Efek Kesehatan Buruk Akibat Makan Larut Malam


Rabu, 16 Agustus 2017
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Efek Kesehatan Buruk Akibat Makan Larut Malam

Ini info penting untuk Anda yang memiliki kebiasaan makan di larut malam. Apakah Anda makan makanan lengkap atau hanya sedikit makanan kecil, lalu tertidur nyenyak larut malam, ternyata dapat memiliki beberapa efek samping yang aneh pada kesehatan Anda.

Makan larut malam dapat melempar ritme alami tubuh Anda. Anda mungkin tahu bahwa perasaan menyebalkan merasa tidak nyaman dan tidak bisa tertidur, tapi irama sirkadian dan hormon lainnya di tubuh Anda dipengaruhi oleh kalori yang Anda konsumsi. Pada dasarnya, nanti Anda makan, semakin sedikit tubuh Anda yang siap tidur, yang bisa menghancurkan ingatan dan efisiensi Anda keesokan harinya.

Baca Juga:

Padahal, makan larut malam justru bisa membuat Anda kelaparan dalam 24 jam mengikuti makan malam Anda. Hormon ghrelin, yang mengontrol seberapa lapar Anda, menggunakan kemunculan alami yang terjadi dari pukul 8 malam sampai pukul 8 pagi keesokan harinya untuk mengatur ulang sendiri. Jika Anda tidak memberi tubuh Anda waktu yang cukup untuk berpuasa, maka jalur biologis itu tidak dapat terjadi.

Efek Kesehatan Buruk Akibat Makan Larut Malam
sumber gambar

Jadi Anda akan merasa jauh lebih lapar jika Anda makan larut malam, tapi yang lebih parah lagi metabolisme Anda akan melambat. Studi menunjukkan bahwa nantinya semakin banyak kalori yang akan Anda makan, dan semakin sedikit tidur yang akan Anda dapatkan. Kurang tidur sama dengan metabolisme yang lebih lambat, dan itu berarti penambahan berat badan.

Akhirnya, makan larut malam bisa menyebabkan acid reflux. Perut Anda memakan waktu beberapa jam untuk mengosongkan diri setelah makan besar, tapi jika Anda menekannya dan langsung menuju tidur menempatkan tubuh Anda dalam posisi horizontal maka kemungkinan terburuk bisa terjadi, yaitu asam perut Anda bisa bocor ke atas menuju kerongkongan Anda.

Kini Anda tahu bukan, mengapa Anda tidak boleh makan larut malam, tapi mari kita pelajari lebih lanjut apa penyebab terjadinya kebiasaan Anda tersebut.

Anda tidak cukup makan di siang hari

Ini mungkin hal yang jelas, tapi jika Anda lapar larut malam, mungkin Anda tidak cukup makan di siang hari. Cobalah makan makanan di waktu makan siang yang lebih besar dan makan malam yang lebih ringan untuk memastikan bahwa Anda telah mencerna makanan Anda sepenuhnya, dan mengintegrasikan lebih banyak serat ke dalam makanan terakhir Anda pada hari ini agar tetap kenyang lebih lama.

Gula darah yang melonjak

Jika kadar gula darah Anda terus menerus meningkat, maka hasrat makanan Anda akan terasa lebih intens. Makanan olahan dan apapun dengan gula cenderung lebih tinggi pada indeks glikemik dan bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Cobalah mengurangi gula tambahan dari makanan Anda selama beberapa hari dan Anda akan melihat hasrat makan malam Anda yang berangsur menghilang.

Kortisol dan stres menyebabkan Anda ingin ngemil

Mungkin Anda bahkan tidak lapar, tapi setiap hari kerja Anda mendapati diri Anda tertarik ke lemari es untuk es krim di malam Anda. Jika Anda sudah stres dan cemas sepanjang hari kerja, hormon stres kortisol akan meningkat. Kortisol meningkatkan nafsu makan Anda untuk gula dan lemak, maka Anda akan kecanduan makan es krim dan keju di larut malam.

Berikut cara untuk memerangi stres yang mengakibatkan makan di malam hari: cobalah mandi garam epsom yang dapat mendetoksifikasi akan membantu otot Anda rileks, meditasi dan pernapasan dalam dapat menurunkan tingkat tekanan darah Anda, dan sedikit melatonin dapat membantu tubuh Anda mempersiapkan diri secara alami untuk tidur dan membuat Anda lebih mudah terlelap.

Jika Anda terus-menerus melakukan makan di larut malam, mungkin sudah saatnya untuk serius mengurangi kebiasaan itu. Sehingga Anda akan dapat pergi tidur di beberapa malam, tapi akhirnya hasrat Anda akan mereda dan tubuh Anda akan menemukan ritme alami dan normal. Percayalah!

Sumber Bacaan


Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...