Lima Cara Membersihkan Tubuh Tanpa Mandi


Sabtu, 10 Oktober 2015
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Lima Cara Membersihkan Tubuh Tanpa Mandi
Musim kemarau yang berkepanjangan membuat air tanah menjadi kekeringan. Salah satu hal yang paling vital yang dibutuhkan oleh kita adalah air. Tanpa air, tentunya akan membuat kegiatan MCK sehari-hari menjadi bermasalah. Salah satunya adalah mandi.

Mandi memang kebutuhan penting sehari-hari untuk menjaga kebersihan. Namun, tahukah Anda terlalu sering mandi juga ternyata tidaklah baik, karena dapat mengeringkan kulit Anda. Kecuali Anda memiliki pekerjaan yang sangat melibatkan fisik atau Anda berolahraga secara teratur, Anda tidak harus mandi setiap waktu, cukup lebih dari dua kali setiap tiga hari. Apakah ini tidak mengganggu kesehatan?

Jika Anda tinggal di daerah yang mengalami kekeringan, ada alasan yang lebih besar untuk melewatkan mandi yang membuat boros air. Tapi apa iya tanpa mandi kita bisa membersihkan tubuh? Tentu saja bisa. Nah, berikut ini adalah tips untuk mendapatkan tubuh bersih dalam sekejap, tanpa membasahi diri Anda dengan air atau bahkan busa dengan sabun yang melimpah. Apa sajakah itu?

Lima Cara Membersihkan Tubuh Tanpa Mandi

1. Gunakan minyak zaitun untuk mencegah pori-pori tersumbat dan menjaga kulit tetap lembap

Mencuci wajah dengan produk pembersih biasa cukup mudah, tetapi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke minyak zaitun (atau jenis lain dari minyak alami pilihan Anda, seperti minyak jarak, minyak bunga matahari, dan sebagainya). Tidak seperti pembersih biasa, minyak ini kaya vitamin dan antioksidan serta dapat membantu melarutkan minyak wajah, yang menyumbat pori-pori Anda. Dengan kata lain, Anda mungkin tidak perlu menggunakan scrub kasar pengelupasan kulit, masker wajah, atau bahkan pelembab sesering mungkin jika Anda mulai menggunakan minyak zaitun untuk mengimbangi minyak alami dari kulit Anda.

Cukup pijat sejumlah kecil minyak ini ke kulit Anda menggunakan gerakan melingkar, dan kemudian tempatkan kain basah di wajah Anda selama sekitar satu menit. Gunakan kain juga untuk menghapus kelebihan minyak. Jika Anda memiliki kulit berminyak, cobalah minyak jarak dengan sejumlah kecil teh atau minyak peppermint untuk memastikan wajah Anda tidak meninggalkan minyak.

Baca Juga:

2. Gunakan baking soda atau bedak bayi organik sebagai sampo kering

Percaya atau tidak, Anda benar-benar dapat membersihkan rambut Anda tanpa perlu dicuci. Sebuah cara yang bagus untuk mengatasi lemak yang muncul di sepanjang akar rambut Anda adalah dengan memercikkan sejumlah kecil baking soda atau bedak bayi organik di sepanjang daerah berminyak.

Ini mungkin membutuhkan beberapa latihan, dan trik ini untuk memastikan Anda tidak meninggalkan bintik-bintik putih di rambut Anda. Cukup membalik kepala dan rambut di atas wastafel atau bak mandi dan mulai dengan mengambil jumlah yang sangat kecil dari soda atau bubuk di tangan Anda untuk ditaburi ringan ke sepanjang akar rambut, berhati-hati agar tidak terdapat banyak pada kulit kepala Anda. Lakukan ini sepanjang akar rambut, gunakan sikat atau sisir untuk membersihkan soda atau bubuk dari rambut Anda.

3. Gunakan kain basah hangat atau tisu bayi organik untuk membersihkan selangkangan dan daerah bokong

Ketika Anda melakukan mandi, selangkangan dan bokong mutlak harus dibersihkan. Tapi ketika Anda melewatkan mandi, kain lembut dengan air hangat mungkin yang Anda butuhkan untuk membersihkan bagian tersebut. Bagi wanita khususnya, sabun tidak pernah dianjurkan, bahkan ketika mandi. Daerah ini sangat sensitif dan bahkan dirancang untuk menjadi self-cleansing, sehingga sabun dapat membuang keseimbangan bakteri.

Pria juga dapat menggunakan kain lembut dengan air hangat untuk membersihkan alat kelamin mereka, atau mereka dapat memilih tisu bayi organik untuk menghapus atau bahkan krim kesehatan khusus untuk daerah itu. Sebab, area tersebut lebih rentan untuk mengembangkan bau. Tisu juga akan berguna bagi pria dan wanita untuk membersihkan daerah bokong ketika tidak ada waktu untuk mandi.

4. Gunakan cuka sari apel alami untuk menghilangkan bau ketiak Anda

Selain rambut berminyak dan wajah berminyak, bau ketiak seringkali menjadi alasan besar mengapa kita mandi begitu sering. Percaya atau tidak, cuka sari apel dapat digunakan sebagai deodoran biasa karena kemampuannya dapat menyeimbangkan kadar pH kulit anti bakteri.

Anda dapat mengusap ketiak Anda dengan kain basah hangat dan sabun alami pertama, atau bisa langsung menggunakan cuka sari apel. Celupkan bola kapas dalam cuka dan kemudian usap ke seluruh wilayah ketiak Anda.

5. Perubahan dalam berpakaian bersih dan pakaian yang terbuat dari kain bernapas

Jika Anda melakukan semua hal di atas juga merubah pakaian Anda dengan yang lebih segar, maka dijamin tidak akan ada yang tahu Anda telah melewatkan mandi. Pastikan untuk memilih pakaian (terutama pakaian) yang terbuat dari kain bernapas seperti kapas untuk menghindari bau berkembang dari keringat dan bakteri.

Tentu saja, kelima cara diatas bukan untuk selamanya Anda gunakan. Anda juga harus mandi pada akhirnya, tapi tips ini setidaknya bisa dipakai untuk satu atau dua hari, tergantung pada seberapa aktif Anda dan seberapa baik kulit Anda merespon kegiatan sehari-hari Anda. Hal ini bisa menghemat pengeluaran tagihan air Anda untuk sementara, apalagi bagi Anda yang sedang dilanda kekeringan. Ingat juga bahwa mandi terlalu sering justru tidaklah baik untuk kulit.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


12 komentar:

  1. Wah termasuk tips bersih2 tanpa air cocok untuk daerah yg dilanda kekeringan sperti gunung kidul ya mas..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bkn hanya gunung kidul saja mas yg lg kekeringan, di daerah saya aja kekeringan kok.. hehe.. td pagi saya gak mandi... hihihi... ketauan :D

      Hapus
  2. koq saya nggak bisa bayangin 3 hari cuman 2 kali mandi yamas :D
    tp kayaknya cara diatas cocok buat alternatif disaat kekurangan air bersih untuk mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, emang itu kan sob maksudnya... :D
      khusus yg lg kekeringan...

      Hapus
  3. ga kebayang mas, saya mending maksain mandi aja deh kecuali lagi sakit parah baru pake cara ini, kalo masih sakit biasa sih maksain pake air hangat.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buat yg lg gak ada air aja mas Hendri...
      berhubung skrg kemaraunya kan panjang... BTW, udh turun hujan blm di tempat mas Hendri?

      Hapus
    2. betul mas seperti daerah saya nih beluum turun hujan

      Hapus
    3. Iya Mangs Aduls, di daerah saya jg blm.. tp di Bogor katanya udh loh... mentang2 kota ujan ya mang, hehe... :D

      Hapus
  4. waw tips yang hebat sekali dikala krisi air nih. bisa di coba nih. hehehehe
    maklum lagi kekeringan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp isi kantong gak kering kan Mang? hehe.. :D

      Hapus
  5. betul jg ya sob, lg kekeringan gini, perlu jg tips seperti ini, menghemat air. Tp gak selamanya kan?

    BalasHapus
  6. Asslkm.beli air galon 5000,cukup untuk mandi,gitu aja ko repot sih.trmksh.

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...