Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Yang Sudah Teruji


Selasa, 24 Oktober 2017
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Yang Sudah Teruji

Ada klaim yang tak terhitung jumlahnya di internet tentang manfaat kesehatan yang tampaknya ajaib dari konsumsi cuka sari apel, tapi apakah itu semua benar? Saya menekan jurnal penelitian untuk memisahkan fakta dari klaim fiksi dan terbukti dari mitos internet yang berkelanjutan.

Saya menemukan bahwa cuka sari apel memiliki banyak khasiat bermanfaat, namun sebagian besar klaim beredar di dunia maya tidak berdasar dalam penelitian. Untuk itu, cobalah Anda pelajari beberapa penjelasan berikut ini yang didasarkan pada bukti nyata dari hasil penelitian dan diterbitkan pada jurnal medis.

Baca Juga:

Berikut beberapa manfaat dari cuka sari apel beserta hasil uji kesehatannya:

1. Mengatur Kimia Darah pada Penderita Diabetes

Cuka sari apel telah terbukti membantu menormalkan aspek kimia darah lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel membantu mengatur kimia darah hewan yang memiliki diabetes yang diberi cuka sebagai bagian dari makanan reguler mereka selama empat minggu.

Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Yang Sudah Teruji
sumber gambar

2. Meningkatkan Sensitivitas insulin pada Penderita Diabetes

Mengatur kimia darah bukan satu-satunya cara cuka sari apel muncul untuk membantu penderita diabetes, beberapa penelitian juga menunjukkan kemampuan cuka sari apel untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan respons gula darah saat dikonsumsi sebagai bagian dari makanan atau dikonsumsi sebelum tidur, yang mungkin menawarkan bantuan untuk pengobatan diabetes.

3. Mengatur Efek Diet Kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Membrane Biology, mengungkap para peneliti mempelajari efek dari diet kolesterol tinggi pada hewan yang diberi cuka sari apel versus hewan yang hanya mengonsumsi makanan tinggi kolesterol. Mereka menemukan bahwa cuka sari apel memberikan efek perlindungan pada hati dan ginjal, di antara manfaat perlindungan lainnya.

4. Mengurangi Jenis Bakteri E. Coli yang Merugikan

Journal of Food Protection menilai efek penyemprotan berbagai larutan pada selada yang diinokulasi dengan E. coli. Sementara cuka sari apel tidak membunuh E. coli sepenuhnya, ia justru membantu mengurangi jumlah bakteri yang terkait dengan keracunan makanan namun tidak mempengaruhi rasa selada atau kerenyahannya.

5. Asam Chlorogenicnya Dapat Membantu Penyakit Jantung

Cuka sari apel mengandung nutrisi, asam chlorogenic yang menurut jurnal Biochemical Pharmacology dapat membantu mencegah kolesterol LDL, juga dikenal sebagai "kolesterol jahat" dari pengoksidasi, yang merupakan langkah penting dalam perkembangan penyakit jantung.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun ada studi yang bertentangan tentang efek cuka sari apel pada obesitas dan penurunan berat badan, menurut penelitian European Journal of Clinical Nutrition, cuka sari apel dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang dimakan pada makanan antara 200 dan 275. Hasil studi tambahan diterbitkan dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry juga menunjukkan bahwa cuka membantu menurunkan berat badan pada individu obesitas.

7. Efek Anti Kanker?

Ada banyak hype internet tentang efek anti kanker cuka sari apel namun penelitian ini tidak benar-benar mendukungnya. Sementara beberapa penelitian memang menunjukkan efek anti kanker pada cuka beras dan cuka tebu di laboratorium, namun hanya sedikit penelitian tentang cuka sari apel dan apakah obat tersebut mengandung efek anti kanker atau tidak. Jadi, mungkin ada efek anti kanker, tapi mungkin juga tidak. Kita harus menunggu penelitian selanjutnya untuk mengetahuinya.

8. Mengurangi Infeksi Bakteri pada Mulut

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Oral Surgery, Oral Medicine, Oral Pathology, Oral Radiology and Endodontics menemukan bahwa cuka sari apel menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri yang dikenal sebagai E. faecalis, yang dapat dikaitkan dengan infeksi di saluran akar gigi dan di tempat lain di tubuh.

Bagaimana Agar Mendapatkan Manfaat dari Cuka Sari Apel?

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya mengenai cuka sari apel, ingatlah bahwa Anda jangan pernah minum cuka sari apel yang tidak diencerkan. Selalu gunakan cuka sari apel yang diencerkan dalam air atau jus atau dicampur dengan minyak dalam saus salad. Cuka adalah asam yang bisa membakar selaput lendir halus dari saluran pencernaan. Kebanyakan ahli gizi menganjurkan untuk memilih cuka sari apel yang tidak disaring dan tidak dipasteurisasi dengan "ibu" yang tersisa utuh. Ini adalah kumpulan mikroba bermanfaat yang mengubah sari apel menjadi cuka sari apel.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...