Obat Herbal Untuk Membantu Mengontrol Diabetes


Rabu, 25 Mei 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Obat Herbal Untuk Membantu Mengontrol Diabetes

Lebih banyak orang yang beralih ke cara diet untuk membantu mengelola diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes lebih mungkin untuk menggunakan suplemen makanan daripada penderita non-diabetes.

Pengobatan alami melalui herbal seringkali menjadi alternatif pengobatan cenderung lebih manjur daripada pengobatan berbahan dasar bahan-bahan kimia. Oleh karena itu semakin banyak saja orang-orang yang lebih memilih menggunakan obat tradisional daripada obat dokter. Karena banyak sekali obat tradisional yang baik serta mendukung untuk mengobati jenis penyakit tertentu, salah satunya adalah diabetes.

Baca Juga:

Nah, tumbuh-tumbuhan di bawah ini menunjukkan beberapa hasil yang paling menjanjikan dalam membantu untuk mengobati diabetes. Namun perlu diingat bahwa beberapa suplemen alami juga dapat berinteraksi dengan obat diabetes, jadi selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter ataupun ahlinya untuk mencoba sesuatu yang mungkin baru bagi Anda.

Obat Herbal Untuk Membantu Mengontrol Diabetes
sumber gambar diedit

Berikut beberapa herbal yang bisa membantu mengontrol diabetes dan mudah diperoleh, antara lain:

1. Kayu Manis

Sebuah ulasan ilmiah pada tahun 2011 dari delapan studi klinis yang berbeda menemukan bahwa mereka secara konsisten menunjukkan asupan kayu manis secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah pada orang dengan diabetes tipe 2 atau pradiabetes. Hasil penelitian menunjukkan manfaat dari keduanya secara keseluruhan baik bubuk kayu manis, ataupun ekstrak kayu manis.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Diabetes Care diikuti orang dengan diabetes tipe 2 yang mengambil 1, 3 atau 6 gram kayu manis per hari selama 40 hari. Semua jumlah kayu manis mengurangi tingkat glukosa darah mereka, serta trigliserida mereka, kolesterol LDL dan semua kolesterol.

Ini akan menunjukkan bahwa 1 sampai 6 gram kayu manis adalah target harian yang baik. Caranya dapat dengan mudah dimasukkan dalam hidangan utama, hidangan penutup atau sarapan. Ekstrak kayu manis adalah pilihan lain yang dapat ditemukan di toko-toko makanan alami (herbal).

2. Ginseng

Ramuan Cina ini telah terbukti memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Sebuah studi University of Toronto menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 memiliki 20 persen pengurangan kadar gula darah ketika mereka mengambil 3 kapsul gram ginseng Amerika baik 40 menit sebelum atau selama makan.

Jumlah yang disarankan adalah 1 sampai 3 gram per hari dalam kapsul atau tablet. Sebuah tingtur dari 3 sampai 5 mililiter tiga kali sehari dapat diambil sebagai gantinya.

3. Pare

Buah hijau yang berbentuk lonjong ini seringnya ditanam di daerah tropis dan subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia. Memiliki tekstur berkutil pada bagian kulit luar. Orang-orang sudah mengenal rasanya yang pahit, tapi rasa ini juga dapat bervariasi tergantung di mana ia tumbuh.

Buah pare kaya akan vitamin dan mineral, mengandung setidaknya tiga zat yang terbukti memiliki sifat anti-diabetes: charantin, vicine dan senyawa yang mirip dengan insulin disebut polipeptida-p. Zat ini dapat bekerja secara individu atau bersama-sama untuk membantu mengurangi kadar gula darah.

Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa peserta dengan diabetes tipe 2 yang mengambil 2.000 mg pare per hari telah secara signifikan mengurangi kadar gula darah mereka.

Pare segar mungkin tersedia di bagian produksi makanan yang diimpor setempat atau toko kelontong biasa. Pare dapat dimakan langsung, dibuat menjadi jus atau benihnya dapat ditumbuk menjadi hidangan. Jika Anda membuat jus Anda sendiri, dianjurkan untuk mengambil 50 sampai 100 mililiter (3-6 sdm) jus per hari. Jangan berlebihan, karena asupan pare yang berlebihan dapat menyebabkan masalah diare dan pencernaan. Suplemen ekstrak pare juga dapat ditemukan di toko makanan alami (herbal).

4. Kaktus Pir Berduri

Obat Herbal Untuk Membantu Mengontrol Diabetes
Ada beberapa bukti bahwa kaktus pir berduri dapat menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Daun, bunga, batang dan buah kaktus pir berduri semuanya dapat dimakan. Mereka populer di banyak bagian dunia, seperti Amerika Latin di mana kaktus ini tumbuh banyak. Kaktus pir berduri dapat direbus ataupun dipanggang, atau dibuat menjadi jus juga selai.

Kaktus pir berduri juga sangat tinggi antioksidan, karotenoid dan serat.


5. Teh Hijau

Sebuah studi penelitian di tahun 2012 menunjukkan bahwa tikus yang diberi antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau mengalami penurunan yang signifikan dalam kadar gula darah mereka dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan antioksidan. Mereka diberi jumlah yang setara dengan secangkir setengah teh hijau untuk manusia.

Menariknya, antioksidan yang paling efektif ketika diumpankan ke tikus dengan pati jagung. Hal ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu manusia mengontrol lonjakan gula darah yang sering terjadi saat kita makan makanan bertepung, seperti roti dan makanan panggang lainnya. Para peneliti menunjukkan bahwa manfaat paling terasa saat minum teh hijau pada saat yang sama dengan makan makanan bertepung.

6. Daun Blueberry

Obat Herbal Untuk Membantu Mengontrol Diabetes
Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa ekstrak daun blueberry dapat memiliki efek stabilisasi toleransi karbohidrat pada orang dengan diabetes. Hal ini memungkinkan pengurangan jumlah insulin yang diberikan.

Studi lain pada tahun 2006 menemukan bahwa produk suplemen khusus yang disebut Blueberin, yang berisi ekstrak daun blueberry, secara signifikan bisa mengurangi kadar gula darah pada peserta dengan diabetes tipe 2.

Sebenarnya, jika ditelusuri, masih banyak tanaman herbal lainnya yang dapat digunakan untuk membantu penderita diabetes. Namun, keenam tanaman herbal di atas adalah tanaman yang sudah tidak asing kita dengar serta mudah mendapatkannya.


Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


1 komentar:

  1. ginseng emang bagus ya mas khasiatnya selain untuk stress karena banyak pikiran juga bisa untuk diabetes :)

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...