Makanan Berserat Tinggi Dapat Mengurangi Penuaan Otak


Sabtu, 06 Oktober 2018
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Ternyata, Makanan Berserat Tinggi Dapat Mengurangi Penuaan Otak

Kebanyakan orang tahu bahwa makan makanan berserat tinggi dapat membantu menjaga usus mereka tetap sehat, dan beberapa bahkan mungkin menyadari kemampuan serat untuk mengatur gula darah dan berat badan, tetapi penemuan baru menemukan bahwa serat juga dapat benar-benar memperlambat laju di mana usia otak dan mengurangi risiko penyakit otak.

Baca Juga:

Itu adalah hasil dari sebuah penelitian baru yang mengejutkan yang diterbitkan di Frontiers in Immunology di mana para ilmuwan menemukan bahwa makan lebih banyak serat dapat mengurangi peradangan otak. Peradangan di otak telah dikaitkan dengan penuaan dan banyak penyakit otak, termasuk: Alzheimer, Parkinson dan lain-lain.

Makanan Berserat Tinggi Dapat Mengurangi Penuaan Otak
sumber gambar

Sumbu Usus-Otak

Anda mungkin bertanya-tanya, "bagaimana bisa makan lebih banyak serat membantu melawan peradangan otak?" Ada mekanisme dalam tubuh yang disebut sumbu usus-otak, mekanisme yang telah ditemukan yang menghubungkan kesehatan usus dengan kesehatan otak. Tidak seperti Vegas, apa yang terjadi di usus kita tidak tinggal di usus kita. Mikroba Gut bertanggung jawab untuk memproduksi nutrisi, mengurangi peradangan usus dan banyak fungsi lain yang secara langsung berdampak pada otak.

Menurut studi baru yang menghubungkan konsumsi serat dengan kesehatan otak, sumbu usus-otak sedang bekerja. Untuk memahami, penting untuk menjelaskan mikroglia. Mikroglia adalah sel sistem kekebalan yang ditemukan di otak dan cenderung menjadi terlalu aktif dan meradang kronis saat kita bertambah tua. Ketika kita makan makanan berserat, bakteri yang ditemukan di usus kita menyebabkan serat memfermentasi, menghasilkan senyawa yang terjadi secara alami yang dikenal sebagai butirat. Pelepasan butirat menyebabkan pengurangan peradangan otak dan meningkatkan memori.

Perlu diingat bahwa nutrisi dan senyawa lain diserap di dinding usus langsung ke dalam darah, dan perjalanan ke otak atau bagian lain dari tubuh, tergantung di mana senyawa tersebut diperlukan.

Menurut penelitian baru, makan diet serat tinggi dapat membantu untuk mencegah peradangan otak dan penyakit otak yang terkait dengannya. Jadi, apa sajakah sumber serat terbaik? Nah, berikut beberapa makanan sumber serat terbaik yang dapat membantu mengurangi penuaan otak:

Kacang (biji)

Ada variasi besar dalam jumlah serat yang ditemukan dalam kacang, tetapi yang terbaik termasuk adalah: kacang Brasil yang memiliki 12 gram serat per ons, kacang pinus yang juga memiliki 12 gram per ons, dan kacang almond yang memiliki 4 gram per ons.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber serat yang sangat baik. Mereka bervariasi dalam jumlah yang tepat tetapi 1 cangkir buncis yang dimasak memiliki sekitar 12 gram, kacang hitam memiliki 15 gram, kacang merah dan lentil memiliki 16 gram, kacang adzuki memiliki 17 gram, dan kacang navy keluar di atas dengan serat 19 gram.



Labu

Satu cangkir labu acorn yang dimasak mengandung 9 gram serat, dan porsi yang sama dari Hubbard squash mengandung 7 gram sementara butternut squash mengandung 6 gram serat, menjadikannya pilihan yang sangat baik.

Biji-bijian

Hanya dua sendok makan saja sudah memiliki serat 10 gram dan porsi yang sama biji rami memiliki 4 gram. Satu setengah cangkir biji bunga matahari memiliki 6 gram serat.

Sumber Besar Serat Lainnya

Satu cangkir elderberry memiliki 10 gram serat, sementara porsi yang sama dari blackberry atau raspberry memiliki 8 gram. Satu cangkir gandum utuh yang dimasak (bukan varietas olahan) mengandung 8 gram serat, sementara porsi yang sama quinoa dimasak atau bayam mengandung 5 gram.

Penting!
Adalah ide yang baik untuk menargetkan 35 gram serat setiap hari.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...