Terlalu Banyak Makan Daging Merah Terkait Gagal Ginjal


Sabtu, 13 Agustus 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Terlalu Banyak Makan Daging Merah Terkait Gagal Ginjal

Makan dalam jumlah tinggi daging merah telah ditemukan dapat meningkatkan gagal ginjal. Dalam sebuah penelitian, mereka yang makan jumlah tertinggi daging merah memiliki risiko hingga 40 persen lebih tinggi terkena ESRD (penyakit ginjal stadium akhir), atau seperti yang biasa kita sebut sebagai gagal ginjal.

ESRD adalah tahap akhir dari penyakit ginjal kronis, bila ginjal berhenti bekerja dengan baik pada seseorang maka untuk bertahan hidup sangat tipis tanpa dialisis atau transplantasi ginjal.

Baca Juga:

Penelitian dari Singapore Chinese Health Study yang diikuti oleh sejumlah 63.257 orang dewasa Cina, berusia 45-74 tahun untuk rata-rata 15,5 tahun. Selama studi, 951 kasus ESRD menunjukkan hubungan yang kuat dengan mereka yang makan jumlah tinggi daging merah. Sedangkan untuk mereka yang mengkonsumsi produk ikan, unggas, telur, atau susu asosiasi tidak ditemukan keterkaitan. Bahkan kacang-kacangan dan kedelai ditemukan sedikit agak melindungi.

Makan Terlalu Banyak Daging Merah Terkait Gagal Ginjal
sumber gambar

Peneliti Woon-PuayKoh meneliti data dari Singapore Chinese Health Study, menghubungkan data dengan Singapore Renal Registry yang memegang catatan semua pasien ESRD Singapora. Tujuan mereka adalah untuk menemukan peran sumber protein yang berbeda pada hasil ESRD.

"Kami memulai penelitian kami untuk melihat apa saran yang harus diberikan kepada pasien CKD atau masyarakat umum yang khawatir tentang kesehatan ginjal mereka, mengenai jenis atau sumber asupan protein mereka. Temuan kami menunjukkan bahwa orang-orang ini masih bisa menjaga asupan protein tetapi mempertimbangkan beralih sumber berbasis tanaman; Namun, jika mereka masih memilih untuk makan daging, maka ikan/kerang dan unggas adalah alternatif yang lebih baik daripada memilih daging merah." kata Dr.Koh.

Para peneliti menemukan bahwa risiko gagal ginjal dapat berkurang bila daging merah diganti dengan protein lain seperti ikan dan unggas. Studi ini menemukan bahwa bahkan satu porsi daging merah diganti dengan protein lain menunjukkan penurunan 62 persen dalam mengembangkan ESRD.

"Yang terbaik adalah makan daging merah dalam jumlah sedang. Misalnya, alih-alih makan daging merah untuk setiap makan atau harian, disarankan untuk menggantinya dengan daging lain seperti unggas dan ikan, atau protein nabati seperti kedelai dan kacang-kacangan untuk makanan alternatif atau harian," sambung Dr Koh.

Peran Penting Ginjal

Ginjal memainkan peran penting dalam tubuh kita, itulah mengapa jumlah ginjal ada dua. Kita tidak akan bertahan jika kedua ginjal kita tidak berfungsi (gagal ginjal). Berikut ini adalah beberapa peran penting ginjal bagi kita:
  • Ginjal juga membantu membuat sel-sel darah merah dan menjaga kadar kalsium tubuh.
  • Ginjal membuang limbah dari tubuh kita (obat, urea, amonia dan zat beracun lainnya). Membangun limbah bisa sangat merusak tubuh kita.
  • Ginjal membantu mengontrol tekanan darah.
  • Ginjal membuang kelebihan air dari tubuh.
Apa yang terjadi bagi mereka yang berisiko ESRD adalah bahwa ginjal perlahan-lahan berhenti bekerja lebih dari 10 sampai 20 tahun.

Haruskah kita khawatir tentang gagal ginjal? Silahkan Anda lihat fakta-fakta dibawah ini:
  • Diabetes (tipe 2) dan tekanan darah tinggi adalah dua penyebab utama dari penyakit ginjal. Penuaan dan hipertensi adalah yang berikutnya dalam daftar.
  • Lebih dari 2 juta orang di dunia menerima pengobatan dengan dialisis atau transplantasi ginjal tahunan.
  • Menurut WHO, penyakit ginjal kronis akan meningkat, tumbuh sekitar 8 persen setiap tahun.
  • 26 juta orang dewasa di Amerika memiliki penyakit ginjal dan mereka tidak mengetahui itu.
  • 10 persen orang di dunia menderita penyakit ginjal kronis; jutaan orang meninggal setiap tahunnya.
Nah, melihat dari fakta-fakta di atas maka sudah semestinya kita harus menjaga ginjal kita dengan baik. Sebuah gaya hidup sehat dengan diet sehat dan bekerja dengan dokter Anda akan membantu menjaga ginjal Anda tetap sehat.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. jadi pada intinya kita jangan terlalu berlebihan makan daging merah ya mas karena sangat beresiko gagal ginjal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, sebagai penggantinya lbh baik konsumsi ikan, kerang, ataupun daging unggas aja.

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...