5 Alasan Anda Harus Menghindari Diet Makanan Mentah


Kamis, 07 Maret 2019
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - 5 Alasan Anda Harus Menghindari Diet Makanan Mentah

Diet makanan mentah mungkin terdengar menarik, terutama jika Anda tidak punya waktu untuk memasak makanan lezat yang sehat. Anda mungkin juga menemukan studi seperti ini, yang menyimpulkan bahwa makan buah-buahan mentah, sayuran dan kacang-kacangan dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Banyak orang juga mendapat kesan bahwa semua makanan mentah mengandung lebih banyak nutrisi. Sementara itu mungkin benar untuk beberapa makanan, memasak sebenarnya meningkatkan ketersediaan hayati nutrisi dalam beberapa makanan. Misalnya, sayuran ini lebih sehat saat dimasak.

Baca Juga:

Kadang-kadang makan mentah tidak apa-apa, tetapi diet dengan lebih dari 70 persen makanan mentah bisa lebih berbahaya. Nah, berikut adalah alasan Anda harus menghindari diet makanan mentah.

5 Alasan Anda Harus Menghindari Diet Makanan Mentah
sumber gambar

1. Kekurangan Nutrisi

Ini mungkin terdengar ironis, mengingat banyak orang beranggapan bahwa makanan mentah menawarkan lebih banyak nutrisi. Namun, diet Anda mungkin kekurangan nutrisi penting, seperti vitamin B12.

Penelitian ini menemukan bahwa tidak ada peserta yang menjalani diet vegan mentah mendapat cukup vitamin B12 dalam makanan mereka. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia, penyakit jantung, kesehatan tulang yang buruk, dan infertilitas.

2. Menstruasi Tidak Teratur

Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi diet makanan mentah dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. Satu studi menemukan bahwa 70 persen wanita yang melakukan diet vegan mentah mengalami periode tidak teratur. Lebih buruk lagi, sepertiga dari mereka mengalami amenore total, yang berarti mereka berhenti menstruasi sepenuhnya.

Para peneliti menduga bahwa rendahnya kalori dalam makanan mentah dapat menjadi faktor penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur.



3. Tulang Lemah

Sebagian besar diet makanan mentah cenderung rendah kalsium dan vitamin D, yang membantu memperkuat tulang. Itulah sebabnya penelitian ini menemukan bahwa orang yang melakukan diet vegetarian mentah memiliki kandungan mineral dan kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan partisipan yang mengikuti diet yang dimasak.

4. Keamanan Pangan

Memasak makanan membuatnya lebih aman, terutama daging. Daging dan unggas mentah mengandung bakteri seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria, yang dapat menyebabkan muntah, diare, atau bahkan kematian.

Terkadang efek dari makan makanan mentah hampir seketika. Seorang pria di Korea Selatan menderita demam dan rasa sakit yang luar biasa di tangan kirinya hanya beberapa jam setelah makan makanan laut mentah. Dokter harus mengamputasi lengannya beberapa hari kemudian.

5. Masalah Pencernaan

Makanan mentah cenderung lebih sulit dicerna. Orang dengan perut sensitif mungkin mengalami kesulitan pencernaan, kembung dan gas, alergi makanan, dan buang air besar saat sedang diet makanan mentah.

-----------
Nah, itulah beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk memasak makanan Anda. Memang beberapa sayuran akan lebih nikmat jika dimakan mentah, namun ada juga yang alangkah baiknya harus dimasak terlebih dahulu.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...