Nutrisi dan Gizi Menakjubkan Terkandung Dalam Kurma


Senin, 22 Agustus 2016
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Nutrisi dan Gizi Menakjubkan Terkandung Dalam Kurma

Siapa yang tidak mengenal buah kurma, buah yang selalu identik dengan perayaan Hari Raya umat muslim ini merupakan salah satu tanaman tertua di planet ini dan manusia telah memakannya selama lebih dari 6.000 tahun lamanya. Namun, ilmu pengetahuan modern baru mulai mencari tahu mengapa kurma bisa begitu bermanfaat bagi kesehatan kita.

Lebih dari 200 varietas kurma tumbuh di seluruh dunia. Ini mungkin tidak semuanya tersedia di supermarket lokal Anda, tapi setidaknya bagi Anda yang menyukai buah kurma harus mengetahui apa manfaat kurma bagi kesehatan kita.

Baca Juga:

Ternyata, kandungan nutrisi dalam kurma begitu banyak, apa sajakah itu? Berikut manfaat luar biasa dari kurma yang perlu Anda ketahui:

1. Antioksidan

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 menemukan bahwa kurma memiliki jumlah tertinggi polifenol, jenis penting dari antioksidan, dibandingkan dengan buah-buahan kering biasa lainnya. Polifenol telah terbukti membantu mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis dan diabetes.

Nutrisi dan Gizi Menakjubkan Terkandung Dalam Kurma
sumber gambar

2. Sangat Bergizi

Kurma tidak hanya terasa manis saja, melainkan mereka adalah sumber nutrisi yang banyak dan juga tinggi akan serat. Bahkan, 3,5 ons (100 gram) kurma Medjool, sekitar 4 atau 5 buah, dapat menyediakan 18 persen serat dari asupan harian Anda yang disarankan.

Porsi yang sama memberikan Anda 20 persen kalium, 18 persen tembaga, 14 persen dari magnesium dan jumlah tinggi kalsium dan zat besi, yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tulang dan darah Anda.

Kurma mengandung pelengkap yang baik dari vitamin juga, termasuk vitamin B5 dan B6, folat, niacin dan vitamin A.

3. Kesehatan Seksual

Kurma secara tradisional diakui untuk meningkatkan stamina seksual. Dikatakan resep yang sangat baik untuk meningkatkan potensi Anda adalah dengan merendam beberapa kurma ke dalam susu kambing semalam, kemudian menggiling campuran dengan beberapa kapulaga bubuk dan madu di pagi hari. Ilmu pengetahuan belum menyelidiki ini, tetapi patut untuk dicoba.

Menariknya, serbuk sari dari bunga kurma telah ditemukan dapat meningkatkan kesuburan pria dan meningkatkan jumlah sperma. Ini belum terbukti untuk buah, tetapi penelitian menunjukkan janji dapat membantu infertilitas.

4. Mengontrol Diabetes

Sebuah studi menemukan bahwa memakan kurma dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan lemak yang beredar pada pasien diabetes. Hal ini sungguh menarik, sebab kurma tinggi karbohidrat dan gula alami. Makanan yang manis dapat menyebabkan peningkatan pesat dalam kadar gula darah, yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Namun, para peneliti membandingkannya dengan makan kurma, baik dimakan sendiri atau dengan dicampur pada makanan lain, dan hasilnya ternyata tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Luar biasa.

Studi lain juga menemukan bahwa ekstrak buah kurma bisa membantu untuk mencegah kerusakan neuropati diabetes.

5. Kesehatan Jantung

Konsumsi kurma telah terbukti mengurangi kadar lipid darah dan stres oksidatif dalam tubuh. Ini akan membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung, stroke atau aneurisma.

6. Fungsi Usus dan Kanker

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Reading memandang kesehatan usus yang berkaitan dengan pencegahan kanker. Sekelompok sukarelawan makan sekitar 50 gram kurma (1,8 ons) per hari selama 3 minggu. Pada waktu itu, frekuensi buang air besar mereka meningkat dan ada penurunan yang signifikan dari produk sampingan kimia berpotensi menyebabkan kanker diciptakan oleh pencernaan.

Para peneliti percaya bahwa serat yang tinggi dan polifenol yang ditemukan dalam kurma mendukung fungsi flora usus yang sehat, yang dapat menyebabkan risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Penelitian lain juga menemukan bahwa senyawa alami tertentu dalam kurma memiliki anti-tumor dan efek antikanker.

7. Kehamilan

Sebuah studi oleh Jordan University of Science and Technology menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi 6 kurma per hari dalam 4 minggu terakhir kehamilan memiliki hasil signifikan lebih baik selama persalinan dan melahirkan. Dibandingkan dengan wanita yang tidak makan kurma, wanita yang makan kurma memiliki:
  • Lebih besar dilatasi serviks pada saat masuk ke rumah sakit.
  • Proporsi yang lebih tinggi dari membran utuh.
  • Persalinan spontan dalam 96 persen dari kelompok, dibandingkan dengan 79 persen dari bukan pemakan kurma.
  • Penggunaan obat prostin dan oksitosin secara signifikan lebih rendah.
  • Tahap persalinan pertama yang pendek, hampir separuh waktu dari mereka yang tidak makan kurma.



Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. Kurma kaya gizi
    Bikin sehat setiap hari
    Rasanya semanis senyum baru bersemi
    Lezat dinikmati hati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana ada mbak Ayu, pasti disitu ada puisi

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...