Makanan Sehat Pengontrol Kadar Gula Darah


Kamis, 04 Januari 2018
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Makanan Sehat Pengontrol Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah Anda mungkin kedengarannya tidak menyenangkan, tapi biarpun Anda bukan penderita diabetes atau prediabetik, mengontrol kadar gula darah itu sangatlah penting. Yang akan diulas berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mengendalikan gula darah.

Ingatlah bahwa kadar gula darah tinggi sangat tidak baik, namun kadar gula darah rendah juga bisa menimbulkan kasus yang seringkali disebut dengan dizzy terkait dengan gejala kepala pusing yang lambat laun bisa menyebabkan pingsan. Untuk itu, jalan satu-satunya adalah kita harus benar-benar bisa mengendalikan atau mengontrol kadar gula darah terutama melalui apa yang kita makan.

Baca Juga:

Jika Anda berpikir Anda memiliki kondisi kronis, segeralah konsultasikan dengan dokter. Daftar di bawah ini adalah makanan yang dapat membantu mengendalikan gula darah. Mereka bukan obat untuk diabetes, prediabetes ataupun hipoglikemia, dan mereka tidak membatalkan keseluruhan makanan yang buruk. Apa yang bisa mereka lakukan adalah membantu mengimbangi rasa gula-gula busuk yang Anda dapatkan dari kebiasaan yang sesekali terlalu memanjakan gula atau karbohidrat olahan.

Makanan Sehat Pengontrol Kadar Gula Darah
sumber gambar

Nah, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengontrol kadar gula darah:

1. Stroberi

Stroberi rendah gula, tinggi serat dan dikemas dengan kelezatan. Dan mereka mungkin hanya membantu mengendalikan kadar gula darah. Sebuah studi menemukan bahwa memasangkan stroberi dengan makanan bertepung dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Stroberi mengandung antioksidan yang mendukung kadar gula darah yang sehat, dan kandungan gula rendah dan seratnya tinggi adalah satu pukulan nyata ketika sampai pada gula darah yang sehat.

2. Cuka

Satu sendok makan cuka tampaknya membantu mengurangi dampak pada gula darah dan lonjakan insulin yang biasanya datang dengan makan sesuatu seperti bagel atau makanan dengan penuh gula. Sepertinya mengambil cuka harian bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida Anda.

3. Sayuran Cruciferous

Anda pernah mendengar istilah ini? Yang termasuk ke dalam sayuran cruciferous adalah kubis, kembang kol, lobak, selada air, tauge, brokoli dan kol.

Diet yang kaya sayuran pada umumnya baik untuk kadar gula darah Anda, dan sayuran cruciferous secara khusus mengandung senyawa yang mendukung kadar gula darah sehat. Sebuah studi pendahuluan melihat jumlah senyawa ini yang sangat terkonsentrasi untuk mengobati diabetes - setara dengan makan 11 pon brokoli per hari. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana dosis yang lebih rendah mempengaruhi kadar gula darah pada pasien prediabetik.

Kabar baiknya adalah, sayuran cruciferous juga mengantarkan banyak serat, yang memperlambat penyerapan gula, jadi makan sayuran cruciferous dapat membantu mengendalikan gula darah dengan cara apapun Anda mengirisnya.

4. Lemak sehat

Makanan berbasis tumbuhan dan tinggi lemak seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang termasuk juga dapat mengendalikan kadar gula darah. Ada penelitian yang mendukung gagasan bahwa menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda dapat membuat perbedaan.

5. Kurma

Kurma yang lezat, tapi gulanya juga sangat tinggi. Namun sungguh mengejutkan, dimana sebuah studi menemukan bahwa kurma sebenarnya adalah makanan rendah glisemik yang menguntungkan peserta diabetes. Memasangkan kurma dengan yogurt sepertinya lebih bermanfaat. Anda bisa mencari cara untuk membuat yogurt vegan Anda sendiri di sini.

6. Makanan yang kaya Vanadium

Hanya ada sedikit penelitian tentang mineral ini, bahkan tidak ada tunjangan harian yang disarankan untuk itu, tapi sepertinya ini bisa membantu mengatur kadar gula darah. Makanan yang kaya akan vanadium meliputi: peterseli, kedelai, jagung, zaitun dan minyak zaitun, lada hitam, lobak dan kacang polong.



7. Jahe

Ada beberapa bukti bahwa ekstrak jahe dan jahe dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Penelitian lebih pasti memang diperlukan, namun jahe terasa manis dan hadir dengan begitu banyak manfaat kesehatan potensial lainnya, sehingga tidak ada salahnya menambahkannya ke menu harian Anda.

8. Kunyit

Ekstrak kunyit dan kunyit nampaknya bermanfaat. Jika Anda ingin menggabungkan manfaat jahe dan kunyit, silahkan atur sendiri selera anda! Jika kopi bukan minuman Anda, Anda bisa menghilangkannya, dan Anda bisa menggantinya dengan susu emas yang lezat.

9. Protein Berbasis Tanaman

Kacang dan kacang-kacangan ibarat protein berbasis tumbuhan, bisa membantu mengatur gula darah dengan dua cara. Protein membantu memperlambat penyerapan gula. Dan tidak seperti makanan hewani, protein tanaman hadir dengan sisi serat, yang juga mendukung kadar gula darah yang sehat.

----------
Nah, itulah beberapa makanan sehat pengontrol kadar gula darah yang dapat Anda masukan ke dalam menu harian makanan Anda. Ingat satu hal, sebelum melakukannya ada baiknya silahkan Anda konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk mendapatkan mana yang terbaik bagi kadar gula darah Anda.

Berapa Kadar Gula Darah Normal?

Sebagai patokan saja, kadar gula darah yang bisa Anda cek setiap waktu adalah kadar GDS (Gula Darah Sewaktu), untuk ukuran normal (tidak menderita diabetes) adalah dibawah 200 mg/dl. Jika kebalikannya maka Anda menderita diabetes.


Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...