Efek Baik dan Buruk Tentang Kopi Tanpa Kafein


Selasa, 04 April 2017
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Efek Baik dan Buruk Tentang Kopi Tanpa Kafein

Sebagian besar penduduk di dunia ini adalah penikmat kopi. Minuman yang satu ini memang telah banyak memberikan janji yang positif terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara teratur namun tidak berlebihan.

Meskipun tampaknya, masyarakat masih memegang pola pikir bahwa kafein yang terkandung dalam kopi itu tidaklah bagus untuk kesehatan. Namun, menurut banyak penelitian yang dilakukan, kafein dalam kopi bisa juga memberikan efek yang positif, di lain sisi dari efek negatifnya. Berdasarkan hal inilah maka semakin banyak produk-produk kopi di pasaran yang menawarkan kopi tanpa kafein (decaf).

Baca Juga:

Sebagian orang juga semakin banyak yang beralih memilih kopi tanpa kafein ini dibandingkan memilih kopi yang berkafein. Namun, apakah Anda sudah benar-benar tahu fakta tentang kopi tanpa kafein? Nah, informasi berikut sekedar menambah wawasan kita tentang kopi tanpa kafein.

Efek Baik dan Buruk Tentang Kopi Tanpa Kafein
sumber gambar

Jumlah kafein dalam kopi tanpa kafein bervariasi

Secangkir kopi tanpa kafein dengan 97 persen dari kafein dihilangkan mungkin masih memiliki lebih kafein dari yang Anda tahu. Jadi sementara secangkir kopi biasa biasanya mengandung sekitar 100 miligram kafein, namun berdasarkan hasil tes tahun 2007 Consumer Reports dari 36 merek populer menemukan beberapa cangkir kopi tanpa kafein yang masih dikemas lebih dari 20 miligram kafein, bahkan ada yang hingga 32 miligram. Untuk itu, kita mungkin belum benar-benar menikmati kopi tanpa kafein yang benar-benar bersih dari kafein.

Kopi tanpa kafein tidak berarti bebas kafein

Nah, yang kedua ini adalah acuan dari yang pertama tadi. Dimana harus ditanamkan pada pola pikir Anda bahwa kopi tanpa kafein itu tidak berarti ia bebas kafein. Menurut peraturan FDA, kopi harus memiliki 97 persen dari kafein asli yang dihilangkan dalam rangka untuk diberi label sebagai tanpa kafein. Minum 5-10 cangkir kopi tanpa kafein dan Anda mungkin akan setara dengan satu atau dua cangkir kopi biasa dalam hal kandungan kafeinnya, sehingga tetap diingat bahwa jika Anda ingin menghindari kafein karena alasan kesehatan, maka dengan minum kopi tanpa kafein bukanlah jalan terbaik selain dengan meninggalkan minum kopi.

Satu dari sepuluh peminum kopi memilih yang tanpa kafein

10 persen peminum kopi memilih tanpa kafein, menurut Asosiasi Kopi Nasional, tapi itu bahkan lebih tinggi di antara roaster dan rumah-rumah kopi. Sekitar 18 persen dari penjualan Counter Culture berasal dari kopi tanpa kafein.

Tidak semua kopi decaf dibuat sama

Ada berbagai cara untuk kopi Decaffeinate. Carilah segel atau merek yang menggunakan metode CO2 untuk kopi Decaffeinate, metode bersertifikat organik dan tidak menggunakan bahan kimia.

Kopi tanpa kafein dapat mengurangi risiko diabetes

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali, mereka yang minum enam cangkir kopi biasa sehari memiliki risiko 33 persen lebih rendah dari diabetes tipe 2. Tapi jika Anda meminum kopi tanpa kafein, Anda masih akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu satu cangkir kopi tanpa kafein per hari menyebabkan penurunan enam persen di resiko diabetes tipe 2.

Kopi tanpa kafein juga baik untuk hati

Sebuah studi lebih dari 28.000 peserta menemukan bahwa selama periode 10 tahun, orang yang minum setidaknya tiga cangkir kopi sehari memiliki tingkat lebih rendah dari empat enzim hati yang sering dikaitkan dengan kerusakan dan peradangan. Bagian terbaiknya adalah bagi mereka peminum kopi tanpa kafein.

Kopi tanpa kafein mengurangi risiko kanker prostat

Dalam sebuah studi dari 47.911 pria oleh Harvard School of Public Health, peneliti menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi enam cangkir atau lebih kopi dalam sehari memiliki risiko 18 persen lebih rendah terkena kanker prostat, dan 60 persen lebih mungkin meninggal dari itu. Mereka mendapatkan manfaat diperpanjang untuk peminum kopi tanpa kafein, yang menunjukkan bahwa itu adalah antioksidan, yang menawarkan perlindungan.

Kopi tanpa kafein mungkin dapat meningkatkan kolesterol

Menurut American Heart Association, kopi tanpa kafein dapat meningkatkan kolesterol LDL Anda, mungkin merugikan kesehatan jantung Anda. Peneliti melacak tiga kelompok peserta, mereka yang minum tiga cangkir kopi sehari, mereka yang minum tiga cangkir kopi tanpa kafein, dan mereka yang tidak minum sama sekali. Tiga bulan kemudian, hanya kelompok tanpa kafein yang mengalami lonjakan 8 persen di apolipoprotein B, komponen kolesterol LDL.

---------
Kesimpulannya, segala sesuatu itu pasti memberikan dampak di kedua sisi, begitupun dengan kopi tanpa kafein yang kebanyakan orang pikir itu jauh lebih sehat daripada yang berkafein. Faktanya, kopi tanpa kafein juga memiliki efek baik dan buruk bagi kesehatan. Namun, selama kita mengonsumsinya tanpa berlebihan, itu saja sudah jauh lebih baik.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...