Manfaat Menari Bagi Penderita Penyakit Parkinson


Kamis, 05 November 2015
Label:
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Manfaat Menari Bagi Penderita Penyakit Parkinson
Mereka yang hidup dengan penyakit Parkinson, memiliki gangguan neurologis yang mempengaruhi sistem saraf pusat, tentu saja dampak dari gangguan motorik ini berhubungan erat pada kegiatan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utama motorik, seperti berbicara dan ekspresi wajah, paling banyak terpengaruh dan sebagai gejala awal dari tanda-tanda adanya penyakit Parkinson.

Meskipun tidak ada obat untuk Parkinson, selalu ada bentuk-bentuk baru pengobatan yang muncul untuk membantu gejala dan efek lainnya yang dialami oleh pasien. Salah satu intervensi yang tidak konvensional adalah menggunakan seni tari. Mereka yang terlibat dalam gerakan ritmis tarian telah mendukung peningkatan dalam fungsi motorik, serta efek samping lain yang mengharukan, yaitu menciptakan rasa inklusi sosial dan persahabatan.

Telah ada banyak penelitian untuk mendukung klaim bahwa gerakan seni dapat berdampak positif gejala penyakit Parkinson, termasuk gerakan tangan, ekspresi wajah dan ketukan jari. Apa yang sangat menarik adalah bahwa salah satu studi menemukan lebih banyak perbaikan untuk orang-orang yang terlibat dalam kelas dansa tango, dibandingkan dengan kelas latihan yang lebih umum. Ada sesuatu yang unik yang lebih efektif tentang irama tari dimana olahraga konvensional tidak dapat mencapainya.

Manfaat Menari Bagi Penderita Penyakit Parkinson

Satu studi kasus mengungkapkan bagaimana terapi tari tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi pasien dengan gejala ringan atau sedang, tetapi juga sangat baik bagi penderita penyakit Parkinson yang parah. Individu, yang biasanya menggunakan kursi roda untuk transportasi, telah diuji dan diuji ulang pada keseimbangan, menyeimbangkan keyakinan, daya tahan dan kualitas timbangan hidup dan menunjukkan perbaikan yang signifikan di semua bidang. Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa dengan melakukan terapi alternatif serta perawatan yang terpadu, dikombinasi bersama dengan obat tradisional, maka secara drastis dapat meningkatkan keadaan pasien Parkinson.

Baca Juga:

Hanya saja, tempat-tempat terapi tari ini di negara kita mungkin masih sangat jarang dijumpai. Lain halnya di Amerika, telah ada enam lokasi terapi tari bagi penderita Parkinson yang terletak di New York. Peserta terapi yang terlibat dapat mengekspresikan dirinya dalam tarian jazz, balet, salsa, dan berbagai bentuk tarian lainnya.

Jika hal ini merupakan pengobatan alternatif yang bekerja efektif, mengapa tidak kita kembangkan secara luas di berbagai pelosok negeri ini? Daripada kita harus menghabiskan waktu bolak-balik ke dalam ruang dokter. Tidak ada salahnya kita mencoba membebaskan diri berekspresi dalam kelas tarian. Bergabung bersama sebuah komunitas selain dapat memberikan perbaikan pada fisik, juga dapat memberikan perasaan yang tenang dalam sebuah persahabatan di kelas tari.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...