Manfaat Tauge yang Luar Biasa Bagi Kesehatan


Selasa, 05 April 2016
Label: , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat Tauge yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Mungkin sebagian orang di Indonesia mengenalnya dengan nama Tauge. Namun di negara lain lebih umum di kenal dengan nama Sprouts atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kecambah. Kenapa orang-orang lebih suka menyebutnya “Tauge”? Tauge sebenarnya mengambil dari bahasa Hokian, yang jika diartikan terdiri dari dua kata “Tau” artinya kacang, dan “Ge” artinya kecambah. Jadi Tauge itu sejenis sayuran yang asalnya dari biji-gijian yang sedang mengalami proses perkecambahan.

Baca Juga:

Tauge adalah makanan lokal yang terbaik, namun tidak cukup banyak orang yang menyukai makan tauge. Padahal, dari tauge bisa diperoleh manfaat kesehatan yang tak terhingga. Dikarenakan belum banyak yang mengetahui, maka disini saya akan menjabarkan beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan mengenai manfaat tauge.

Apa sajakah itu?

Manfaat Tauge yang Luar Biasa Bagi Kesehatan
sumber gambar

1) Kualitas protein dalam kacang-kacangan, atau biji-bijian akan meningkat ketika sedang proses tumbuh. Protein berubah selama perendaman dan proses pertumbuhan, sehingga meningkatkan nilai gizi. Asam amino lisin, misalnya, yang diperlukan untuk mencegah luka dingin dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat meningkat secara signifikan selama proses perkecambahan.

2) Para ahli memperkirakan bahwa ada sekitar 100 kali lebih enzim dalam kecambah dari buah-buahan dan sayuran mentah. Enzim adalah jenis khusus dari protein yang bertindak sebagai katalis untuk semua fungsi tubuh Anda. Penggalian lebih banyak vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak esensial dari makanan yang Anda makan memastikan bahwa tubuh Anda memiliki blok bangunan gizi hidup untuk memastikan setiap proses bekerja lebih efektif.

3) Meningkatnya konten Vitamin secara dramatis. Hal ini terutama berlaku dari vitamin A, B-kompleks, C, dan E. Vitamin dari beberapa biji-bijian, atau kacang-kacangan, meningkat hingga 20 kali dari nilai aslinya dalam waktu hanya beberapa hari tumbuh. Penelitian menunjukkan bahwa selama tauge dalam proses tumbuh hijau peningkatan vitamin B1 hingga 285 persen, vitamin B2 hingga 515 persen, dan niacin hingga 256 persen.

4) Kandungan serat dari kacang-kacangan, atau biji-bijian, meningkat secara substansial. Serat sangat penting untuk penurunan berat badan. Ini tidak hanya mengikat lemak dan racun dalam tubuh kita, tetapi memastikan bahwa setiap lemak tubuh kita yang rusak dipindahkan dengan cepat keluar dari tubuh sebelum dapat menyerap melalui dinding usus (yang merupakan tempat utama untuk nutrisi penyerapan ke dalam darah).

5) Selama tumbuh, mineral mengikat protein dalam biji-bijian, atau kacang-kacangan, membuat mereka lebih bisa digunakan di dalam tubuh. Hal ini berlaku dari mineral alkali seperti kalsium, magnesium, dan lain-lain, sehingga membantu kita untuk menyeimbangkan kimia tubuh dan berperan dalam menurunkan berat badan serta kesehatan yang lebih baik.

6) Kandungan asam lemak penting meningkat selama proses tumbuh. Sebagian besar dari kita kekurangan lemak esensial pembakar lemak, karena mereka tidak umum dalam diet kita. Makan lebih banyak kecambah atau tauge adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi penting tersebut.

7) Energi yang terkandung dalam biji-bijian, atau kacang-kacangan meningkat melalui perendaman dan pertumbuhan.

8) Ketika Anda memelihara pertumbuhan kecambah itu sendiri di rumah, maka Anda membantu lingkungan dan memastikan bahwa Anda tidak mendapatkan pestisida yang tidak diinginkan, aditif makanan, serta bahan kimia berbahaya lainnya yang menggagalkan upaya penurunan berat badan Anda.

9) Tauge itu makanan yang murah. Terkadang bagi kebanyakan orang, biaya merupakan salah satu alasan mereka untuk menghindari makanan yang sehat. Karena mahal maka mereka enggan membelinya. Namun, tauge merupakan makanan yang sangat murah. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa memakannya.

10) Tauge termasuk makanan alkalizing tubuh Anda. Banyak penyakit termasuk kanker yang telah dikaitkan dengan kelebihan keasaman dalam tubuh. Maka alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi lebih banyak sumber makanan alkali untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh Anda. Apalagi jika dibarengi dengan meminum air alkali, salah satunya adalah air milagros.

Nah, itulah beberapa alasan yang harus Anda pertimbangkan baik-baik bahwa Anda harus makan Tauge. Tauge itu sangat menyehatkan. Jadi cobalah untuk mencampurkan tauge ke dalam menu harian Anda. Dan rasakan sendiri khasiatnya bagi tubuh Anda.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...