Cara Menghentikan Penderitaan ‘Otak Kemo’ Pasca Kemoterapi


Selasa, 12 Februari 2019
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Cara Menghentikan Penderitaan ‘Otak Kemo’ Pasca Kemoterapi

Bahkan bertahun-tahun setelah kemoterapi berakhir, banyak orang melaporkan menderita masalah ingatan, gangguan kognitif dan efek lain yang sering disebut sebagai ‘chemo brain’ atau "otak kemo." Sudah diketahui bahwa kemoterapi dapat menyebabkan efek otak bagi mereka yang telah menjalani perawatan dengan bahan kimia yang digunakan dalam pengobatan kanker ini.

Ilmuwan di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford di California menerbitkan penelitian di jurnal medis Cell dan menemukan bahwa obat kemoterapi yang biasa digunakan yang dikenal sebagai metotreksat dapat memengaruhi sel-sel di otak putih.

Baca Juga:

Walaupun mungkin sulit untuk sepenuhnya membatalkan semua efek kemoterapi yang merusak tersebut, namun sangat mungkin untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan otak Anda dan meningkatkan daya ingatnya menggunakan makanan, herbal serta intervensi gaya hidup, yang meliputi diantaranya:

Cara Menghentikan Penderitaan Otak Kemo Pasca Kemoterapi
sumber gambar

Camilan Kenari

Kacang kenari menawarkan banyak manfaat kesehatan otak. Mereka dikemas dengan asam lemak Omega 3 yang membantu melindungi bagian berlemak dari otak dan juga memadamkan peradangan otak. Selain itu, penelitian di The Journal of Nutrition menemukan bahwa walnut mengandung antioksidan tinggi yang menghancurkan radikal bebas yang merusak otak. Omega 3 juga mengurangi peradangan otak, meningkatkan sinyal di antara sel-sel otak, dan meningkatkan generasi sel otak dan saraf. Pilihlah kenari mentah dan tawar yang ditemukan di bagian kulkas di toko makanan kesehatan.

Makan Lebih Banyak Blueberry

Buah-buahan mini yang lezat ini adalah pembangkit tenaga penyembuh otak yang berfungsi melindungi bagian otak yang berair dan berlemak. Mereka mengandung sekelompok nutrisi tanaman yang disebut flavonoid yang melindungi otak terhadap kerusakan akibat radikal bebas, menjadikannya ideal untuk membantu memulihkan kesehatan otak setelah kemoterapi.

Kurangilah Garam

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi natrium yang berlebihan dapat merusak otak dan memori Anda. Sebuah studi yang diterbitkan di Nature Neuroscience menemukan konsumsi garam yang berlebihan dapat mempengaruhi aliran darah yang sehat ke otak dan menyebabkan peningkatan risiko gangguan kognitif, demensia, serta penyakit serebrovaskular, termasuk stroke. Bumbui makanan Anda dengan herbal, jus lemon, dan bumbu bebas natrium lainnya.

Berjalan Lebih dari 4000 Langkah Setiap Hari

Menurut para peneliti di University of California, orang-orang yang berjalan lebih dari 4000 langkah setiap hari memiliki hippocampi lebih tebal daripada mereka yang berjalan kurang, serta perhatian yang lebih baik, pemrosesan informasi yang lebih cepat, dan memori kerja yang lebih baik untuk membantu membuat keputusan spontan. Penelitian mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease, menampilkan efek peningkatan daya ingat dan otak dari aktivitas menapaki trotoar, melakukan pendakian panjang atau melakukan treadmill setiap hari.



Perbanyak Makan Kacang

Makan lebih banyak serat sebenarnya dapat memperlambat laju usia otak, mengurangi risiko penyakit otak, dan karenanya membantu melindungi memori Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis Frontiers in Immunology menemukan bahwa makan lebih banyak serat dapat mengurangi peradangan otak. Peradangan di otak telah dikaitkan dengan gangguan memori, penuaan dan penyakit otak. Kacang adalah sumber serat yang sangat baik. Mereka bervariasi dalam jumlah yang tepat tetapi 1 cangkir buncis dimasak memiliki sekitar 12 gram, kacang hitam memiliki 15 gram, kacang merah dan lentil memiliki 16 gram, kacang adzuki memiliki 17 gram, dan kacang navy keluar di atas dengan 19 gram serat per cangkir kacang matang. Usahakan untuk 35 gram serat setiap hari. Anda mungkin perlu menambah jumlah itu untuk menghindari ketidaknyamanan perut atau gas.

Suplemen dengan Kurkumin

Senyawa berwarna kuning yang ditemukan dalam kunyit bahan kari, dikenal sebagai Kurkumin, menawarkan lebih dari rasa lezat. Ini adalah penyembuh otak dan penambah daya ingat yang mapan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology, para peneliti menemukan bahwa hanya dalam satu jam setelah mengambil suplemen curcumin, peserta studi menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan pada memori dan tugas-tugas perhatian dibandingkan dengan kelompok plasebo. Idealnya pilih ekstrak curcumin yang terstandarisasi. Direkomendasikan 400 mg curcumin tiga kali sehari untuk orang yang menderita gangguan otak. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen apa pun jika Anda menderita kondisi kesehatan apa pun atau menjalani kemoterapi.

Nah, itulah beberapa makanan, herbal, ataupun suplemen yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meringankan penderitaan setelah kemoterapi.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...