Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker Prostat


Sabtu, 14 Mei 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Sudah bukan rahasia lagi, bahkan semua orang sudah mengetahui jika kanker itu merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit kanker memang bermacam-macam jenisnya tergantung dari faktor penyebab, tempat yang terjangkiti, serta berbagai macam hal lainnya. Namun sel kanker yang mematikan pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama. Sama-sama bermutasi serta menjadi tidak terkendali dan menyerang organ-organ tubuh kita.

Baca Juga:

Penyakit kanker yang mematikan ini, sebenarnya bisa jadi karena beberapa faktor penyebab yang paling sederhana sekalipun. Diantaranya perubahan pola makan dan gaya hidup. Meskipun menurut kita sepele, namun gaya hidup yang tidak sehat lebih cenderung menjadi faktor dominan dalam terbentuknya sel-sel kanker.

Sel kanker tidak pandang bulu, dapat menyerang siapa saja, baik tua maupun muda, baik pria maupun wanita, bahkan anak-anak sekalipun. Untuk itu, menanamkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu hal yang paling penting dalam mengurangi risiko terkena kanker.

Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker Prostat
sumber gambar

Kanker prostat merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang umumnya menyerang kaum pria. Kanker ini juga sama dengan yang lain disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, bagi Anda kaum pria yang ingin mengurangi risiko terkena kanker prostat, alangkah baiknya melakukan pendekatan gaya hidup dengan konsumsi beberapa makanan berikut ini:

1. Nikmati Teh Akar atau Daun Dandelion: Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Oncology, menemukan bahwa teh yang terbuat dari daun dandelion dapat membantu penurunan pertumbuhan sel kanker payudara, sedangkan teh yang terbuat dari akarnya bisa memblokir kemampuan sel kanker untuk menyerang payudara yang sehat dan jaringan prostat. Teh akar dandelion sebagian besar tersedia di toko makanan kesehatan.

2. Makan Segenggam kenari Setiap Hari: Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis peneliti kanker menemukan bahwa hewan yang makan kenari sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka memiliki jumlah dan pertumbuhan tumor kanker prostat berkurang secara signifikan. Makan hanya satu hingga setengah cangkir mentah kenari tawar setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan prostat dan mencegah kanker.

3. Tambahkan Makanan Berwarna Oranye untuk Perlindungan Optimal: Makanan berwarna oranye seperti wortel, ubi jalar, aprikot, mangga, buah persik, pepaya, labu dan tomat mengandung satu set senyawa yang dikenal sebagai karotenoid. Ada sekitar 60 karotenoid yang berbeda (Anda mungkin akrab dengan beta karoten, yang merupakan salah satu jenis karotenoid). Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology menunjukkan bahwa pria dengan tingkat tertinggi karotenoid memiliki penurunan kadar antigen prostat spesifik (PSA / prostate-specific antigen) penanda biokimia yang digunakan untuk menyaring kanker prostat; tingkat PSA tinggi terkadang menjadi indikator untuk penyakit ini.

4. Tambahkan bawang putih segar ke Makanan Anda: Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food and Function menyimpulkan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk menghambat berbagai jenis tumor dan menurunkan risiko kanker esofagus, lambung dan prostat. Sangat mudah untuk menambahkan bawang putih segar cincang untuk sup, semur, salad dressing atau bumbu untuk sayuran, kacang-kacangan dan makanan lainnya.

Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker Prostat

5. Tambahkan Rosemary: Dalam penelitian awal yang diterbitkan dalam jurnal medis online PLoS One, peneliti menemukan bahwa ekstrak standar dari salah satu senyawa aktif rosemary ini, asam carnosic, menunjukkan aktivitas selektif terhadap sel kanker prostat, sebagai lawan sel-sel sehat. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan potensi rosemary dalam mencegah kanker. Tambahkan cincang daun rosemary segar atau kering untuk sup, semur, sayuran, atau bersama daging sapi di piring Anda.

6. Makanan sumber Lycopene: Karotenoid yang dikenal sebagai lycopene, menurut penelitian dapat membantu melindungi terhadap berbagai jenis kanker, termasuk prostat. Lycopene terutama ditemukan dalam jambu biji, jeruk, pepaya, rosehip, stroberi, tomat (terutama yang orange) dan semangka.

7. Tambahkan Makanan Anda dengan Jahe Segar: Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Preventive Medicine menunjukkan bahwa jahe dan bahan-bahan aktifnya dapat membantu mengontrol kanker prostat. Tambahkan parutan atau cincang jahe untuk sup, semur, kari atau merebus segenggam jahe cincang dalam satu liter air selama minimal 45 menit, saring dan permanis sedikit dengan sedikit stevia, jika diinginkan untuk kelezatan.

8. Lakukan Pencegahan dengan Kegiatan Jalan Cepat: Menurut para peneliti di Harvard University, mendapatkan tiga atau lebih satu jam dalam seminggu melakukan aktivitas kuat untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat sebesar 61 persen. Yang bekerja hanya di bawah 26 menit sehari. Anda bisa melakukan olahraga jalan cepat, naik sepeda, mendaki bukit atau menikmati beberapa bentuk lain dari aktivitas cepat selama 26 menit sehari untuk memaksimalkan perlindungan kanker Anda.

-----------
Cara yang paling mudah dalam mengurangi risiko terkena kanker prostat adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, pola makan yang sehat, serta olah raga yang cukup. Lakukan kedelapan tips di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda, untuk dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...