Mannose, Gula Alami Yang Membantu Menurunkan Berat Badan


Sabtu, 13 Oktober 2018
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Mannose, Gula Alami Yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika kita memikirkan dampak kesehatan dari diet bergula, kita paling mungkin untuk mempertimbangkan masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan tentu saja penambahan berat badan serta obesitas. Hal terakhir yang kami pertimbangkan adalah bahwa ada jenis gula yang benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi itu adalah hasil dari penelitian baru.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal medis Cell Reports, sejenis gula alami yang disebut mannose sebenarnya dapat membantu orang menurunkan berat badan.

Baca Juga:

Hanya sedikit orang yang pernah mendengar tentang mannose dan lebih sedikit lagi yang memetik manfaat penurunan berat badannya, tetapi gula alami ini telah ditemukan untuk meningkatkan metabolisme dan kesehatan mikrobioma usus, dan bahkan mencegah obesitas terkait diet. Hmmm, cukup menarik.

Mannose, Gula Alami Yang Membantu Menurunkan Berat Badan
sumber gambar

Apakah itu Mikrobioma?

Setiap orang memiliki kumpulan ekosistem di berbagai bagian tubuhnya. Kita memiliki ekosistem di usus kita, di mulut kita, di lidah kita, di gigi kita, di bagian depan lutut kita, di belakang lutut kita, di hidung kita, di pergelangan tangan kita, di tangan kiri kita, di tangan kanan kita, dan seterusnya. Anda mendapatkan gambarannya. Para ilmuwan merujuk pada microbioma sebagai komunitas mikroorganisme yang mendiami kulit, mulut, usus dan bagian lain dari tubuh Anda. Seperti sidik jari, setiap orang memiliki microbioma yang berbeda.

Studi

Sebagai bagian dari penelitian, peneliti membagi hewan ke dalam kelompok, makan diet normal atau tinggi lemak, dengan atau tanpa mannose. Pada akhir penelitian mereka menemukan bahwa mereka yang makan mannose sebagai bagian dari diet mereka menjadi lebih ramping, memiliki lebih sedikit lemak di hati mereka dan lebih bugar daripada hewan yang tidak memakan mannose sebagai bagian dari makanan mereka. Mereka juga menemukan bahwa mereka yang memakan mannose memiliki komposisi mikroba usus yang lebih mirip hewan ramping daripada hewan yang tidak menelan mannose. Ketika hewan berhenti makan mannose, berat badan mereka kembali dan bakteri usus mereka kembali ke kondisi pra-mannose.

Sementara jenis penelitian ini masih dalam tahap awal dan tentu saja lebih banyak penelitian diperlukan, para ilmuwan berharap bahwa hasilnya akan membantu meningkatkan pengobatan obesitas dan penyakit hati.



Apa itu Mannose?

Terkadang disebut d-mannose, mannose adalah gula sederhana yang terutama ditemukan dalam buah seperti apel, jeruk, dan buah persik. Hal ini juga ditemukan di beberapa buah beri seperti cranberry dan blueberry. Ini juga berjalan dengan nama-nama d-manosa, carubinose dan seminose, tetapi mereka semua bentuk gula yang sama.

Studi awal menunjukkan bahwa gula juga dapat membantu untuk pengobatan infeksi saluran kemih (ISK) dengan mencegah bakteri menempel ke dinding kandung kemih. Hal ini juga tampaknya meningkatkan beberapa bakteri menguntungkan di usus, menyarankan itu mungkin memiliki janji untuk kesehatan usus, tetapi lebih banyak penelitian juga sangat diperlukan di daerah ini.

Mannose juga tersedia dalam bentuk suplemen. Gunakan hati-hati jika Anda penderita diabetes, memiliki kadar gula darah tinggi, atau sedang hamil atau menyusui. Ikuti instruksi paket untuk produk yang Anda pilih dan hindari dosis berlebihan karena mungkin terkait dengan kerusakan ginjal. Jika suplemen Anda dengan mannose, Anda mungkin mengalami perut kendor atau kembung karena terjadi perubahan mikrobioma usus Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...