Ternyata, Rutin Minum Kopi Panggang Gelap Bikin Awet Muda


Sabtu, 16 Februari 2019
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Ternyata, Rutin Minum Kopi Panggang Gelap Bikin Awet Muda

Internet sarat dengan informasi kesehatan yang kontradiktif tentang salah satu minuman paling populer di dunia yaitu kopi. Ada yang menulis bahwa kopi itu bagus untuk kita, namun ada juga yang menulis sebaliknya jika kopi itu buruk. Lalu mana yang benar? Tak ada yang tahu dengan pasti. Akan tetapi, dengan sedikit mempelajari studi-studi yang dilakukan oleh para peneliti, maka setidaknya kita tahu apakah kita harus terus meminum kopi atau berhenti sekarang juga.

Baca Juga:

Jika Anda seorang peminum kopi yang keras kepala, Anda mungkin tidak peduli, biarkan saja hal-hal baik atau buruk itu terus mengalir! Namun, alangkah baiknya juga Anda harus tahu bahwa kebiasaan pagi favorit Anda ini mungkin saja datang dengan beberapa manfaat anti-penuaan. Dan studi kopi lain telah memberi kita hal itu.

Ternyata, Rutin Minum Kopi Panggang Gelap Bikin Awet Muda
Ngopi yuuukk... sumber gambar

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa minum kopi panggang gelap dapat membantu mencegah DNA Anda pecah, ini tentu informasi yang benar-benar keren. Untaian DNA pecah cukup teratur, berkat kerusakan oksidatif dari lingkungan kita, sinar UV dan proses sel normal. Tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh kita menjadi semakin tidak efisien dalam memperbaiki kerusakan DNA, yang merupakan salah satu penjelasan mengapa kita mengalami gejala penuaan.

Sepertinya kopi panggang gelap mungkin bisa memperlambat proses itu. Itu benar, kopi tidak hanya membuat Anda lebih produktif, tetapi juga bisa memperlambat penuaan! Catat itu!

Tindakan Anti-Penuaan Kopi

Dalam studi tersebut di atas, para peneliti merampas sekelompok subjek uji kopi dan memberi mereka air sebagai gantinya selama sebulan penuh (bayangkan bagaimana perjuangan mereka). Kemudian, mereka meminta beberapa peserta untuk meminum sekitar 16 ons kopi panggang gelap segar setiap hari, sementara kelompok yang dikontrol terus menenggak air.

Menarik, mereka yang minum kopi mengalami lebih sedikit untai DNA rusak selama sebulan daripada mereka yang mengonsumsi air saja. Hal ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa kopi panggang gelap memiliki "efek perlindungan yang menguntungkan pada integritas DNA manusia".

Dan itu mungkin berarti ia memiliki sifat anti-penuaan yang kuat. Catat lagi!



Ini bukan studi pertama yang membuktikan bahwa kopi baik untuk DNA Anda. Ada studi ini pada tahun 2015, juga yang ini dari tahun 2011, dan yang ini pada tahun 2016.

Ada tren yang menarik untuk studi ini: mereka semua menggunakan kopi panggang gelap. Mengapa? Itu sebenarnya agak tidak jelas. Menurut penelitian baru-baru ini, kopi panggang ringan mengandung lebih banyak manfaat antioksidan daripada kopi gelap, dan keduanya mengandung jumlah kafein yang sebanding. Tetapi banyak orang menyukai kopi panggang gelap karena rasanya, sehingga menjadi lebih popular.

Jika Anda seorang pencinta kopi panggang ringan, jangan merasa Anda perlu beralih ke sisi yang gelap. Hal-hal ringan datang dengan fasilitas yang sama, jika tidak lebih besar.

Nah, itulah sekilas tentang studi yang dilakukan pada kopi panggang gelap, yang ternyata memiliki sifat anti-penuaan jika diminum sesuai takaran tentunya. Alias tidak berlebihan.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


8 komentar:

  1. Suka kopi sih... paling gak tahan cium aromanya saat diseduh air panas. Cmn lambung gak bisa diajak kompromi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sebenarnya punya masalah di lambung, tp Alhamdulillah ngopi bisa jln trs, asalkan kita tau saja kpn waktu yg tepat utk ngopi, itu saja kok triknya :D

      Hapus
  2. Kopi Panggang Gelap itu apa ya Kak?

    Aku suka kopi hitam tanpa gula. Apa bedanya sama kopi hitam atau kopi murni ya? Bingung. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi panggang gelap itu adalah biji kopi yang dipanggang hingga warnanya sangat gelap, kopi jenis ini biasanya dikenal sebagai kopi panggang Spanyol atau Perancis. Kopi panggang ini memiliki tekstur yang lemah, aroma ringan, dan rasa manis yang rendah.

      Sedangkan kopi hitam adalah hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang telah disangrai.

      Nah mungkin bedanya disitu, kalo kopi hitam itu disangrai, bukan dipanggang. Ups, sangrai ama panggang beda gak sih? hehe... kok saya jg jd ikut bingung, hihihi....

      Hapus
  3. waduh, saya jarang minum kopi nih, jadi cepet tua dong! Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... makanya ngopi donk ngopi... jgn diem diem bae :D

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...