Khasiat Dan Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar Bagi Kesehatan


Minggu, 30 September 2018
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Khasiat Dan Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan ubi jalar? Orang luar menyebutnya sebagai ‘sweet potato’, dan orang Jawa Sunda menyebutnya dengan nama ‘boled’.

Umbi yang satu ini tentunya sudah sangat melekat di hati penduduk Indonesia. Mungkin karena kegunaannya yang seringkali menjadi makanan pokok pada masa dahulu hingga sekarang semakin banyak juga bermunculan aneka jenis makanan yang berbahan dasar dari ubi jalar.

Baca Juga:

Ternyata, selain dari rasanya yang manis dan merupakan sumber karbohidrat, banyak sekali manfaat lainnya bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Nah, berikut diantaranya.

1. Sumber vitamin C yang baik

Sementara kebanyakan orang tahu bahwa vitamin C penting untuk membantu menangkal virus flu dan pilek, hanya sedikit orang yang sadar bahwa vitamin penting ini memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi, pencernaan dan pembentukan sel darah. Vitamin ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka, menghasilkan kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulit muda, dan sangat penting untuk membantu kita mengatasi stres. Bahkan tampaknya membantu melindungi tubuh kita terhadap racun yang mungkin terkait dengan kanker.

Khasiat Dan Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar Bagi Kesehatan
sumber gambar

2. Tinggi vitamin B6

Vitamin B6 membantu mengurangi homocysteine kimia dalam tubuh kita. Homocysteine telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif, termasuk serangan jantung.

3. Sumber beta carotene yang bagus

Ubi jalar mengandung prekursor vitamin A berwarna cemerlang, yang dikenal sebagai beta karoten. Rata-rata, satu cangkir ubi bakar sudah cukup untuk menyediakan lebih dari 38.000 IU atau 769% dari kebutuhan vitamin A harian seseorang.

4. Mendukung kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular

Penelitian dalam jurnal Cell Adhesion & Migration menemukan bahwa ubi jalar ungu mengandung senyawa penyembuh jantung dan kardiovaskular kuat yang dikenal sebagai quercetin dan cyanidins yang dapat mencegah penggumpalan berlebihan sel-sel darah, yang biasanya terlibat dalam aterosklerosis.

5. Sumber potasium yang baik

Kalium adalah salah satu elektrolit penting yang membantu mengatur denyut jantung dan sinyal saraf. Seperti elektrolit lain, kalium melakukan banyak fungsi penting, beberapa di antaranya termasuk kontraksi otot santai, mengurangi pembengkakan dan melindungi dan mengendalikan aktivitas ginjal. Makan satu cangkir ubi jalar panggang cukup untuk memenuhi 20 hingga 27 persen dari kebutuhan harian potasium setiap hari.

6. Sumber magnesium yang baik

Magnesium diperlukan untuk fungsi arteri, darah, tulang, jantung, otot, dan saraf yang sehat, namun beberapa ahli memperkirakan bahwa hingga 80 persen populasi di dunia mungkin kekurangan mineral penting ini karena praktik pertanian komersial dan kebiasaan makan yang buruk. Menurut Data Nutrisi, satu cangkir ubi jalar panggang cukup untuk menyediakan 14% kebutuhan magnesium harian Anda.

7. Anti-inflamasi

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa senyawa dalam ubi jalar yang dikenal sebagai polifenol, yang memberi mereka warna cemerlang dan rasa lezat, juga bertanggung jawab atas aktivitas anti-peradangan yang ampuh. Studi ini menemukan bahwa ubi jalar efektif melawan jenis peradangan akut dan kronis, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet apa pun.

8. Tidak menyebabkan lonjakan gula darah

Ubi jalar secara alami rasanya manis tetapi gula alami mereka secara perlahan dilepaskan ke dalam aliran darah, membantu memastikan sumber energi yang seimbang dan teratur, tanpa memaku gula darah yang terkait dengan kelelahan dan berat badan. Penelitian di Journal of Medicinal Food mengkonfirmasi aktivitas anti-diabetes makanan.



9. Menangkal kanker dan efek penuaan

Warna oranye mereka yang kaya menunjukkan bahwa ubi jalar mengandung karoten tinggi seperti beta karoten dan karotenoid lainnya, yang merupakan prekursor vitamin A dalam tubuh Anda. Karotenoid membantu memperkuat penglihatan kita dan meningkatkan kekebalan kita terhadap penyakit; mereka adalah antioksidan kuat yang membantu menangkal kanker dan melindungi terhadap efek penuaan.

Penelitian yang dipublikasikan bulan lalu dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry memamerkan phytochemical yang baru diidentifikasi yang disebut beta-sitosterol D glucoside yang menunjukkan aktivitas anti kanker yang ampuh terhadap kanker payudara. Karena penelitian ini adalah yang pertama untuk mengidentifikasi senyawa, masih belum jelas apakah senyawa baru ini akan memiliki keefektifan yang sama terhadap bentuk-bentuk kanker lainnya atau jika hasil yang mengesankan khusus untuk kanker payudara. Apapun, setiap penemuan baru dalam pengobatan kanker selalu diterima, khususnya bagi mereka yang menderita penyakit.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal medis Oncology Letters menemukan bahwa ubi jalar mengandung sejenis protein yang disebut sporamin yang menunjukkan aktivitas anti-tumor terhadap berbagai jenis kanker.

------------------
Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat ubi jalar bagi kesehatan. Anda bisa mencoba beberapa cara penyajian misalnya saja diminum dengan bentuk jus, dikukus, atau dipanggang. Anda dapat juga menambahkannya ke sup dan rebusan, atau panggangan dan tempatkan di atas sayuran hijau untuk salad yang lezat. Saya menikmati memanggang mereka dengan bawang dan paprika merah untuk sandwich atau bahan bungkus yang luar biasa. Haluskan dan tambahkan ke smoothie dan makanan yang dipanggang lainnya. Silahkan menikmatinya sesuai selera Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...