Tujuh Cara Perawatan Alami untuk Mengatasi Eksim


Selasa, 16 Februari 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Tujuh Cara Perawatan Alami untuk Mengatasi Eksim

Eksim adalah penyakit inflamasi kulit yang umum ditandai dengan adanya daerah kasar dan kulit yang meradang, sehingga menyebabkan timbulnya rasa gatal-gatal dan pendarahan. Biasanya penyakit ini tidak memiliki pemicu eksternal yang jelas, tetapi disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Tentu saja kita tidak dapat mengubah gen kita, tapi kita bisa mengontrol apa yang masuk ke tubuh kita dan ke kulit kita.

Mengontrol asupan makanan adalah salah satu cara yang terbaik untuk dapat mengobati penyakit eksim, atau radang pada kulit. Dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit akan sangat membantu proses pencegahan maupun pengobatan.

Baca Juga:

Pengobatan eksim memang bisa dilakukan juga dengan memakai bahan-bahan kimia seperti salep dan sejenisnya. Namun, jika ada obat alami, kenapa harus memilih yang kimia? Nah, berikut ini beberapa cara perawatan alami untuk eksim yang memiliki dasar ilmiah:

Tujuh Cara Perawatan Alami untuk Mengatasi Eksim
sumber gambar

1. Minyak Ikan

Banyak ahli percaya minyak ikan dapat membantu meringankan kondisi inflamasi kulit. Hal ini karena mereka kaya akan lemak omega-3, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan minyak ikan (dosis 1,8 g EPA per hari) mengalami peningkatan dramatis dalam gejala eksim setelah 12 minggu. Studi tersebut juga melihat pada kondisi lainnya, seperti jerawat, meskipun tidak ditemukan adanya perbaikan pada jerawat.

Untuk membuat minyak ikan menjadi efektif, maka diperlukan suplemen, karena sumber makanan seluruh minyak ikan tidak akan memberikan dosis yang diperlukan.

2. Air Garam atau Sea Spray

Untuk mengobati eksim yang basah, pengeringan kulit dengan garam tampaknya sangat efektif. Air garam sempurna untuk hal ini, jadi Anda disarankan untuk pergi ke pantai atau gunakan sea spray.

Banyak orang yang terkena eksim di wilayah Timur Tengah benar-benar mengunjungi Laut Mati di Israel, yang mengandung 29 persen garam dibandingkan dengan 4 persen di laut. Satu studi yang melibatkan lebih dari 1.500 orang menemukan bahwa 95 persen kulit mereka bersih setelah mereka sering mengunjungi Laut Mati lebih dari 4 minggu.

3. Beberapa krim dan salep topikal

Krim alam tertentu dan salep dapat membantu mengurangi rasa gatal dan terbakar bila diterapkan langsung ke kulit. Berikut beberapa varietas tanaman herbal yang terbaik dan terbukti mendukung dalam hal ini, diantaranya:
  • Licorice (Glycyrrhiza glabra)
  • Marigold (calendula officinalis)
  • Chickweed (Stellaria Media)
  • Chamomile (Matricaria recutita)
  • Witch hazel (Hamamelis virginiana)
  • St John Wort (Hypericum perforatum)
4. Hindari Makanan Pro-inflamasi

Bertentangan dengan minyak ikan (anti-inflamasi), makanan pro-inflamasi sebenarnya mempercepat peradangan. Ini berarti mereka bisa (secara teoritis) mendorong terjadinya eksim dan kondisi kulit yang terkait, dan pasti harus dihindari jika mungkin. Makanan pro-inflamasi meliputi produk dengan tambahan gula dan pati olahan, serta minyak omega-6 yang dimasak.

5. Minyak Essential

Minyak borage dan evening primrose (EPO) telah terbukti membantu mengurangi gatal dalam waktu 8 minggu dalam beberapa penelitian percobaan kecil. Namun bukti keseluruhan sebenarnya mengalami percampuran, dan juga beberapa penelitian tidak menemukan efek yang menguntungkan. Akan tetapi, lima persen minyak pohon teh telah terbukti membantu untuk jerawat, berarti bisa juga untuk eksim.

6. Probiotik

Probiotik pada dasarnya bakteri yang mendukung kesehatan. Mereka dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, bahkan penurunan berat badan. Strain probiotik tertentu (yaitu bifidobacteria dan strain lactobacillus) dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri usus Anda, pada gilirannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meminimalkan keparahan reaksi alergi.

Mereka dapat diambil dalam bentuk suplemen atau Anda dapat membuat makanan probiotik di rumah sendiri.

7. Hindari Disebut Makanan Alergen

Orang dengan eksim biasanya memiliki alergi makanan juga. Tak usah dikatakan bahwa makanan penyebab alergi dikenal harus benar-benar dihindari.

Berikut ini makanan umum yang menyebabkan reaksi alergi adalah:
  • tomat
  • jagung
  • telur
  • ikan
  • gandum (semua biji-bijian yang mengandung gluten)
  • kacang tanah
  • jeruk
  • kedelai
  • produk susu

Beberapa orang hanya mengalami reaksi halus, sehingga alergen tertentu dapat memicu eksim Anda. Selain tes alergi pada dokter, mengontrol makanan harian Anda dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi pemicu makanan.

-------
Nah, itulah beberapa cara perawatan alami terhadap eksim. Seperti biasa, alangkah baiknya sebelum Anda mencoba sesuatu pengobatan yang baru, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


4 komentar:

  1. Ohhh..ternyata Air Garam juga bisa ya mas jadi obatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, sejak kpn Bang Icah ganti nama jd Syahran???
      kok saya gak kebagian nasi tumpengnya?

      Iya Bang Syahran, garam itu bukan cm buat bumbu..

      Hapus
  2. biasanya saya gunakan antiseptik, kalau air garam perihnya gak kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp perihnya kan sementara aja Mbak Dewi, abis gitu jg ilang..

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...