Tips Menyajikan Kentang Yang Sehat


Sabtu, 09 April 2016
Label: , , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Tips Menyajikan Kentang Yang Sehat

Kentang terkadang seringkali diabaikan oleh banyak orang, apalagi setelah diberitakan bahwa kentang goreng dan keripik kentang itu bukanlah makanan yang menyehatkan. Selain berminyak, nutrisi dalam kentang banyak yang hilang dan seringkali dikaitkan dengan jenis penyakit tertentu. Memang, sebagian besar pengolahan makanan yang berbahan dasar kentang paling banyak diminati adalah kentang goreng dan keripik. Namun, tahukah Anda, ada cara penyajian lainnya yang justru jauh lebih menyehatkan.

Baca Juga:

Pada dasarnya, masalah yang ditimbulkan bukan berasal dari kentang itu sendiri, melainkan bahan-bahan lainnya yang dicampurkan saat mengolah kentang menjadi makanan. Kentang tumbuk yang dibalut dengan mentega dan krim misalnya memang terasa nikmat, tapi apakah Anda yakin itu betul-betul sudah sehat? Jika dibandingkan dengan kentang goreng memang itu jauh lebih baik. Dan akan lebih menyehatkan lagi jika saja kentang tersebut dinikmati hanya dipanggang bersama kulitnya saja.

Tips Menyajikan Kentang Yang Sehat
sumber gambar

Sekedar menambah pengetahuan, satu kentang panggang besar dengan kulit itu memiliki kandungan nutrisi yang masih terbilang sangat sehat, diantaranya:

  • 46 persen vitamin B6 harian Anda
  • 46 persen kalium harian Anda
  • 4 persen kalsium harian Anda
  • 18 persen dari besi harian Anda
  • 48 persen dari vitamin C kebutuhan harian Anda
  • 7 gram protein
  • 7 gram serat
  • tidak ada lemak atau kolesterol

Tidak terlalu buruk, kan? Tentu saja dengan cara pengolahan yang benar, kita tidak akan merusak nilai kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, perlu diketahui, kentang juga mengandung senyawa yang disebut kukoamines yang dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin B6 yang tinggi berarti dapat berkontribusi untuk otak dan kesehatan jantung. Tentu saja, jika Anda mengolah kentang dengan keju, krim asam dan daging, Anda mungkin akan melepas manfaat jantung sehat yang didapat dari kentang.

Ada beberapa cara penyajian kentang yang sehat, berikut ini beberapa tips menyajikan kentang yang sehat. Silahkan Anda coba sendiri di rumah.

Cara Memasak Kentang Sehat

Kentang adalah salah satu makanan yang tidak boleh dimakan mentah. Untungnya, ada banyak cara yang sehat dalam memasak kentang.

1. Kentang tumbuk: Daripada menumbuk dengan mentega dan krim, lebih baik menggunakan minyak zaitun, sedikit garam dan susu non-dairy milk favorit Anda. Kentang lebih sehat dengan kulitnya, jadi pilihlah kentang yang tidak berkulit tebal seperti kentang merah atau putih. Dan Anda tidak perlu mengupasnya.

2. Kentang panggang: Memanggang kentang adalah cara penyajian yang sempurna. Tapi ingat, jangan mencampurkannya dengan daging dan krim asam, meskipun masih dibilang sehat, tapi alangkah baiknya cobalah dengan brokoli kukus, iris-iris kecil taruh pada kentang panggang Anda. Anda juga dapat menggunakan salsa, krim mete atau saus yang sehat, seperti miso saus, ke atas kentang panggang Anda. Menyajikannya dengan sayuran hijau lain dan bawang, maka lengkaplah sudah kentang panggang sehat Anda.

3. Kentang kukus: Anda dapat menguap kentang di atas kompor, atau bisa juga dalam pressure cooker. Potong kentang pilihan Anda menjadi 2 buah, tusuk kentang Anda seperti sate masukkan ke dalam kukusan dengan 1 cangkir air di bawahnya dalam pressure cooker Anda, masaklah pada tekanan tinggi selama 4 menit.

4. Kentang bakar: Buatlah irisan kentang seperti dadu, lalu aduk dengan minyak zaitun, rosemary dan sedikit garam, kemudian panggang dalam oven pada suhu 425 derajat Fahrenheit selama sekitar 40 menit, aduk setiap 15 menit hingga kentang Anda tampak kecoklatan di bagian luar dan mudah ditusuk dengan garpu.

5. Kentang goreng: Kentang goreng oven adalah jawaban kentang goreng yang sehat bukan digoreng dengan minyak.

Cobalah berpikir cerdas dalam mengolah kentang untuk menjadi makanan Anda, agar Anda dapat memperoleh manfaat kesehatan dan nutrisi kentang yang menyehatkan tubuh Anda.

Selamat mencoba !

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

Recomended For You:

loading...
loading...