Cara Alami Mencegah dan Meringankan Varises


Senin, 05 Oktober 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Cara Alami Mencegah dan Meringankan Varises
Varises adalah masalah bagi puluhan juta orang di dunia. Mungkin untuk sebagian orang saja, varises hanyalah masalah estetika sedangkan untuk orang lain itu bisa saja menyakitkan. Penyebab varises adalah dalam pembuluh darah itu sendiri. Pembuluh darah Anda ibarat jalan raya yang dilalui kembali oleh darah dari jauh mencapai tubuh Anda kembali ke jantung Anda. Dalam rangka untuk memastikan darah bergerak hanya ke jantung, tubuh Anda secara brilian telah terinstal jutaan miniatur katup dalam pembuluh darah Anda untuk mencegah aliran mengalir balik.

Dengan munculnya varises, akhirnya menyebabkan fungsi katup ini pun gagal dan darah mengalir kembali, yang menghasilkan urat biru, cacat dan bahkan sakit. Pertanyaannya adalah, mengapa katup ini bisa gagal? Alasan utamanya adalah faktor usia, berdiri terlalu lama atau gaya hidup yang tidak baik. Sistem kardiovaskular Anda dirancang untuk gerakan yang sering. Jantung sendiri tidak memiliki kekuatan untuk secara efektif mengedarkan semua darah dan membutuhkan kontraksi otot-otot kaki Anda agar dapat menekan pembuluh darah Anda (seperti pompa) dan membantu memindahkan darah kembali ke jantung Anda.

Cara Alami Mencegah dan Meringankan Varises
sumber gambar

Oleh karena itu, ketika seseorang tidak cukup bergerak, akan terjadi kolam darah di pembuluh darah dan katup yang kecil tidak dapat menangani tekanan dan mereka pun gagal.

Untungnya, ada berbagai macam cara alami untuk mencegah dan melawan perkembangan varises ini. Berikut ini beberapa diantaranya bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan Anda.

1. Mengangkat kaki ke atas

Cara Alami Mencegah dan Meringankan Varises
Dalam yoga, postur tubuh restoratif umum adalah berbaring di tanah dan menempatkan kaki Anda ke dinding. Usahakn seluruh bagian kaki tepat posisinya di dinding, dengan cara ini darah dapat mengalir secara pasif dari kaki Anda dan kembali ke hati dan organ. Selain baik untuk varises Anda, cara ini juga dapat membuat Anda merasa santai. Saya sarankan 3 sampai 5 menit lakukan postur ini atau hentikan jika kaki Anda mulai mendapatkan mati rasa atau kesemutan.

Jika menempatkan kaki Anda ke dinding adalah tantangan mobilitas atau membuat Anda tidak nyaman, cobalah berbaring telentang dan mengangkat kaki Anda di kursi atau dengan bantal.

Baca Juga:


2. Sering bergerak

Satu hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan adalah bergerak secara teratur. Otot-otot Anda, terutama betis Anda, memainkan peran besar dalam mengembalikan darah ke jantung Anda. Jika Anda bekerja di meja, bergerak setiap 15 sampai 30 menit akan dapat bermanfaat untuk menyelamatkan pembuluh darah Anda. Anda bisa juga melakukan jalan kaki selama perjalanan ke kantor atau memenuhi panggilan bisnis dengan seorang rekan kerja. Pokoknya sebisa mungkin Anda melakukan banyak gerakan untuk tubuh Anda terutama di bagian kaki Anda. Namun, disisi lain juga, terlalu lama Anda berdiri, juga dapat menjadi penyebab varises. Jika pekerjaan Anda membutuhkan Anda berdiri lebih lama, cobalah untuk mengistirahatkannya sejenak dengan duduk.

Cara Alami Mencegah dan Meringankan Varises

3. Pijat

Memijat daerah atas dan bawah varises Anda juga dapat membantu karena mensimulasikan kompresi dan pemompaan efek kontraksi otot yang membantu mengembalikan darah ke jantung. Selalu pijat menuju ke jantung (dari ujung kaki sampai lutut dan di atasnya). Hal terbaik yang perlu diperhatikan oleh Anda adalah menghindari pijat langsung dan atau mendalam pada daerah yang terkena varises sebab dapat menyebabkan tegangan yang berelbih pada pembuluh darah yang sudah rusak, ini justru kurang baik. Lakukan dengan teknik pijat membelai dan meremas. Anda akan meningkatkan keuntungan jika Anda dapat mengangkat kaki Anda menempatkan gravitasi di sisi Anda.

4. Legging kompresi

Selama beberapa tahun terakhir kain kompresi telah menjadi sangat populer di kedua bidang medis dan olahraga. Kain ini membantu untuk menekan daerah yang bermasalah dan mendukung katup serta otot dalam menggerakan darah ke arah yang benar. Kain kompresi bisa berupa kaus kaki, penghangat kaki, legging, dan sebagainya. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kain kompresi ini dapat ditemukan di banyak toko ritel maupun bisa dibeli secara online.

Nah, itulah empat cara alami yang mudah dilakukan oleh Anda untuk dapat meringankan masalah varises di tubuh Anda. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. Terimakasih bang atas informasinya, ini sangat bermanfaat bagi yang sedang daftar kepolisian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sob.. :D
      memang utk msk jd polisi hrs gak blh punya varises ya sob?

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...