Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Kopi dan Teh


Sabtu, 07 November 2015
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Kopi dan Teh
Berdasarkan pengalaman sendiri yang sudah cukup lama mengenal kafein baik dari kopi maupun teh, seringkali bertanya-tanya apakah kopi atau teh memiliki manfaat bagi kesehatan? Pertanyaan ini mungkin juga ditanyakan oleh banyak orang. Sayangnya untuk kopi sendiri, sudah dikenal banyak orang tentang reputasi negatifnya saja. Lain halnya dengan teh. Sehingga jika kopi dibandingkan dengan teh, maka orang-orang banyak yang lebih memilih teh. Namun, perlu Anda ketahui ada beberapa studi mengenai hal ini yang akan mengejutkan Anda.

Ada begitu banyak penelitian yang sudah dilakukan terhadap kopi dan teh, penelitian yang paling baru tentang manfaat kesehatan dari keduanya dalam bentuk meta-analisis. Sebuah meta-analisis pada dasarnya adalah apa yang kedengarannya seperti: analisis dari analisis. Dalam kasus penelitian ini, berarti analisis beberapa studi yang meneliti hal yang sama.

Ketika Anda bertanya mana yang lebih baik, kopi atau teh? Jawabannya adalah keduanya memiliki sejumlah manfaat masing-masing. Kopi dan teh berhubungan dengan mengurangi risiko depresi, penyakit jantung, penyakit hati dan stroke. Namun, ada perbedaan halus yang dapat membuat kedua pilihan tersebut menjadi yang lebih baik untuk Anda pilih sebagai minuman rutinas Anda.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Kopi dan Teh
sumber gambar

Manfaat Kopi

Jika Anda menyukai kopi, akan lebih baik menuai manfaat yang terkandung di dalamnya dengan cukup meminumnya sebanyak dua sampai lima cangkir dalam sehari. Ukuran ini termasuk ke dalam ukuran yang sedang. Dengan meminum kopi sesuai ukuran maka ada manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Sebuah studi Harvard menunjukkan bahwa wanita hanya meminum kopi dua cangkir sehari berpotensi mengurangi risiko depresi sebesar 15 persen. Manfaat khusus lain untuk wanita adalah dapat menurunkan risiko kanker endometrium, terkait dengan konsumsi kopi tanpa kafein secara baik dan teratur.

Sebuah meta-analisis dari 11 penelitian yang berbeda juga mengungkapkan bahwa jumlah ini juga ideal untuk mengurangi kemungkinan stroke. Selanjutnya, dua atau tiga cangkir kopi dapat membantu mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2. Jumlah ukuran konsumsi sedang kopi juga dapat membantu mengurangi risiko dari masalah kardiovaskular.

Baca Juga:

Manfaat Teh

Minum dua atau tiga cangkir teh tampaknya menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan manfaat kesehatan. Jumlah ini dapat mengurangi risiko depresi dengan sebesar 37 persen. Satu studi menemukan bahwa wanita yang minum 2,5 cangkir teh dalam sehari memiliki penurunan risiko untuk kanker dubur hingga 60 persen. Wanita yang menyukai teh juga bisa mendapatkan keuntungan dari teh hijau karena bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara.

Selanjutnya, teh juga menawarkan berbagai jenis pilihan. Berbagai macam varietas teh memiliki manfaat yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Teh chamomile setara dengan teh hijau yang berenergi. Mencampur berbagai jenis teh yang Anda minum berarti Anda dapat menambahkan dorongan antioksidan, sama saja dengan meminum teh hitam untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Intinya, meminum teh baik dicampur ataupun tidak sama-sama memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan.

Kopi dan teh memang tidak diragukan lagi memiliki tempat tersendiri bagi beberapa orang di dunia. Di Amerika saja, 83 persen orang dewasa adalah peminum kopi. Amerika Serikat juga menawarkan tempat kedua setelah China, yang memiliki rak 90 juta dolar dalam penjualan tahunan di pasar ritel untuk teh. Kedua jenis minuman ini, memang jika diminum dengan aturan tertentu dapat menjadi bermanfaat bagi tubuh kita.

Nah, gambaran dibawah ini adalah ringkasan sederhana dari manfaat kesehatan antara Kopi vs Teh yang diperoleh dari infographic Care2.com.

Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Kopi dan Teh
sumber gambar

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


2 komentar:

  1. ngopi saya suka kang, ngeteh , dari kecil memang suka minum Teh...
    ternyata baik Kopi maupun Teh mempunyai manfaat serta kelebihan masing-masing bagi kesehatan tubuh kita ya kang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang Eka, masing2 punya manfaat sendiri2, tp yang terpenting sih adalah ukuran atau takaran minumnya kang.. JANGAN BERLEBIHAN.

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...