Menuai Manfaat Kesehatan dari Buah Pisang


Rabu, 30 November 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Menuai Manfaat Kesehatan dari Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang paling mudah didapatkan, praktis, baik di supermarket maupun di pasar-pasar sederhana yang ada disetiap pelosok desa. Selain harganya yang terjangkau ternyata buah pisang juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Pada umumnya, kita sudah mengenal buah ini sejak masih balita. Karena tidak sedikit para ibu yang menambahkan buah pisang sebagai makanan tambahan selain ASI dikarenakan buah ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh bayi.

Baca Juga:

Menurut penelitian, dengan teratur makan pisang sepanjang minggu, maka kita dapat menuai berbagai macam manfaat bagi kesehatan kita, bahkan diantaranya mungkin akan membuat Anda terkejut.

Apa sajakah manfaat buah pisang? Berikut ini diantaranya:

Sangat baik untuk darah rendah

Dari buah atau sayuran yang tersedia di alam, pisang menyediakan salah satu tingkat tertinggi kalium. Nutrisi ini adalah kunci untuk mengelola tekanan darah karena meningkatkan sirkulasi dan juga mengurangi efek natrium pada tubuh.

Menuai Manfaat Kesehatan dari Buah Pisang
sumber gambar

Memiliki lebih banyak energi

Karbohidrat dan gula dalam pisang membuat buah ini menjadi cara yang baik untuk menerima dorongan energi yang cepat. Inilah sebabnya mengapa banyak yang memakan pisang di pagi hari. Anda mungkin juga perlu makan satu sebelum atau setelah berolahraga, atau pada saat tubuh Anda mulai kehilangan energi di tengah hari di tempat kerja ketika Anda membutuhkan tenaga.

Kesehatan usus yang lebih baik

Satu buah pisang tunggal memberikan sekitar 14 persen dari total kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Diet tinggi serat membuatnya lebih mudah untuk mencerna makanan, dapat membantu mencegah sembelit, dan juga menyebabkan peradangan berkurang dalam saluran pencernaan. Untuk Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan, disarankan makan pisang.

Mengurangi risiko batu ginjal

Kandungan kalium dalam pisang juga membantu untuk mengurangi frekuensi batu ginjal dan encok karena ia bekerja mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh.

Membuat tulang kuat

Satu pisang sudah menyediakan 16 persen dari total kandungan mangan Anda untuk sehari. Mangan dapat mendukung kesehatan tulang yang lebih baik, mengurangi risiko untuk mengembangkan osteoporosis karena usia Anda dan mengurangi risiko patah tulang.

Kulit yang cantik

Mangan juga dapat memainkan peran utama dalam menjaga kulit sehat dan mencari yang terbaik dengan meningkatkan produksi kolagen, yang mendorong pergantian sel, mencegah garis-garis dan kerutan, dan membuat kulit tampak keseluruhan lebih muda.

Meningkatkan suasana hati

Pisang mengandung tryptophan, senyawa yang ditemukan pada ayam kalkun dan sering dikaitkan dengan perasaan kantuk. Bahkan, triptofan meningkatkan kadar serotonin di otak, hormon yang telah dikaitkan dengan perasaan bahagia dan mengurangi masalah akibat depresi dan kecemasan.

Sebagai mitra penurunan berat badan

Menambahkan pisang untuk diet Anda tidak hanya mengekang keinginan untuk makan permen, tapi pektin dan pati dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan memadamkan nafsu makan sehingga Anda tidak perlu makan banyak untuk tetap kenyang. Tentunya ini kabar baik bagi ingin menurunkan berat badan berlebih karena banyak makan.

-----------
Mulai sekarang, jangan sepelekan buah pisang. Meskipun tampaknya sederhana, namun kandungan khasiatnya benar-benar luar biasa.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...