Khasiat Jamur untuk Kekebalan Tubuh dan Memerangi Kanker


Kamis, 04 Februari 2016
Label: , , , , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Khasiat Jamur untuk Kekebalan Tubuh dan Memerangi Kanker

Anda pasti tahu yang namanya jamur. Begitu banyak berbagai macam jenis jamur dapat kita jumpai di mana saja. Asalkan tempat itu lembab. Jamur bertebaran di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Sehingga mudah kita dapatkan. Namun meskipun begitu, tidak semua jenis jamur dapat kita makan, sebab ada beberapa jenis jamur yang juga ternyata beracun.

Nah, jika berbicara tentang jamur yang baik untuk kesehatan Anda, maka jamur yang disarankan adalah jamur merang. Jamur merang memang sangat mudah untuk dibudidayakan. Selain itu banyak sekali khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dari jamur jenis ini.

Baca Juga:

Jenis dan bentuk jamur pun beraneka ragam, bahkan ada diantara jenis jamur yang memiliki bentuk agak aneh serta tumbuh di tempat yang tidak biasa. Terlepas dari itu semua, jamur merupakan obat yang ampuh serta dapat ditambahkan ke dalam menu diet sehat makanan harian Anda. Untuk itu jangan sampai Anda terlewatkan tidak memakan jamur. Berikut adalah empat khasiat jamur yang harus Anda ketahui.

1. Jamur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition. Para ilmuwan ingin menentukan apakah konsumsi jamur shiitake kering bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia. Jamur shiitake adalah jamur asli Asia Timur tetapi mereka juga adalah salah satu jamur yang paling umum ditemukan di bagian produksi karena meningkatnya popularitas mereka. Mereka kaya akan rasa smoky yang melengkapi berbagai jenis masakan.

Khasiat Jamur untuk Kekebalan Tubuh dan Memerangi Kanker
sumber gambar

Empat minggu penelitian melibatkan pria dan wanita dalam kesehatan yang baik antara usia 21 dan 41 tahun. Para penulis menyimpulkan bahwa konsumsi jamur shiitake secara teratur menghasilkan kekebalan tubuh yang meningkat, seperti yang terlihat oleh proliferasi sel dan meningkatkan aktivasi serta peningkatan produksi immunoglobulin A (yang biasa disebut sebagai IgA), yang merupakan antibodi memainkan peran penting dalam imunitas mukosa. Para penulis juga menyimpulkan bahwa perubahan yang diamati dalam penanda kekebalan lainnya mengungkapkan bahwa perbaikan ini terjadi di bawah kondisi yang kurang inflamasi daripada yang ada sebelum konsumsi jamur.

2. Jamur dapat membantu dalam memerangi kanker

Sebuah studi dalam International Journal of Medicinal Mushrooms menemukan bahwa jamur chaga dapat menghambat pertumbuhan tumor kanker. Jamur chaga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia dan utara Eropa untuk sejumlah penyakit. Jamur ini tumbuh di pohon-pohon terutama pohon birch (pohon yang cepat tumbuh dan memiliki kulit tipis sering mengupas), pohon ini mudah ditemui di hutan utara Amerika Serikat, Kanada, Eropa dan Asia. Hal ini disebabkan karena adanya massa hitam pada batang pohon yang mana memiliki tingkat tinggi melanin, pigmen alami yang pada manusia melindungi terhadap sinar ultraviolet B gelombang pendek (UVB) dari kerusakan radiasi.

Peneliti Cina menyelidiki peran penghambatan ekstrak polisakarida dari chaga pada sel tumor otak manusia U251. Ekstrak ini berhasil menghambat proliferasi sel-sel tumor dan keberhasilannya meningkat baik dari waktu ke waktu dan dengan peningkatan konsentrasi ekstrak.

3. Jamur itu sangat lezat dan serbaguna

Perlu dicatat bahwa jamur dapat menempati posisi daging di setiap makanan, dan memang rasa dan kelezatannya hampir seperti daging, bahkan jauh lebih lezat. Jamur juga dapat ditambahkan ke dalam sup, semur, dan kari. Rasanya yang khas membuatnya menjadi daya tarik tersendiri dalam setiap masakan. Cocok sekali untuk mendukung gaya hidup vegan atau vegetarian.

4. Jamur reishi, pilihan lain yang populer, telah ditemukan dapat melindungi otak dan sistem saraf

Peneliti asal Meksiko telah menguji senyawa yang ada dalam jamur reishi yang menentukan kemungkinan efek antikonvulsan dan saraf. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medicinal Mushrooms, menemukan bahwa jamur ini menghambat kejang dan mengurangi pola degenerasi bagian otak, sehingga dapat disimpulkan jamur reishi menawarkan antikonvulsan kredibel dan efek saraf.

--------
Berbagai macam jamur dapat ditemukan di toko-toko kelontong, toko makanan kesehatan dan pasar tradisional maupun para pembudidaya jamur. Jika Anda membelinya dari mereka maka merupakan keputusan yang baik, sebab jamur-jamur yang ada pada mereka umumnya sudah dipanen oleh orang-orang profesional dan berpengetahuan di bidangnya. Sedangkan jika Anda memperoleh jamur tersebut langsung dari alam bebas, sebaiknya Anda serahkan terlebih dahulu pada para ahli jamur yang dapat mengidentifikasi mana jamur yang layak untuk dikonsumsi. Tetap hati-hati, ada jamur yang beracun! Jamur-jamur yang telah disebutkan di atas, adalah jenis jamur yang memiliki manfaat kesehatan teruji.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


1 komentar:

  1. Jamur memang baik untuk kesehatan, namun tak sembarang jamur bisa dimakan.

    BalasHapus

Recomended For You:

loading...
loading...