Panduan Sederhana Pengobatan Wasir atau Ambeien


Jumat, 22 Desember 2017
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Panduan Sederhana Pengobatan Wasir atau Ambeien

Wasir adalah masalah umum yang menyebabkan rasa sakit, gatal dan pendarahan di rektum dan / atau anus. Hampir sebagian besar orang mengalami wasir, terutama bagi mereka-mereka yang memiliki gaya hidup yang tidak teratur, kurangnya konsumsi serat, air putih, buah-buahan, sayur-sayuran, serta kurang berolahraga.

Berbagai macam cara dari mulai pengobatan yang sederhana hingga proses operasi merupakan alternatif jalan yang dapat ditempuh untuk menyembuhkan wasir atau ambeien ini. Artikel berikut ini akan membahas berbagai pilihan pengobatan ambeien (wasir) sehingga Anda bisa menentukan pilihan yang terbaik untuk Anda.

Baca Juga:

Apakah Itu Wasir (Ambeien)?

Wasir adalah karkas seperti bantal yang ada di dinding otot polos dubur dan / atau rektum bawah. Mereka juga dikenal sebagai tumpukan. Sementara setiap orang yang memiliki wasir, sekitar 1 dari 4 mengalami pembengkakan dan distensi pembuluh darah ini, menyebabkan gejala yang memerlukan penanganan.

Panduan Sederhana Pengobatan Wasir atau Ambeien
sumber gambar

Wasir diklasifikasikan sebagai internal atau eksternal tergantung pada lokasi dan jenis sel yang mengelilinginya. Biasanya, wasir eksternal adalah yang paling menyebalkan.

Tanda-tanda dan gejala wasir

Ada berbagai macam gejala yang menunjukkan bahwa Anda mungkin menderita wasir. Gejala umum tersebut meliputi:
  • Benjolan yang keras dan nyeri terasa pada anus
  • Lendir dan / atau kebocoran feses
  • Darah pada tinja
  • Darah di tisu toilet setelah buang air besar
  • Nyeri saat buang air besar
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus
  • Gatal ekstrim di sekitar anus
Penting untuk mengetahui apakah gejala tersebut berhubungan dengan wasir atau lainnya, yaitu gangguan usus yang lebih serius seperti tumor atau IBD (Inflammatory bowel disease).

Mendiagnosis wasir

Dokter akan mendiagnosis wasir dengan menggunakan riwayat kesehatan Anda, gejala dan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda akan memeriksa kelainan pada anus dengan pemeriksaan rektal digital. Jika kelainan seperti benjolan atau massa ditemukan, mereka mungkin menyarankan tes tambahan yang disebut sigmoidoskopi. Masalah yang lebih serius harus dikesampingkan.

Panduan Sederhana Pengobatan Wasir atau Ambeien
sumber gambar

Begitu wasir diidentifikasi, mereka dinilai dari kelas I sampai IV:
  • Kelas I: wasir berdarah, tapi tidak prolaps
  • Kelas II: wasir prolaps, namun secara spontan berkurang
  • Kelas III: wasir prolaps, tapi harus dikurangi secara manual
  • Kelas IV: wasir prolaps, tapi tidak bisa dikurangi

Apakah Penyebab Wasir atau Ambeien?

Gejala wasir berkembang dengan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di anus atau rektum. Sejumlah faktor dapat berpotensi menyebabkan lebih banyak tekanan termasuk diantaranya adalah:
  • Diet rendah serat: Kurangnya makanan berserat tinggi dapat menyebabkan kotoran lebih kencang dan kering yang melibatkan lebih banyak ketegangan (mengejan) saat buang air besar.
  • Kehamilan: Rahim yang membesar memberi tekanan pada rektum dan anus, melemahkan otot di sekitarnya karena perubahan hormon.
  • Obesitas: Berat berlebihan dapat menghasilkan lebih banyak tekanan.
  • Duduk atau berdiri berkepanjangan: Darah bisa berenang di kanal anus saat berada dalam posisi diam seperti ini.
Faktor risiko lain penyebab wasir:
  • Sembelit
  • Diare
  • Cedera saraf tulang belakang
  • Sejarah operasi rektum
  • Mengangkat beban berat
  • Alk0h0lisme
  • Hubungan s3ks dubur
  • Kanker usus besar
  • Riwayat keluarga wasir
Bagaimana Cara Menghilangkan Wasir?

Sementara wasir sering sembuh sendiri setelah beberapa hari, banyak yang beralih ke pilihan pengobatan untuk menghilangkan gejalanya dengan lebih cepat. Oleskan bungkus es yang dibungkus ke area yang menyakitkan, gunakan tisu bebas alk0hol selain kertas toilet kering dan memilih duduk di atas bantal daripada permukaan keras untuk mengurangi rasa sakit, radang serta iritasi. Nyeri wasir yang lebih sering atau gejala yang lebih serius mungkin memerlukan perawatan ekstra.

Pengobatan Wasir di Rumah

Wasir kelas rendah bisa membaik dengan bantuan berbagai pengobatan di rumah. Berikut diantaranya:
  • Minyak esensial Myrtus communis: Disebut juga minyak esensial Myrtle, telah dipelajari secara klinis untuk memperbaiki perdarahan, rasa sakit, iritasi dan gatal untuk wasir ringan (kelas I). Hal ini bisa diaplikasikan dengan formulasi lotion atau salep.
  • Garam Epsom dan gliserin: Dua sendok makan garam Epsom dicampur dengan 2 sendok makan gliserin dapat dioleskan secara topikal ke area yang menyakitkan dengan kain kasa. Oleskan selama 15-20 menit dan ulangi setiap 4 sampai 6 jam.
  • Sitz bath: Ini adalah jenis mandi untuk mengobati wasir. Atau Anda bisa duduk di bak mandi hangat reguler selama 15-20 menit, 2 sampai 3 kali per hari. Teknik ini membantu menenangkan kejang otot sphincter dan mengurangi gatal serta iritasi.
  • Witch hazel: Ini adalah senyawa herbal astringent yang sering digunakan untuk kondisi kulit. Meskipun belum diobservasi secara klinis untuk pengobatan wasir, beberapa di antaranya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan wasir bila dioleskan secara topikal. Ini mungkin karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Obat lain seperti minyak kelapa, lidah buaya, juga telah disebut-sebut untuk membantu wasir. Tidak jelas apakah perawatan ini efektif dan aman untuk semua populasi karena kurangnya penelitian.

Ingatlah bahwa banyak dari pengobatan ini belum dipelajari dengan baik. Sebenarnya, beberapa rekomendasi mungkin Anda temukan, termasuk seperti cuka sari apel dan minyak pohon teh, yang justru berpotensi memperburuk gejala.

Produk Over-the-Counter (OTC) / obat dijual bebas
  • Krim dan suppositoria juga bisa membantu mengobati gejala ambeien.
  • Krim seperti Preparation H termasuk anestesi topikal yang membantu rasa sakit wasir yang nyeri. Produk lain menggunakan astringent dan steroid dosis rendah untuk mengurangi peradangan dan mengecilkan jaringan bengkak. Produk kekuatan yang lebih tinggi juga tersedia dengan resep, termasuk lidokain atau hidrokortison.
  • Pereda nyeri seperti acetaminophen dan ibuprofen dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit, tapi hindari menggunakan aspirin jika Anda menderita pendarahan wasir.

Pelunak feses

Tinja yang lebih lembut lebih mudah dilewati dan kecil kemungkinannya untuk mengiritasi wasir. Serat adalah pelunak tinja yang terkenal, sama seperti obat pencahar. Telah ditunjukkan untuk meringankan gejala wasir sekitar 50% di beberapa uji klinis.

Makan lebih banyak serat tentu merupakan pengobatan pencegahan yang bermanfaat. Jika Anda mengalami konstipasi, suplemen serat seperti psyllium dan methylcellulose juga bisa efektif.

Cara Mengobati Kasus Wasir Yang Parah

Bila manajemen konservatif tidak bekerja atau jika gejala wasir parah, Anda mungkin ingin bertanya kepada dokter tentang obat dokter atau prosedur medis untuk membantu meringankan rasa sakit Anda.

1) Obat dokter

Obat ini sering digunakan untuk mengatasi perdarahan yang berhubungan dengan wasir:
  • Fraksi flavonoid dimurnikan (MPFF/ micronised purified flavonoid fraction), kalsium dibisilate, nitrat dan nifedipin dapat secara efektif mengurangi gejala akut dengan toleransi yang baik.
  • Pycnogenol, produk yang berasal dari kulit pohon pinus, telah dipelajari untuk penggunaan oral dan topikal pada wasir. Dibandingkan dengan plasebo, terbukti membantu mengatasi serangan wasir akut.
2) Prosedur medis

Jika obat tidak memberikan kelegaan, diperlukan prosedur medis yang lebih intensif. Diantaranya:
  • Ligasi pita karet, menggunakan karet gelang untuk memutus sirkulasi ke wasir. Koagulasi inframerah dan terapi ablasi frekuensi radio bekerja sama untuk mengurangi sirkulasi. Tanpa aliran darah yang tepat, wasir menyusut dan gejalanya membaik.
  • Sclerotherapy melibatkan suntikan bahan kimia penghancur vena ke dalam ambeien. Bahan kimia tersebut merusak pembuluh darah, yang menghambat peredaran dan mengecilkan ambeien.
Pengobatan ini biasanya digunakan untuk pasien yang mengalami pendarahan bahkan setelah menjalani terapi standar. Mereka yang menggunakan antikoagulan atau dengan sirosis atau imunosupresi mungkin juga merupakan kandidat ideal untuk perawatan ini.

Dalam beberapa kasus, dokter menggabungkan terapi, namun ada sedikit bukti yang mendukung pendekatan ini. Ingatlah bahwa selama prosedur medis apapun, komplikasi bisa terjadi termasuk perdarahan, retakan, retensi dan nyeri urin.

3) Operasi

Bila terapi standar dan prosedur medis rawat jalan gagal, operasi pengangkatan wasir merupakan pilihan terakhir. Sebuah hemorrhoidectomy melibatkan penghilangan wasir dengan laser atau pisau bedah sementara di bawah anestesi umum.

Sebagai alternatif, hemorrhoidectomy dijepit menggunakan pistol stapler untuk mengendalikan pendarahan wasir. Ini biasanya disediakan untuk wasir internal prolaps.

Setelah perawatan non-bedah, wasir kambuh sekitar 50% dari waktu ke waktu, sedangkan operasi mengurangi tingkat itu menjadi hanya 5% saja. Tidak ada konsensus mengenai prosedur mana yang terbaik.



Cara Mencegah Wasir atau Ambeien

Pencegahan melalui diet dan gaya hidup adalah pilihan paling efektif untuk mengendalikan wasir.

1) Diet Sehat

Konsumsilah diet yang mendukung buang air besar normal. Ini biasanya berarti makan cukup serat dan minum cukup cairan.

Penting untuk perlahan menambahkan asupan serat sekitar 5 gram, jika tidak, Anda mungkin akan mengalami gas, kembung atau kram. Coba gunakan suplemen serat sekam psyllium jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan cukup dari makanan saja. Tujuannya adalah mengkonsumsi 25 sampai 40 gram serat total per hari.

Minumlah sekitar setengah dari berat badan Anda (dalam pon) dalam ons setiap hari. Ini berarti 150 pon orang akan minum 75 ons cairan setiap hari. Anda harus minum lebih banyak jika Anda kehilangan cairan ekstra melalui keringat, diare atau muntah.

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas dan minum alk0hol jika Anda memiliki riwayat wasir berulang.

2) Gaya hidup

Beberapa perubahan gaya hidup yang mudah juga bisa mencegah wasir. Berikut adalah beberapa tips umum yang perlu dipertimbangkan:
  • Hindari mengejan saat buang air besar. Tidak apa-apa menyerah setelah 2 menit.
  • Gunakan kamar kecil segera setelah Anda merasakan dorongan untuk buang air besar.
  • Ambil posisi jongkok atau gunakan toilet jongkok untuk membantu pergerakan usus lebih mudah.
  • Sertakan olahraga ringan teratur dan hindari terlalu lama duduk, yang mencegah sembelit.
  • Kenakan pakaian dan pakaian dalam yang nyaman yang tidak memberi tekanan berlebihan pada tubuh. Hal ini juga dapat menghindari iritasi dan keringat akibat wasir yang memprovokasi.
  • Gunakan kebersihan yang baik dengan membersihkan anus Anda setiap hari.

Sementara wasir tidak dapat sepenuhnya disembuhkan, namun mereka dapat dikelola dengan baik jika Anda mengikuti tips pencegahan ini.

Kesimpulan:
  • Sementara setiap orang yang menderita wasir, atau kantung pembuluh seperti bantal, di anus atau rektum, mereka hanya menimbulkan masalah saat meradang. Gejala seperti gatal, nyeri dan iritasi sering terjadi.
  • Wasir disebabkan saat tekanan lebih banyak ditempatkan pada anus atau rektum. Riwayat keluarga dan penuaan adalah dua faktor risiko yang tidak terkendali, sementara diet rendah serat dan obesitas adalah dua faktor yang terkendali.
  • Berbagai pengobatan di rumah dan produk OTC tersedia untuk wasir berdasarkan tingkat keparahannya. Sebagian besar perawatan bekerja untuk mengendalikan gejala.
  • Bila wasir parah dan gagal diatasi sendiri, perawatan yang lebih intensif tersedia termasuk obat dari dokter, berbagai prosedur medis dan pembedahan.
  • Pencegahan adalah taruhan terbaik melawan wasir. Makan makanan berserat tinggi dengan cairan yang cukup untuk mendukung buang air besar secara teratur. Berolahraga secara teratur, hindari mengejan dan praktik kebersihan yang baik.

Ingat bahwa wasir tidak mengancam jiwa. Kesabaran dan tips pencegahan yang tepat adalah cara terbaik untuk mengelolanya.



Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Recomended For You:

loading...
loading...