Beberapa Obat Alami Untuk Mengatasi Sembelit


Kamis, 03 November 2016
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Beberapa Obat Alami Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah masalah yang sangat umum, dan Anda tidak perlu merasa sendirian atau tak berdaya ketika berhadapan dengan masalah ini! Pelajari beberapa tips sederhana, solusi alami untuk meringankan sembelit.

Sembelit diperkirakan berdampak sampai seperempat dari populasi manusia, situasi ini seringkali membuat si penderitanya merasakan tidak nyaman dan bahkan kesakitan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sembelit, sehingga Anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu solusi alami di bawah ini untuk mendapatkan beberapa bantuan.

Baca Juga:

Beberapa Obat Alami Untuk Mengatasi Sembelit
sumber gambar

Waspadai gejala yang timbul saat sembelit

Ada beberapa kasus di mana sembelit lebih dari sekedar gangguan. Ini bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius, sehingga Anda harus segera menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami beberapa gejala di bawah ini:
  • ada darah di toilet setelah Anda BAB.
  • sembelit datang tiba-tiba bersama dengan sakit parah dan kram perut atau sakit parah saat menggunakan kamar mandi.
  • sembelit berlangsung lebih dari dua minggu.
  • sembelit disertai dengan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • kotoran Anda seperti "pensil tipis."
Sembelit dapat menjadi tanda peringatan, dan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti wasir dan gangguan urologi, sehingga penting untuk mengatasinya secepat mungkin.

Obat alami untuk Sembelit

  • 1) Makan lebih banyak serat. Air dan serat makanan bekerja sama untuk menjaga hal-hal bergerak melalui tubuh Anda. Coba tambahkan lebih banyak makanan kaya serat untuk diet Anda atau mengambil suplemen serat alami, terutama jika Anda tidak banyak makan makanan nabati.
  • 2) Minum lebih banyak air. Usus Anda membutuhkan air untuk memindahkan hal-hal secara bersamaan, dan bila tidak cukup minum maka bisa menghentikan itu semua. Delapan gelas sehari adalah pedoman umum, tetapi individu benar-benar membutuhkan lebih atau kurang dari 64 ons setiap hari untuk tetap sehat.
  • 3) Makan lebih banyak probiotik. Menurut penelitian pertumbuhan badan menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meringankan sembelit. Ketika Anda berpikir probiotik, Anda mungkin berpikir tentang yoghurt, tapi sebenarnya ada banyak makanan lain yang kaya probiotik yang dapat Anda tambahkan ke diet Anda.
  • 4) Perhatikan obat dan suplemen Anda. Suplemen zat besi, misalnya, dapat benar-benar keras pada usus Anda, tetapi ada alternatif lain yang tidak menimbulkan sembelit. Efek samping apa pun perlu Anda pertimbangkan ketika Anda mengambil suplemen ataupun obat, apalagi jika efek tersebut terlihat sangat mengganggu. Jika obat yang harus disalahkan, maka bicarakanlah dengan dokter Anda tentang obat alternatif.
  • 5) Jangan menahannya! Saya tahu, ada situasi di mana Anda lebih menyukai untuk menggunakan kamar mandi. Namun, situasi Anda ternyata tidak memungkinkan, misalnya saja Anda sedang berada di sebuah festival di luar ruangan, dan tentunya tidak ada tempat buang kotoran yang ideal bagi Anda. Atau mungkin Anda juga tidak suka BAB di tempat kerja ataupun di sekolah. Lalu kondisi ini mendorong Anda untuk menahannya. Itu sangatlah tidak direkomendasikan. Cobalah untuk tidak menunda panggilan alam!
  • 6) Lakukan beberapa yoga. Pose yoga tertentu dapat juga membantu merangsang saluran pencernaan dan memberikan beberapa bantuan dari sembelit. Silahkan Anda cari tahu pada ahlinya.

Nah, beberapa tips sederhana diatas bisa menjadi obat alami untuk mengatasi masalah sembelit Anda. Intinya adalah mengatur pola makan yang berserat, minum banyak air, dan jangan menahan keinginan untuk BAB.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...