Meditasi Dapat Meningkatkan Aliran Darah ke Otak


Jumat, 10 Februari 2017
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Meditasi Dapat Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

Ketika kita berpikir tentang kesehatan otak, beberapa dari kita menganggap meditasi adalah pilihan terbaik. Meditasi memang dapat sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan otak. Itu karena tindakan sederhana ini efektif untuk mengurangi stres dan hormon stres yang dihasilkan yang dapat memiliki dampak negatif pada otak Anda.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychiatry Research menemukan bahwa meditasi meningkatkan aliran darah ke otak dan bahwa perubahan ini berlangsung lama setelah meditasi berakhir. Para ilmuwan di Ahmanson-Lovelace Brain Mapping Center di UCLA mempelajari efek dari meditasi pada "stres" sirkuit otak. Sepuluh meditator berpengalaman melakukan dua jenis meditasi: teknik meditasi berbasis fokus dan berbasis praktek-napas. otak meditator dipindai menggunakan teknologi MRI sebelum memulai, selama praktek meditasi dan selama mengikuti meditasi.

Baca Juga:

Para peneliti menemukan bahwa empat wilayah otak yang terpengaruh selama meditasi dan bahwa kedua jenis meditasi menyebabkan pola yang berbeda dari aliran darah ke otak. Namun, kedua teknik ternyata dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Beberapa perubahan otak terus berlanjut bahkan setelah meditasi berhenti.

Meditasi Dapat Meningkatkan Aliran Darah ke Otak
sumber gambar

Sementara penelitian di bidang ini masih dalam masa perkembangan, dampak positif dari meditasi pada aliran darah ke otak mungkin memiliki aplikasi dalam mengobati gangguan otak atau stroke dan dalam menjaga otak sehat untuk jangka panjang.

Meditasi juga telah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati, nyeri, peningkatan aktivitas sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan bronkus dan otot arteri. Penelitian lain di University of Wisconsin’s Center for Healthy Minds menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan perhatian pada anak-anak. Sementara studi menunjukkan berbagai perbaikan kesehatan terkait dengan meditasi, mereka secara konsisten menunjukkan penurunan hormon stres dan pembalikan dalam efek stres kronis.

Sementara banyak orang mengasosiasikan meditasi dengan agama, itu sebenarnya teknik sederhana yang melampaui keyakinan agama. Ini adalah liburan mental dari stres kehidupan sehari-hari di mana Anda memusatkan pikiran dan menciptakan rasa kedamaian. Imbalan yang sepadan dengan usaha minimal.

Meditasi sangat mudah untuk dipelajari, tidak memerlukan peralatan mahal dan bisa dilakukan hampir di mana saja. Yang Anda butuhkan adalah komitmen dan sejumlah kecil waktu. Sementara peserta dalam penelitian berlatih selama satu jam sehari, bahkan beberapa menit setiap hari akan membantu.

Ada berbagai jenis meditasi. Jangan terjebak dalam menemukan satu yang ideal untuk Anda; semacam hal yang dicari-cari dan sering menjadi alasan untuk menunda-nunda. Ada satu juta atau lebih alasan untuk tidak bermeditasi, dimulai dengan "Saya tidak punya waktu" atau "Saya terlalu lelah," tetapi mereka semua hanya alasan untuk tidak membuat kesehatan Anda menjadi prioritas. Tidak ada yang memiliki waktu. Bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda adalah terserah Anda.

Berikut ini adalah cara meditasi yang sederhana, namun efektif. Anda dapat memutar musik latar belakang yang damai saat melakukan meditasi ini atau Anda dapat memiliki keheningan dimana yang Anda inginkan.

  • 1) Duduk dalam posisi yang nyaman di mana Anda tidak akan terganggu. Tutup matamu. Jauhkan kepala Anda tegak dan bahu rileks.
  • 2) Mulailah dengan bernapas dalam-dalam dan mantap. Jangan memaksa pernapasan Anda. Cukup bernapas sedalam dan senyaman yang Anda. Amati napas Anda.
  • 3) Mulailah untuk memungkinkan napas Anda untuk memperluas perut Anda. Perluas perut Anda dengan masing-masing inhalasi, dan kemudian melepaskan perut Anda dengan setiap pernafasan.
  • 4) Lanjutkan bernapas dalam-dalam selama minimal 10 menit. Semakin lama Anda bisa bermeditasi, maka semakin baik.

Meditasi akan lebih mudah dengan praktek. Luangkan waktu setiap hari untuk bermeditasi maka otak dan tubuh Anda akan berterima kasih.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...