Obat-obatan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering


Rabu, 28 Oktober 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Obat-obatan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering
Akibat cuaca yang semakin ekstrim ini, seringkali menyebabkan kulit kita menjadi kering. Terlebih lagi jika kita biasa bekerja di tempat yang dingin terkena AC. Kulit yang kering rentan dengan datangnya penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah gatal-gatal. Memang, banyak produk yang menawarkan pelembab kulit yang bisa kita pakai untuk mengurangi hidrasi kulit akibat kulit kering. Tapi perlu diingat bahwa dalam produk-produk pelembab kulit itu terkandung bahan petrolatum yang ternyata berbahaya bagi tubuh kita.

Ingatlah ! Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita. Kulit meliputi area seluas rata-rata 21 kaki persegi pada orang dewasa, dan menjadi tuan rumah bagi lebih dari 11 mil pembuluh darah. Jadi hargailah kulit Anda, jagalah agar dapat memainkan perannya dengan sebaik-baiknya.

Lalu, bagaimana sekiranya jika kulit kita kekeringan dan kita tidak ingin memakai pelembab kulit yang berisiko berbahaya tersebut? Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai cara alami dalam mengatasi kulit kering.

Obat-obatan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering

1. Gunakan pelembab ketika kulit basah
Seberapapun rutinnya Anda mengoles pelembab, lakukanlah saat Anda selesai mandi, dimana kulit Anda masih segar setelah tersiram air, atau masih terasa lembab. Nah, saat inilah cara yang terbaik untuk mengoleskan pelembab kulit. Lotion dirancang untuk mengunci kelembaban, sehingga membuat pekerjaan mereka lebih mudah dengan menggunakan mereka ketika kulit Anda agak basah.

2. Jangan mandi air panas
Banyak orang yang menyukai mandi air panas, terutama saat cuaca dalam kondisi dingin. Sayangnya, cara ini sebenarnya tidaklah baik untuk kulit. Air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit kering. Alangkah baiknya gunakan air yang suam-suam kuku, dan jika Anda menggunakan sabun, pastikan sabun itu adalah sabun alami yang paling lembut.

Baca Juga:

3. Mandi seperti Cleopatra
Anda tahu Cleopatra? Ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya ini memiliki kebiasaan mandi dengan susu dan madu. Ia selalu berendam diri dalam susu dan madu yang dapat menyegarkan tubuhnya. Namun, Anda pasti berpikir, apa tidak boros menuangkan susu dan madu ke dalam bak mandi tempat kita berendam? Untuk orang-orang kaya ataupun ratu dan raja, cara ini bisa saja dilakukan. Tapi untuk kita, pasti akan berpikir ulang untuk melakukannya. Nah, Anda tidak perlu takut boros, jika Anda menginginkan cara mandi yang sama dengan Ratu Cleopatra, maka cukup siapkan dua cangkir susu dan seperempat cangkir madu, lalu tuangkan ke dalam bak mandi Anda, campurkan sedikit air dan berendamlah.

4. Keajaiban susu
Selain digunakan oleh Ratu Mesir untuk berendam, ternyata susu juga dapat menggantikan lotion. Jika kulit Anda gatal-gatal, tuangkan semangkuk susu lalu celupkan kain lap ke dalamnya dan tempelkan pada kulit Anda yang gatal selama lima menit. Susu dapat menenangkan dan mengandung asam laktat yang sangat bagus untuk kulit. Menurut Susan C. Taylor, MD, dari Departemen Dermatologi di University of Pennsylvania School of Medicine, susu dapat menghentikan siklus gatal. "Susu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengusir rasa gatal," katanya.

5. Manjakan kulit dengan madu dan minyak zaitun
Madu memiliki sifat yang luar biasa yang membuatnya menjadi teman baik untuk kulit; begitu juga dengan minyak zaitun. Menggabungkan mereka dapat menjadikannya seperti lotion. Caranya: campur sesendok madu dengan satu sendok makan minyak zaitun dan perasan jeruk lemon lalu oleskan lotion buatan ini ke daerah kulit yang kering dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bersihkan dengan handuk hangat.

6. Mandi oatmeal
Oatmeal telah digunakan untuk merawat kulit selama beberapa ribu tahun, dan bahkan ilmu pengetahuan mengatakan bahwa itu efektif untuk melembabkan, membersihkan, antioksidan, dan anti-inflamasi, dan meminimalisir iritasi pada kulit.

Untuk membuat mandi oatmeal: Campurkan 1 cangkir oatmeal kering dalam food processor atau blender sampai menjadi serbuk halus. Lalu campurkan ke dalam bak dengan air mengalir, putar-putar dengan tangan Anda beberapa kali hingga benar-benar merata dengan air mandi. Berendamlah di bath selama 15 sampai 20 menit. Tergantung pada bagaimana kering kulit Anda, Anda dapat menggunakan cara ini sampai dua kali sehari, atau lebih sesuai saran dokter.

7. Jangan minum banyak air
Anda mungkin akan terkejut dengan tips yang terakhir ini. Kenapa dilarang minum air saat kulit sedang kering? Menurut WebMD dan ahli lainnya, air memang baik untuk kulit seseorang yang mengalami dehidrasi berat. "tapi kulit rata-rata orang tidak mencerminkan jumlah air yang diminumnya," kata Kenneth Bielinski, MD, seorang dokter kulit di Oak Lawn, Illinois, sehingga manakala ada yang bilang bahwa kelembaban kulit itu berkaitan dengan jumlah air yang diminum, maka "Ini adalah kesalahpahaman yang sangat umum." kata dokter Kenneth. Perlu dicatat, jangan minum air tentu bukan berarti tidak minum air sama sekali, akan tetapi menguranginya. Lakukan ini untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Atau silahkan cari upaya yang lain.

------
Memiliki kulit yang kering, memang tidak terlihat indah, apalagi jika kulit nampak pecah-pecah, tentunya selain menimbulkan rasa sakit juga akan memudahkan bakteri datang menyerang kulit kita, sehingga timbullah berbagai penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, jamur, dan gatal-gatal. Mencoba memakai bahan alami sebagai pelembab kulit adalah cara yang terbaik daripada menggunakan bahan yang berefek bahaya. Atau terapkan tips diatas sehingga dapat mengurangi kulit yang kering.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...