Terungkap, Kunci Rahasia Umur Panjang Adalah Serat


Selasa, 21 Juni 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Terungkap, Kunci Rahasia Umur Panjang Adalah Serat

Seolah-olah kita membutuhkan alasan lain yang baik untuk makan lebih banyak makanan nabati, sebuah studi baru menunjukkan bahwa kita berpotensi dapat menambahkan bertahun-tahun hidup sehat dengan mendapatkan lebih banyak serat dalam makanan kita.

Untuk penelitian ini, peneliti mengkaji data lebih dari 1.600 orang dewasa usia 50 tahun dan lebih untuk melihat apakah ada hubungan antara karbohidrat dan penuaan yang sehat. Dengan "penuaan yang sehat," ini berarti penuaan tanpa mengembangkan cacat, gangguan kognitif, depresi, masalah pernapasan atau kondisi kesehatan kronis seperti kanker, penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:

Ketika memeriksa gizi karbohidrat, peneliti melihat asupan total karbohidrat, serat total, indeks glikemik, beban glikemik dan gula. Hebatnya, serat, yang merupakan sesuatu yang tubuh tidak bisa mencerna, adalah variabel gizi terkuat yang tampaknya mempengaruhi penuaan yang sehat. Bahkan, pengaruh tampaknya begitu kuat sehingga ketika peserta dewasa menerima tindak lanjut sekitar satu dekade kemudian, orang-orang yang memiliki asupan serat tertinggi yang ditemukan menjadi 80 persen lebih mungkin untuk berada dalam kesehatan yang baik saat mereka mulai berumur lanjut.

Terungkap, Kunci Rahasia Umur Panjang Adalah Serat
sumber gambar

Sama seperti yang Anda harapkan, asupan gula memiliki pengaruh negatif terbesar pada penuaan sehat. Meskipun hasil penelitian mungkin tampak seperti berita baik bagi siapa pun dengan pola makan nabati, ini adalah studi pertama yang melihat hubungan antara gizi karbohidrat dan penuaan yang sehat, sehingga tidak menawarkan cukup gambaran lengkap tentang bagaimana kita mungkin bisa menyesuaikan diet untuk memperoleh peluang terbaik hidup lebih lama dan sehat.

Terlepas dari ilmu apa yang telah ditemukan dan belum ditemukan, tidak ada pertanyaan bahwa serat memang baik bagi kita. Sebuah studi terkait sebelumnya yang dilakukan oleh para peneliti Harvard menemukan bahwa orang yang memilih untuk makan sarapan sereal berserat tinggi telah mengurangi risiko kematian sebesar 19 persen dibandingkan dengan orang yang memilih sarapan dengan kurang serat.

Menurut sebuah pendapat, rata-rata orang dewasa hanya mendapat sekitar 15 gram serat per hari, hampir kurang dari setengah dari apa yang wanita harus dapatkan dan jauh kurang dari setengah dari apa yang setiap orang harus dapatkan. Sedangkan porsi yang direkomendasikan untuk wanita harus mendapatkan 25 gram serat sehari, dan untuk pria harus mendapatkan 38 gram per hari.

Selain potensi manfaat yang terkait dengan umur panjang, serat paling dikenal untuk menjaga sistem pencernaan berjalan lancar. Serat juga membantu kita tetap kenyang lebih lama dengan mengatur gula darah dan mencegah lonjakan yang membawa kita menuju hal-hal tidak diinginkan kemudian hari.

Mendapatkan asupan serat harian yang direkomendasikan relatif mudah untuk mencapainya ketika Anda mendapatkan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, bagian dari setiap makanan dan snack.

Berikut beberapa pangan tinggi serat yang disarankan meliputi:
  • Oatmeal (4 gram per cangkir, dimasak)
  • Quinoa (5 gram per cangkir, dimasak)
  • Brokoli (5 gram per cangkir, direbus)
  • Raspberry (8 gram per cangkir)
  • Blackberry (8 gram per cangkir)
  • Brussels sprouts (8 gram per cangkir)
  • Okra (8 gram per cangkir)
  • Alpukat (11 gram per cangkir, diiris)
  • Ara (15 gram per cangkir, dikeringkan)
  • Kacang hitam (15 gram per cangkir, dimasak)
  • Lentil (16 gram per cangkir, dimasak)
Cobalah untuk mendapatkan yang segar, baku dan belum diproses. Beberapa tahun atau dekade dari sekarang, akan mulai Anda rasakan manfaatnya.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...