10 Makanan Super Untuk Meningkatkan Otak


Jumat, 25 November 2016
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - 10 Makanan Super Untuk Meningkatkan Otak

Pada umumnya, banyak yang berpikir bahwa kesehatan otak hanyalah produk dari gen yang baik, tapi kenyataannya sangat berbeda. Sebuah badan penelitian pertumbuhan otak menunjukkan bahwa "we really are what we eat" artinya diri kita terbentuk dari apa yang kita makan. Dan hal itu juga terkait dengan pentingnya menjaga kesehatan otak.

Karena otak merupakan organ paling vital bagi kita, pusat dari segala macam pergerakan dan sistem di tubuh kita, untuk itu sudah sewajarnya kita dapat memberikan nutrisi yang terbaik bagi otak kita, agar otak selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Sebenarnya ada banyak makanan super untuk meningkatkan fungsi otak, baik berasal dari buah-buahan, ektrak tumbuhan, biji-bijian maupun rempah-rempah, tapi yang akan disebutkan di sini adalah sepuluh diantaranya yang terbaik:

1. Blueberry

Blueberry terkenal lezatnya, buah ini merupakan sumber kekuatan penyembuhan bagi otak yang bekerja untuk melindungi otak kita dari penyakit dalam beberapa cara berbeda. Mereka berisi sekelompok nutrisi tanaman yang disebut flavonoid yang melindungi bagian berair dan lemak dari otak terhadap kerusakan radikal bebas.

10 Makanan Super Untuk Meningkatkan Otak
sumber gambar

2. Anggur

Jika anda sudah mengikuti berita, Anda mungkin sudah mendengar tentang senyawa resveratrol yang ditemukan dalam anggur ungu. Sebuah volume besar penelitian menghubungkan resveratrol dengan perlindungan sel-sel otak terhadap kerusakan dari plak beta-amyloid terkait dengan penyakit Alzheimer dan demensia. Tampaknya senyawa ini bekerja dengan menyapu radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan otak dan dengan melindungi sel-sel otak terhadap plak yang terbentuk. Sementara media lebih merekomendasikan anggur merah untuk mendapatkan resveratrol, namun kenyataannya adalah bahwa alkohol dalam anggur merah justru melawan banyak manfaat.

3. Kenari

Untuk kesehatan otak yang lebih baik, saatnya untuk mengenal kacang: salah satunya adalah kenari. Kenari menawarkan banyak manfaat kesehatan otak. Untuk memulai, mereka dikemas dengan asam lemak Omega-3 yang membantu melindungi bagian lemak otak dan memadamkan radang otak. Penelitian di The Journal of Nutrition menemukan bahwa kenari juga mengandung senyawa alami yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menghancurkan radikal bebas yang dinyatakan bisa memiliki efek merusak pada otak. Senyawa-senyawa yang sama mengurangi radang otak, meningkatkan sinyal antara sel-sel otak dan meningkatkan generasi otak dan sel saraf. Pilihlah yang mentah, atau kenari tawar yang bisa ditemukan di bagian kulkas dari toko makanan kesehatan.

4. Kunyit

Penelitian yang dilakukan oleh tim medis di sebuah sekolah pascasarjana di Universitas Kanazawa, Jepang, menunjukkan bahwa kurkumin, yang ditemukan dalam kunyit (bahan kari umum) dapat mencegah perkembangan zat yang disebut plak beta-amyloid di otak. Cara termudah untuk menikmati manfaat dari kurkumin ini adalah dengan menambahkan kunyit untuk hidangan kari favorit Anda.

5. Apel

Konsumsi satu buah apel dalam sehari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Alzheimer and demensia lainnya menemukan bahwa orang yang menderita Alzheimer sedang sampai parah yang minum dua cangkir empat ons jus apel setiap hari memiliki pengurangan 27 persen di agitasi, kegelisahan dan delusi. Anda dapat menambahkan apel untuk makan siang Anda, sebagai camilan istirahat dari pekerjaan atau sebagai memakannya malam hari. Lakukan sesuai selera Anda.

6. Lemak ikan

Otak kita gemuk sekitar 60 persen dan perlu lemak sehat untuk mengisi bagian lemak ini. Sementara kenari merupakan sumber yang sangat baik dari lemak yang dibutuhkan oleh otak, demikian pula dengan lemak ikan. Ikan yang mengandung jumlah tinggi omega-3 asam lemak dapat berfungsi untuk meningkatkan otak termasuk diantaranya mackerel, sarden, tuna albacore, salmon, trout dan ikan haring. Tapi perlu dicatat, beberapa ikan ini telah menjadi terkontaminasi dengan merkuri. Untuk itu, hindari ikan yang secara konsisten muncul tinggi di radar merkuri, termasuk ikan predator seperti ikan todak dan ikan hiu, serta bass laut, tuna, walleye dan bass largemouth, serta ikan salmon yang tumbuh di peternakan.

7. Teh

Baik teh hitam, hijau dan teh putih semua memiliki sejumlah besar senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang disebut catechin, yang meningkatkan kesehatan otak. Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang minum dua atau lebih cangkir teh setiap hari memiliki risiko lebih rendah mengembangkan penyakit Parkinson.

8. Delima

Delima, menawarkan lebih dari rasa bukan hanya sensasional, mereka merupakan sumber gizi dan membantu penyembuhan, terutama bagi kesehatan otak. Bukan saja mereka tinggi antioksidan yang membantu melindungi otak terhadap stroke, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Atherosclerosis juga menunjukkan bahwa buah delima dapat menghancurkan radikal bebas dalam sistem vaskular, dan membantu untuk memastikan aliran darah yang sehat ke otak. Makanlah delima yang masih segar atau bisa juga dibuat jus delima tanpa gula.

9. Kopi

Menurut sebuah studi hewan, peneliti menemukan bahwa suplemen kafein yang dikombinasikan secara moderat, bisa mengurangi peradangan, yang merupakan prekursor dari banyak penyakit otak.

10. Tomat

Jika Anda hanya menikmati tomat sebagai bagian dari pasta makan malam sesekali, Anda mungkin ingin memperluas repertoar tomat Anda. Itu karena lycopene yang ditemukan dalam tomat juga telah ditemukan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Tomat telah terbukti bisa mencegah penggumpalan dalam darah (dikenal sebagai agregasi platelet), yang merupakan faktor risiko stroke.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Poskan Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...