Sauna Inframerah Sangat Efektif Untuk Detoksifikasi Tubuh


Minggu, 10 Februari 2019
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Sauna Inframerah Sangat Efektif Untuk Detoksifikasi Tubuh

Peningkatan suhu tubuh seseorang telah digunakan selama ribuan tahun oleh budaya di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati penyakit. Saat ini, ada banyak alat yang digunakan untuk menaikkan suhu tubuh secara artifisial, dimulai dari lampu panas hingga membungkus, selimut hingga pengering rambut. Satu denominator umum di antara yang terbaik dari pendekatan ini adalah penggunaan radiasi inframerah-jauh (FIR / far-infrared radiation) untuk membuat dan mengirimkan panas ke tubuh. Dan, salah satu penggunaan terbaik teknologi FIR untuk promosi kesehatan adalah sauna.

Baca Juga:

Jelas, kata "radiasi" memiliki konotasi negatif dalam masyarakat modern. Kita berusaha keras untuk menghindari apa pun yang memancarkan radiasi atau "radioaktif." Namun, ada berbagai macam bentuk radiasi. Ledakan bom nuklir menyebarkan radiasi atom yang bisa mematikan. Radiasi ultraviolet dapat merusak kulit dengan menyebabkan luka bakar. Contoh paling umum dari hal ini adalah sinar berbahaya dari matahari yang menembus lapisan ozon dan menyebabkan kulit terbakar.

Sauna Inframerah Sangat Efektif Untuk Detoksifikasi Tubuh
sumber gambar

Sebaliknya, radiasi inframerah adalah apa yang sering kita gambarkan sebagai "kehangatan penyembuhan matahari." Itu adalah panas yang berseri, yang merupakan bentuk energi yang memanaskan benda secara langsung, tanpa harus memanaskan udara di antaranya. Contoh klasik dari hal ini adalah berada di luar pada hari yang cerah ketika awan tiba-tiba mengaburkan matahari. Dalam waktu singkat itu, suhu udara tidak berubah tetapi ada hawa dingin yang terlihat sampai awan berlalu dan matahari terlihat lagi. Ini adalah prinsip di balik panas radiasi, atau radiasi inframerah.

Radiasi inframerah diukur sebagai cahaya di sepanjang spektrum elektromagnetik. Itu jatuh tepat di bawah ("infra") segmen lampu merah. Itu tidak terlihat oleh mata manusia. Cahaya inframerah menembus melampaui tingkat kulit dan diserap oleh sel. Sebaliknya, cahaya tampak hanya memantul pada kulit. Cahaya inframerah-dekat diserap pada tingkat kulit dan akan menyebabkan suhu kulit permukaan sedikit meningkat. Sinar inframerah-jauh menembus sekitar empat sentimeter, bekerja dengan penuh semangat di tingkat sel untuk meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah, serta meningkatkan suhu inti tubuh - yang semuanya dapat meningkatkan penyembuhan cedera dan detoksifikasi tubuh. Beberapa sauna FIR mengadopsi proses ini melalui pemanas inframerah keramik untuk membawa manfaat kesehatan tambahan dan pengalaman sauna tradisional.



Salah satu keuntungan paling jelas dari sauna FIR adalah rasio keringat-terhadap-suhu. Energi yang dipancarkan oleh sauna FIR akan menghasilkan "volume keringat" dua hingga tiga kali lebih besar daripada sauna uap konvensional dan melakukannya pada suhu yang jauh lebih rendah. Sauna FIR beroperasi dalam kisaran 110 hingga 130 derajat Fahrenheit sementara sauna uap konvensional biasanya akan mencapai suhu di kisaran 180 hingga 235 derajat Fahrenheit. Banyak orang menemukan suhu yang terakhir ini, serta tingkat kelembaban, tidak nyaman, bahkan mungkin tak tertahankan.

Suhu yang lebih tinggi dapat menimbulkan risiko kardiovaskular dengan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Kekhawatiran ini dapat dikurangi dengan sauna FIR. Karena banyak racun dikeluarkan dari tubuh melalui keringat, meningkatkan keringat memiliki manfaat detoksifikasi. Namun, kehilangan cairan harus diganti dengan air murni (setidaknya dua cangkir per sesi sauna, di samping setidaknya delapan hingga sepuluh cangkir sepanjang hari) dan mineral untuk mencegah dehidrasi.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menentukan apakah penggunaan sauna inframerah jauh meningkatkan pelepasan racun dari tubuh? Akan tetapi pengguna justru melaporkan banyak manfaat.

Sauna Inframerah Sangat Efektif Untuk Detoksifikasi Tubuh
sumber gambar

Berikut manfaat sauna inframerah jauh yang sudah banyak dilaporkan, diantaranya:
  • Membantu peradangan
  • Meningkatkan aliran darah
  • Sebagai pereda nyeri
  • Meringankan kejang otot
  • Detoksifikasi
  • Penurunan berat badan
  • Mengurangi kekakuan sendi

Sauna FIR sering berbentuk "kabin" kecil yang terbuat dari kayu ek, cedar atau jenis kayu lainnya. Mereka bervariasi dalam ukuran, dengan kapasitas mulai dari satu orang hingga enam orang. Tidak ada alat penghasil uap (seperti batu panas dan air). Sauna FIR mengandalkan panas kering yang dihasilkan dari pemanas keramik yang terletak dengan aman di belakang pemanggang berventilasi di seluruh unit.

Sauna ini membutuhkan sumber daya listrik yang andal untuk beroperasi tetapi menggunakan listrik yang secara signifikan lebih sedikit daripada sauna konvensional. Sadarilah bahwa sejumlah listrik diperlukan untuk mengoperasikan sauna FIR, dan oleh karena itu biaya untuk mengoperasikannya pun, dapat sangat bervariasi. Selain itu, hindari kayu yang telah diolah dengan bahan kimia.

Nah, itulah manfaat sauna inframerah-jauh bagi proses detoksifikasi.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...