Vitamin D Dapat Membantu Memulihkan Gagal Jantung


Rabu, 06 April 2016
Label: , , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Vitamin D Dapat Membantu Memulihkan Gagal Jantung

Mungkin sebelumnya, kita sering mendengar bahwa vitamin D itu sangatlah baik untuk tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun beberapa orang juga sempat berpikir tentang keterkaitan vitamin ini dengan kemampuannya dalam penyembuhan jantung. Dan sekarang, ada satu lagi alasan mengapa Anda harus mendapatkan asupan vitamin D ini.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa vitamin yang secara teknis hormon, dapat membantu menyembuhkan jantung yang rusak atau sakit. Penelitian ini menilai efek dari suplemen vitamin D pada fungsi jantung di orang-orang yang mengalami gagal jantung kronis.

Baca Juga:

Secara acak, dilakukan studi double-blind dan placebo-controlled, oleh Klaus K. Witte, MD, FACC dan rekan-rekannya pada 223 pasien. Para pasien diberikan baik 4000 IU vitamin D3 ataupun plasebo. Sebanyak 163 peserta menyelesaikan studi selama satu tahun dan dinilai untuk menentukan apakah ada perubahan dalam kemampuan berjalan mereka menempuh jarak enam menit dari awal penelitian untuk satu tahun kemudian, yang ditetapkan sebagai tanggal penyelesaian studi.

Untuk sementara tidak ada perubahan dalam kemampuan mereka, para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengambil suplemen vitamin D3 memiliki perbaikan yang signifikan dalam fungsi jantung tertentu yang dikenal sebagai fraksi ejeksi.

Vitamin D Dapat Membantu Memulihkan Gagal Jantung
sumber gambar

Fraksi ejeksi (EF/Ejection fraction) adalah pengukuran persentase darah yang meninggalkan jantung setiap kali kontraksi, tanggung jawab diasumsikan oleh ventrikel kiri jantung. Fraksi ejeksi 55 persen atau lebih tinggi dianggap normal. Lebih rendah dari 50 persen dianggap berkurang. Peserta penelitian dimulai dengan fungsi EF rata-rata hanya 26 persen. Setelah mengambil 4000 IU suplemen vitamin D3 setiap hari selama satu tahun, fungsi EF jantung mereka telah meningkat 6.07 persen, yang menunjukkan pembalikan parsial kondisi dan peningkatan yang signifikan dalam fungsi jantung.

Para penulis studi menyatakan bahwa "terapi baru untuk kondisi kronis yang serius termasuk gagal jantung kronis sering mahal, semakin teknis dan sering gagal untuk memenuhi tuntutan ketat dari fase besar 3 uji klinis." Mereka menambahkan bahwa "vitamin D mungkin menjadi opsi murah dan aman sebagai tambahan untuk pasien gagal jantung kronis dan mungkin memiliki efek menguntungkan pada beberapa fitur dari sindrom."

Penelitian sebelumnya dalam jurnal Circulation medis menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan penyakit jantung, menyarankan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah suplementasi vitamin D dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jurnal baru dari studi American College of Cardiology menunjukkan bahwa vitamin ini bisa meningkatkan kesehatan jantung untuk benar-benar membalikkan aspek tertentu dari penyakit jantung, bahkan untuk orang-orang yang memiliki gangguan fungsi jantung.

Vitamin D dibutuhkan dalam usus untuk memastikan penyerapan kalsium. Akibatnya, juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Tapi itu adalah hormon penting yang diperlukan untuk berfungsinya berbagai aspek kesehatan kita. Bahkan, tingkat rendah telah dikaitkan dengan obesitas, depresi, diabetes dan kanker.

National Institutes of Health merekomendasikan kita untuk mendapatkan 600 IU vitamin D setiap harinya dan 800 IU untuk senior yang berusia di atas 70 tahun. Namun, dosis studi 4000 IU adalah jumlah profesional kesehatan alami yang direkomendasikan sebagai dosis harian.

Vitamin D memang bisa didapat dari paparan sinar matahari yang moderat (paparan sinar matahari yang tinggi tidak dianjurkan). Akan tetapi sangatlah sulit untuk mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari, terutama bagi mereka penderita penyakit serius yang mungkin memiliki kebutuhan vitamin D lebih tinggi dan kemungkinan kurangnya terkena paparan sinar matahari di luar ruangan. Alangkah baiknya, konsultasikan hal ini dengan praktisi kesehatan Anda.

Mulai sekarang, perhatikan asupan vitamin D harian Anda, agar jantung Anda turut menjadi sehat.


________________
Penulis:
Dr Michelle Schoffro Cook, PhD, DNM, seorang ahli gizi dan penulis buku kesehatan best seller.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...