Cegah Kanker Pankreas Dengan Vitamin A


Senin, 13 Februari 2017
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Cegah Kanker Pankreas Dengan Vitamin A

Kanker pankreas adalah salah satu bentuk penyakit yang paling ditakuti karena sifat agresif dan kesulitan dalam mengobatinya. Tapi, penelitian baru mengenai peran vitamin A dan pankreas telah membuka titik cahaya baru pada penyakit yang serius dan mungkin menawarkan harapan kepada mereka yang menderita penyakit tersebut.

Pankreas adalah organ tipis panjang yang duduk tepat di bawah tulang rusuk kiri bawah. Organ ini terlibat dalam pencernaan dan pengeluaran enzim yang membantu dalam pemecahan makanan. Organ ini juga terlibat dalam sekresi insulin-hormon yang terlibat dalam mengatur kadar gula darah dan penyimpanan lemak dalam tubuh.

Baca Juga:

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Imperial College London dan dipublikasikan dalam jurnal medis Nature Communications, peneliti memutuskan untuk fokus pada sel-sel pankreas terdekat daripada tumor kanker itu sendiri, dengan harapan bahwa hal tersebut mungkin menjadi titik terang mengapa kanker pankreas begitu sulit untuk diobati.

Cegah Kanker Pankreas Dengan Vitamin A
sumber gambar

Mereka menemukan bahwa dalam pankreas yang sehat, sel-sel yang dikenal sebagai sel stellata menyimpan persediaan melimpah vitamin A; Namun, ketika seseorang menderita kanker pankreas sel-sel ini diaktifkan oleh tumor kanker untuk melepaskan vitamin A mereka, sehingga mengosongkan mereka dari nutrisi penting ini. Ketika ini terjadi tampak bahwa sel-sel stellata membentuk jaringan ikat tebal yang mengelilingi tumor kanker. Kanker membajak fungsi sel-sel ini untuk menyebarkan kanker ke jaringan lain dalam tubuh.

Para peneliti juga menemukan bahwa mungkin untuk mematikan sistem disfungsional ini. Pada individu yang sehat vitamin A diubah menjadi substansi yang dikenal sebagai All-Trans-retinoat-Acid (ATRA). Ketika para peneliti menginduksi proses ini di laboratorium, mereka menemukan bahwa proses disfungsional yang melibatkan sel-sel stellata berkurang, menciptakan proses di mana itu lebih sulit untuk tumor kanker bisa menyebar.

Meskipun tidak jelas apakah peningkatan vitamin A dalam makanan atau melengkapi nutrisi ini dapat membantu dalam memerangi kanker pankreas, namun penelitian baru dalam jurnal Laporan Science menemukan bahwa vitamin A, beta karoten dan lycopene dalam diet mungkin membantu dalam memerangi kanker pankreas. Beta karoten dan likopen merupakan bagian dari kelompok nutrisi yang dikenal sebagai karotenoid yang mengkonversi menjadi vitamin A dalam tubuh.

Cegah Kanker Pankreas Dengan Vitamin A
Sumber vitamin A. sumber gambar

Beta karoten ditemukan dalam sebagian besar buah oranye dan hijau serta dalam sayuran, termasuk: squash, labu, wortel, ubi jalar, aprikot, kangkung, bayam dan brokoli. Lycopene ditemukan dalam makanan berwarna kemerahan seperti tomat dan semangka. Kedua nutrisi telah dikaitkan dengan penurunan kanker dalam banyak penelitian lain.

Selain menjaga pankreas sehat, vitamin A juga terlibat dalam pemeliharaan kesehatan mata dan penglihatan, penglihatan malam, serta kesehatan tulang, saraf dan kulit.

Orang yang memiliki kesulitan mencerna lemak, akan memiliki gangguan fungsi pankreas, gluten tidak toleran, diabetes atau yang memiliki usus bocor mungkin lebih rentan terhadap kekurangan vitamin A dan mungkin mengalami kesulitan mengkonversi karoten menjadi vitamin A. Alkoholic juga sangat beresiko kekurangan vitamin A.

Kebutuhan harian vitamin A yang direkomendasikan adalah 900 mikrogram per hari untuk pria dan 700 mikrogram per hari untuk wanita. Karena vitamin A larut dalam lemak, maka dapat disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk tidak mengambil jumlah berlebihan vitamin ini dalam bentuk suplemen selama jangka waktu tertentu karena dapat tertimbun dalam tubuh.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...