Vitamin B Bisa Kurangi Risiko Kanker Paru-paru 50 Persen


Jumat, 16 September 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Vitamin B Bisa Kurangi Risiko Kanker Paru-paru 50 Persen

Kanker paru-paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanker di dunia saat ini. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 telah mengungkapkan bagaimana meningkatkan asupan vitamin B ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit ini sebesar 50 persen atau bahkan lebih.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, telah mengumpulkan informasi tentang diet dan gaya hidup lebih dari 385.000 orang di beberapa negara Eropa antara tahun 1992 dan 2000.

Baca Juga:

Sampel darah mereka diambil pada awal studi dan dianalisa kadar vitamin B dan biokimia terkait, seperti metionin, asam amino esensial yang mana tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Metionin harus dikonsumsi dalam diet Anda. Nutrisi ini dipelajari karena mereka dikenal dapat membantu sintesis dan perbaikan DNA dalam jaringan tubuh, berpotensi mencegah cacat pada DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Vitamin B Bisa Kurangi Risiko Kanker Paru-paru 50 Persen
sumber gambar

Ditemukan bahwa risiko mengembangkan kanker paru-paru berkurang setidaknya 50 persen pada orang yang memiliki kadar tinggi vitamin B6 dan metionin. Ketika vitamin B folat juga hadir, ternyata dapat memotong risiko kanker paru-paru hingga sebesar 66 persen. Luar biasa!

Peserta penelitian telah dipecah menjadi kelompok orang yang tidak pernah merokok, dulunya merokok dan saat ini merokok. Menariknya, risiko mengembangkan kanker paru-paru berkurang dengan jumlah yang sama pada semua kelompok.

Peneliti menunjukkan bahwa meskipun vitamin B mengurangi risiko terkena kanker paru-paru bagi perokok, ini tidak mengurangi pentingnya mengurangi penggunaan tembakau di seluruh dunia. Merokok masih merupakan penyebab nomor satu kanker paru-paru dan harus dicegah.

Penelitian ini juga mencatat bahwa konsumsi jangka panjang vitamin B yang memadai tampaknya memberikan manfaat perlindungan terhadap kanker. Tidak ada bukti bahwa dosis jangka pendek vitamin B akan menjadi pelindung.

Kekurangan vitamin B cenderung tinggi pada banyak populasi barat. Sangat penting untuk memastikan Anda mengkonsumsi vitamin B yang cukup secara terus-menerus.

Bagaimana Mendapatkan Lebih Banyak Vitamin B ?

Suplemen adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin B Anda. Suplemen vitamin B-kompleks mengandung semua delapan vitamin B yang dikenal. Anda juga bisa mendapatkan suplemen dengan satu atau lebih dari vitamin B individu, seperti B6.

Makanan dapat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan vitamin B, karena makanan yang kaya vitamin B juga sering dikemas dengan nutrisi penting lainnya. Vitamin B cenderung ditemukan di sebagian besar seluruh makanan yang tidak diolah.

Sebagai pengetahuan, berikut ini sumber yang sangat baik dari vitamin B secara umum, meliputi:
  • Gula tetes tebu
  • Ragi bergizi
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Tempe dan tahu
  • Buah-buahan, seperti alpukat, kurma, dan berry
  • Produk hewani, termasuk daging, susu, dan telur
  • Sayuran bertepung, seperti labu, kentang dan lobak
  • Sayuran berdaun hijau
Makanan khusus tinggi vitamin B6 termasuk ikan, daging organ, sayuran bertepung dan buah-buahan (selain jeruk). Kacang polong juga merupakan sumber besar vitamin B6, dengan satu cangkir menyediakan 55 persen dari asupan harian Anda yang disarankan.

Asam amino metionin tersedia sebagai suplemen. Dalam makanan, dapat ditemukan dalam produk hewani seperti ikan dan daging merah, serta susu dan telur. Sumber vegan yang baik dari metionin termasuk diantaranya spirulina, biji wijen, produk kedelai, kacang tanah dan lentil. Jumlah yang lebih kecil juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti brokoli, bayam, jagung manis, kembang kol dan asparagus.

Nah, silahkan Anda tentukan sendiri pilihan Anda mana yang disukai dari berbagai makanan sumber vitamin B di atas.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...