Nutrisi yang Membantu Mencegah Kejang atau Epilepsi


Selasa, 16 Januari 2018
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Nutrisi yang Membantu Mencegah Kejang atau Epilepsi

Meskipun kita mendengar banyak tentang manfaat minyak g4nja dalam pencegahan dan pengobatan kejang, namun ada obat alami lainnya yang patut mendapatkan perhatian. Apakah itu? Asam lemak Omega 3 yang dikenal sebagai asam dokosaheksanoat (DHA) juga ditemukan untuk membantu mencegah kejang. Dan, untungnya, ini adalah legal dan tersedia di setiap negara bagian manapun.

Seperti yang diterbitkan di jurnal ilmiah Scientific Reports, para peneliti menemukan bahwa suplementasi dengan DHA menyebabkan peningkatan estrogen pada hewan, yang menyebabkan mereka menemukan bahwa DHA dan estrogen bekerja sama untuk menekan kejang. Hal ini sungguh mengejutkan, mengingat estrogen telah dipikirkan oleh beberapa orang dapat berakibat memperparah kejang, akan tetapi ini malah sebaliknya. Studi baru ini menunjukkan bahwa DHA dapat menghasilkan hasil yang berbeda.

Baca Juga:

Nutrisi yang Membantu Mencegah Kejang atau Epilepsi
sumber gambar

Kejang adalah gejala aktivitas listrik abnormal di otak. Ketika kita memikirkan kejang, kita biasanya memikirkan kejang-kejang di mana tubuh seseorang bergetar tak terkendali. Memang, beberapa kejang menyebabkan kondisi kejang-kejang, namun tidak semua kejang menampakkan diri dengan cara seperti ini. Ada jenis kejang lainnya yang dikenal sebagai kejang fokal yang terjadi di satu bagian otak dan mempengaruhi bagian tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak yang terkena.

Epilepsi adalah kondisi di mana otak seseorang sering menyebabkan kejang atau sawan. Sementara trauma kepala, infeksi sistem saraf pusat, tumor otak atau stroke yang juga bisa menyebabkan epilepsi, seringkali tidak ada penyebab yang jelas. Pada tahun 2016, bahkan sudah tercatat, penderita epilepsi di dunia itu mencapai angka 60 juta orang.

DHA ditemukan di banyak makanan, termasuk: biji rami, minyak biji rami, biji chia, kenari, bayam dan sayuran berdaun lainnya, labu musim dingin, kembang kol, blueberry, wild rice, mangga, biji labu dan beberapa ikan, seperti salmon liar. Minyak mudah rusak oleh cahaya dan panas jadi pastikan untuk mendinginkan makanan yang mengandung DHA, termasuk biji rami, hempsol dan minyak yang dibuat dari mereka. Selain itu, pilih saja kenari mentah, tawar dan didinginkan karena kebanyakan kenari kelontong yang dijual untuk dipanggang menjadi tengik.

Karena dosis DHA yang cukup tinggi mungkin diperlukan juga untuk mendapatkan efek anti-kejang, Anda pasti ingin makan berbagai makanan kaya DHA setiap hari, namun Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan suplemen.



Suplemen DHA dijual baik sendiri atau dalam kombinasi DHA dan EPA. Jika Anda melengkapi dengan Omega 3, pilih satu yang mengandung DHA bersama EPA, yang merupakan singkatan dari asam eicosapentanoic, karena minyak dapat bekerja paling baik. Dosis harian biasa mengandung 2000 miligram setiap DHA dan EPA. Pastikan untuk memilih produk yang memiliki reputasi baik yang telah diuji laboratorium pihak ketiga untuk memastikan kadar merkuri dan kontaminan rendah.

Selain memiliki efek menguntungkan untuk kejang, asam lemak Omega 3 telah dikaitkan dengan kesehatan jantung (termasuk pemulihan jantung akibat serangan jantung), efek penyembuhan untuk multiple sclerosis (MS), depresi, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), juga seperti kondisi lainnya. Penelitian di jurnal medis online PlosOne juga menemukan bahwa asam lemak Omega 3 memiliki efek menguntungkan pada ingatan.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...