Khasiat Luar Biasa Tersembunyi di Daun Bawang


Minggu, 15 Mei 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Khasiat Luar Biasa Tersembunyi di Daun Bawang

Kebanyakan orang berpikir, daun bawang hanyalah hiasan untuk sup, semur atau salad, tapi kita mungkin tidak menyadari ada khasiat tersembunyi di daun bawang yang dapat berperan sebagai makanan pokok dan juga obat. Hal ini disebabkan karena daun bawang telah lama diketahui sangat efektif melawan infeksi bakteri serius dan bahkan dalam pencegahan serta pengobatan kanker.

Daun bawang telah digunakan selama lebih dari lima ribu tahun oleh orang-orang asli Asia, pada awalnya daun bawang paling sering digunakan oleh orang-orang Cina. Namun, kini daun bawang sudah menjadi bagian dari banyak masakan di seluruh Asia, Eropa dan Amerika Utara. Daun bawang diklasifikasikan sebagai anggota keluarga allium, kerabat dari bawang putih dan bawang merah.

Baca Juga:

Lebih dari satu abad yang lalu, daun bawang bahkan digunakan dalam meramal. Seseorang akan mengambil sekelompok batang daun bawang, lalu melemparkannya ke sebuah meja kayu, dan peramal akan menafsirkan pola yang terbentuk untuk memprediksi keberuntungan kliennya.

Khasiat Luar Biasa Tersembunyi di Daun Bawang
sumber gambar

Terlepas dari benar atau tidaknya daun bawang bisa untuk meramal, setidaknya kita yang berpikir logis tentu berpendapat lain. Selain sebagai penambah aroma sedap dan gurih dalam semua makanan, ternyata daun bawang juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang serius. Berikut diantaranya:

  • Daun Bawang Sebagai Antibakteri: Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Molekul, ilmuwan Perancis menemukan bahwa daun bawang menunjukkan aksi antibakteri terhadap lima bakteri yang berbeda diuji, termasuk diantaranya: Staphylococcus, Listeria, Salmonella, Campylobacter dan E. coli. Mereka juga menemukan bahwa daun bawang paling efektif terhadap bakteri ini bila digunakan secara alami, atau mentah, karena mereka akan kehilangan beberapa efektivitasnya ketika dipanaskan. Namun, mengingat keadaan bakteri resisten antibiotik, menikmati daun bawang secara teratur dapat memberi perlindungan yang optimal.
  • Daun Bawang Sebagai Pencegahan Kanker: Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Cancer Prevention Research menemukan bahwa daun bawang memiliki sifat pencegahan kanker yang ampuh, khususnya terhadap kanker pencernaan. Para peneliti di National Cancer Institute dan Departemen Pertanian AS percaya bahwa senyawa sulfur alami yang terdapat dalam daun bawang mungkin bertanggung jawab pada efek antikanker yang mengesankan.
  • Daun Bawang Sebagai Ramuan Radang Tenggorokan: ilmuwan Rumania menggunakan daun bawang dalam ramuan tradisional mereka untuk meringankan sakit tenggorokan. Temuan mereka ini, telah diterbitkan dalam Journal of Physiology and Pharmacology yang menunjukkan bahwa ekstrak alkohol daun bawang adalah obat sakit tenggorokan yang efektif, terutama karena sifat anti-inflamasinya.

Cara Penggunaan Daun Bawang

Daun yang segar atau kering, menyerupai tangkai kecil bawang hijau, adalah tambahan lezat untuk kentang atau ikan. Mereka juga menendang rasa ketika dipotong dan ditambahkan ke makanan favorit tradisional atau vegan keju krim atau keju lembut ringan. Daun bawang yang segar merupakan tambahan yang sangat baik untuk gravies dan saus. Sedangkan bunga daun bawang yang segar dapat dimakan dan lezat dicampur di atas salad hijau atau sup. Atau silahkan Anda sajikan sesuai selera Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...