mengembangkan tingkat gula darah tinggi, yang mengarah ke kondisi yang dikenal sebagai diabetes gestasional. Seringkali, masalah ini diringankan sendiri setelah kelahiran bayi, tapi itu penting untuk diuji selama kehamilan karena dapat muncul tanpa gejala yang jelas, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan komplikasi.

Meskipun diagnosis mungkin terdengar menakutkan, efektif mengelola diabetes adalah mungkin, dan merupakan kunci untuk kesehatan secara keseluruhan. Langkah pertama adalah memahami apa gejala diabetes, dan berbicara dengan dokter atau ahli medis jika Anda berpikir mereka bisa terkait.

Gejala Utama Diabetes

Diabetes memiliki berbagai gejala, beberapa yang lebih umum termasuk dibawah ini:
  • Merasa sangat haus atau lapar
  • Sering buang air kecil
  • Mulut kering
  • Kelelahan ekstrim
  • Pandangan yang kabur
  • Kulit yang gatal
  • Penurunan berat badan yang sedang berlangsung meskipun makan teratur
  • Kesulitan berkonsentrasi atau fokus
  • Luka atau memar yang lama sembuhnya
  • Kesemutan, nyeri, mati rasa, atau perasaan aneh lainnya di tangan dan kaki
Banyak dari gejala-gejala ini berkaitan dengan cara tubuh untuk mengimbangi diabetes hadir. Misalnya, tubuh umumnya menyerap glukosa saat melewati ginjal. Namun dalam kasus diabetes, kadar gula darah meningkat dan tubuh tidak dapat menyerap semua kelebihan glukosa. Akibatnya, ia mencoba untuk melonjakkan gula dengan menciptakan lebih banyak urin sehingga sering menyebabkan Anda keluar masuk kamar mandi.

Karena sering buang air kecil membutuhkan lebih banyak cairan untuk digunakan, dapat menyebabkan dehidrasi dan memicu kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan gejala lain yang datang dari kehilangan cairan. Karena tubuh memerlukan cairan, maka akan menarik hidrasi dari membran lendir dan kulit. Inilah yang dapat menyebabkan mulut kering dan kulit terasa gatal.

Singkatnya, dampak diabetes pada tubuh dalam berbagai cara dan pada dasarnya memicu reaksi berantai dari gejala yang bisa sulit untuk mengelolanya secara efektif tanpa perawatan medis. Jika gejala-gejala tersebut dalam kombinasi, maka sangat penting untuk mengunjungi dokter agar dilakukan pengujian. Deteksi dini dapat membantu membuat lebih mudah untuk mulai mengelola dan mengendalikan diabetes serta gejalanya, dan bisa berakhir menyelamatkan hidup Anda juga.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...