Mengejutkan, Makanan Ini Ternyata Buruk Untuk Gigi


Senin, 19 Oktober 2015
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Mengejutkan, Makanan Ini Ternyata Buruk Untuk Gigi
Anda mungkin sudah tahu bahwa makanan manis, minuman asam dan permen yang lengket cukup buruk bagi gigi Anda serta dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar dari kerusakan gigi.

Tentu saja, menyikat gigi dan flossing dua kali sehari dapat membantu melindungi gigi Anda, akan tetapi Anda mungkin akan terkejut jika ternyata bukan hanya makanan yang saya sebut di atas saja yang dapat merusak gigi, bahkan makanan yang mungkin menurut Anda sehat ternyata tidak bersahabat dengan gigi.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang harus Anda waspadai sebab memiliki dampak buruk untuk kesehatan gigi. Apa sajakah itu?

1. Roti putih

Roti putih tidak hanya mengandung lebih banyak gula, bahkan mungkin juga dipenuhi dengan pemanis tambahan. Roti putih dapat berdampak buruk bagi gigi putih Anda. Kandungan gula yang memang cepat larut jika dikunyah tetap meninggalkan sisa di gigi sebagai tempat berkembang biak bakteri gigi. Dan karena tekstur roti yang lembut dan mudah rapuh, maka potongan-potongan kecil roti dapat dengan mudah bersarang di antara gigi Anda.

Mengejutkan, Makanan Ini Ternyata Buruk Untuk Gigi

2. Bumbu dan saus

Entah ada berapa banyak kandungan gula yang ada pada botol-botol di rak dan kulkas Anda. Semua jenis saus tomat dan saus salad bahkan saus barbekyu dan pasta saus seringnya sarat dengan gula yang tidak diragukan lagi akan menimbulkan masalah bagi gigi Anda jika terjebak dalam gigi untuk jangka waktu yang lama. Sayangnya kita memang tidak pernah bisa meninggalkan saus dalam campuran makanan kita.

Baca Juga:

3. Buah jeruk

Buah jeruk mungkin juga menjadi raja keasaman ketika datang ke makanan sehat yang merusak gigi Anda. Jika Anda seorang penggemar penyedap air dengan rasa jeruk, pertimbangkanlah minum melalui sedotan sehingga tidak mencapai permukaan pada gigi Anda secara langsung.

4. Buah apel

Hmm, bukankah buah apel itu menyehatkan? Memang benar, tapi mungkin tidak begitu bersahabat dengan gigi Anda. Apel cukup asam, sehingga mereka dapat mengikis enamel gigi. Demikian juga, menggigit mereka dapat menyebabkan chip atau retak pada gigi. Cobalah untuk memotong mereka menjadi potongan-potongan kecil dan minum banyak air setelah Anda makan buah apel, hal ini untuk membasuh keasaman yang terkandung pada Apel.

5. Popcorn

Sudah jelas sekali makanan yang satu ini paling banyak bikin tersangkut di gigi. Anda pasti setuju kan dengan pendapat saya? Popcorn yang terbuat dari jagung paling mudah sekali tertinggal atau tersangkut pada gigi. Dan risikonya jika tidak segera dibersihkan maka akan menjadi sarang berkembang biaknya bakteri. Untuk itu segeralah membersihkan gigi Anda setelah makan popcorn.

5. Buah kering

Buah kering bisa menjadi camilan manis yang lezat, tetapi Anda harus berhati-hati ketika membaca label untuk kandungan gula yang ditambahkan ke dalamnya. Makanan yang terbuat dari buah kering, cenderung menjadi makanan yang cukup lengket, dan ketika sesuatu yang manis terjebak di permukaan atau di antara gigi Anda untuk waktu yang lama, Anda bisa membayangkan sendiri apa akibatnya.

7. Air kemasan

Semakin banyak saja air minum yang diolah dan dibentuk ke dalam kemasan entah itu gelas maupun botol. Mungkin cara ini memang membuat kita lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan akan air minum. Tapi apakah Anda tahu, bahwa air minum dalam kemasan itu jauh lebih berbahaya daripada air garam ataupun air lemon. Sebab pada kenyataanya, air kemasan itu jauh lebih asam daripada air keran, hal ini mungkin disebabkan oleh proses pemurnian. Mungkin ini adalah salah satu alasan yang baik untuk Anda menghindari membeli air minum kemasan dalam bentuk apapun, sehingga Anda juga dapat turut berkontribusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang tidak perlu.

8. Acar

Acar mengandung begitu banyak cuka yang asam, sehingga tidak baik untuk gigi. Acar sendiri mungkin baik-baik saja, namun jika tercampur dengan air garam maka akan menjadi jauh lebih buruk. Segeralah minum segelas air setelah Anda mengkonsumsi acar untuk menghindari kerusakan enamel gigi Anda.

9. Mentega kacang

Selai merek kacang tradisional mengandung banyak gula, tetapi itu tidak berarti mereka yang membeli merek organik dan alami tidak lolos. Tekstur lengket cetakan selai kacang ke daerah mulut Anda seperti lem, yang merupakan berita buruk tentu saja untuk gigi Anda. Selain memastikan Anda selalu memilih merek alami tanpa tambahan gula, minum air dan membersihkan gigi setelah makan mentega kacang adalah cara terbaik untuk dapat mengurangi dampak buruknya bagi gigi.

10. Keripik kentang

Ada yang suka keripik kentang? Bagi Anda yang menyukai asin, serta tekstur renyah keripik kentang harus lebih waspada lagi, sebab, faktanya bahwa mengunyah keripik kentang yang renyah memang memberikan kepuasan bagi kita, namun perlu disadari bahwa hal itu dapat membahayakan gigi Anda. Potongan-potongan kecil berubah menjadi lengket bila tercampur dengan air liur Anda, sehingga mudah bagi mereka untuk terjebak dan bersembunyi di berbagai tempat di sela-sela gigi. Hasilnya? Tentu menjadi lingkungan yang sempurna untuk bakteri penghasil asam.

------------
Nah, itulah sepuluh makanan yang mungkin tak pernah disadari oleh Anda berbahaya bagi kesehatan gigi. Memang, Anda tidak perlu menghindari semua makanan tersebut di atas. Namun, pastikan bahwa setelah Anda mengkonsumsi makanan tersebut, minumlah cukup air, berkumurlah, atau gunakan tusuk gigi dan benang untuk membersihkan sisa-sisa makanan diantara gigi. Atau rajin-rajinlah menyikat gigi Anda minimal dua kali sehari.


Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


8 komentar:

  1. Air kemasan yang air mineral bahaya apa tidak pada gigi? Saya kalau minum air mineral botol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, air kemasan dlm botol jg berbahaya bagi gigi, karena sama2 melalui proses pemurnian.

      Hapus
  2. berarti semakin asam makanan maka semakin buruk pada gigi

    BalasHapus
  3. iya juga sih kalo makan roti suka ada sisa di gigi, oh ya air kemasan ternyata ga bagus juga ya untuk gigi, apa sebaiknya masak air sendiri aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul itu mbak Devina, masak sendiri aja lbh ketahuan higienisnya dan alami tentunya... :D

      Hapus
    2. berarti kurang lebih dengan daging ayam ya kang hehehe . biasanya kalau kita mengkonsumsi ayam . pas setelah makan pasti ada sisa sangkut digigi

      Hapus
    3. @ HAM DAN:
      haha betul itu kang Hamdan, apalagi kalo pas lg bulan puasa ya nyangkutnya, berasa tuh.. bikin batalnya... hehe

      Hapus

Recomended For You:

loading...
loading...