Khasiat dan Nutrisi Sehat dalam Buah Pepaya


Selasa, 17 Mei 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Khasiat dan Nutrisi Sehat dalam Buah Pepaya

Buah pepaya, buah yang sudah tidak asing lagi, bahkan menjadi buah favorit semua umur karena rasanya yang manis. Christopher Columbus pernah memberikan sebuah julukan untuk buah pepaya sebagai 'buah dari malaikat'. Mungkin karena kelezatannya dan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Buah pepaya juga pernah menjadi buah yang langka dan eksotis, namun buah ini kini sangat mudah didapatkan. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang menanam buah ini di pekarangan rumah mereka.

Baca Juga:

Hampir seluruh bagian dari pohon pepaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Mulai dari buah, biji, akar, batang, daun, bunga, kulit, serta getahnya. Pantaslah jika buah pepaya mendapat julukan sebagai buah dari malaikat.

Berikut ini beberapa khasiat buah pepaya bagi kesehatan:

Khasiat dan Nutrisi Sehat dalam Buah Pepaya
sumber gambar

1. Membantu Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi, pepaya merupakan sumber yang baik dari lycopene, yang telah ditemukan dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat, paru-paru, pankreas, usus besar, rektum, esofagus, rongga mulut, payudara, leher rahim dan kanker lambung.

Ekstrak kering ekstrak daun pepaya ditemukan memiliki efek antikanker yang sangat sukses melawan pertumbuhan tumor (kanker payudara, liver, paru-paru, leher rahim dan pankreas). Hasilnya menguat ketika sel-sel kanker menerima dosis lebih besar dari teh.

2. Membantu Pencernaan

Menurut sebuah studi di University of Illinois di Urbana-Champaign pada tahun 2011 menjelaskan bahwa pepaya mengandung enzim papain yang membantu perut dalam mencerna protein. Hasil yang terbaik ketika pepaya sudah benar-benar matang.

Pepaya juga digunakan untuk mengobati sejumlah masalah pencernaan seperti masalah usus, gangguan pencernaan, sembelit dan diare.

3. Membunuh Parasit di Usus

Telah ditemukan bahwa biji pepaya dan buahnya memiliki aktivitas anti-parasit. Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang memiliki parasit usus diberi biji pepaya; setelah tujuh hari anak-anak tidak memiliki parasit lagi.

4. Sangat Baik untuk Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid merupakan fitokimia yang ditemukan dalam pepaya yang membantu menjaga penglihatan dengan baik. Sebuah studi menemukan, asupan lutein dan zeaxanthin membantu mencegah degenerasi makula.

5. Menurunkan Risiko Stroke

Pepaya merupakan sumber yang baik dari lycopene, yang menurunkan risiko stroke pada pria. Ada lebih banyak lycopene dalam tomat yang dimasak sebagai lawan pepaya, tapi lycopene dalam pepaya lebih bioavailable. "Suplemen dapat memberikan bentuk dimurnikan dari lycopene, tetapi Anda tidak akan bisa yakin apakah Anda mendapatkan apa yang Anda dapatkan dari makanan. Anda mungkin akan mendapatkan bentuk yang salah dari lycopene dalam suplemen, "kata Dr Giovannucci, yang telah melakukan banyak penelitian tentang lycopene.

6. Baik untuk Kulit

Pepaya adalah sumber yang melimpah beta-karoten dan lycopene yang dikenal untuk menyesuaikan sifat kulit. Telah ditemukan bahwa mikro-nutrisi ini dapat membantu melindungi kulit terhadap sengatan matahari.

Wanita yang tinggal di iklim tropis diketahui menggunakan jus pepaya muda pada kulit mereka. Bubur pepaya putih mentah ketika digosokkan pada kulit, bisa mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan kulit yang sehat. Juga dapat digunakan dalam sabun mandi, deterjen dan untuk mencuci tangan.

Nutrisi Buah Pepaya

Selain berkhasiat untuk kesehatan, berikut jumlah nutrisi buah pepaya yang harus Anda ketahui:
  • Kandungan yang sangat tinggi akan vitamin (A dan C) serta mineral. Setengah dari pepaya kecil dapat memberikan 150 persen dari asupan vitamin C makanan yang direkomendasikan.
  • Kandungan rendah sodium, kalori dan pati.

HARAP DI CATAT !!
  • Getah pepaya dapat berpengaruh Alergi, karena pepaya mengandung kitinase yang terhubung dengan getahnya. Alpukat, pisang, cokelat dan kiwi juga termasuk dalam daftar tinggi kasus ini. Sedangkan pepaya berada di posisi sedang dalam daftar.
  • Untuk ibu-ibu dalam masa kehamilan, menyusui, dan gangguan perdarahan dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah pepaya. Meskipun belum ada bukti ilmiahnya, namun harap dihindari saja sebab dapat berisiko keguguran.
  • Biji hitam pepaya ini mengandung jejak carpine, yang dapat menjadi zat beracun. Akan tetapi banyak yang mengatakan, biji pepaya sangat efektif dalam menghilangkan parasit usus dan masalah kesehatan lainnya. Putuskan saja mana yang terbaik menurut Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...