Hipotesis Bagaimana Akupunktur Bisa Sebagai Pengobatan


Kamis, 24 November 2016
Label: ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Hipotesis Bagaimana Akupunktur Bisa Sebagai Pengobatan

Jika Anda menderita sakit atau masalah kesehatan kronis, Anda mungkin dianggap (atau telah diberitahu untuk mempertimbangkan) pengobatan alternatif akupunktur. Tapi, jika Anda tidak dapat membayangkan bagaimana sedikit pun tentang pengobatan ini, dan berharap tanpa rasa sakit "jarum" yang justru akan memperbaiki migrain atau membantu ketidakseimbangan hormon Anda, Anda tidak sendirian. Sebab, sebagian besar orang-orang di luar sana masih sedikit takut dengan bayang-bayang rasa sakit jarum yang nantinya akan mereka rasakan, sehingga mereka menjadi ragu untuk memilih pengobatan ini. Meskipun pada kenyataannya, akupunktur adalah praktek yang sangat disalahpahami, terutama dalam kedokteran Barat.

Baca Juga:

Akupunktur telah ada selama ribuan tahun. Dalam sesi pengobatannya, "jarum" digunakan untuk merangsang hal-hal tertentu, situs kuat (acupoints) sepanjang garis meridian, yang dapat mendorong proses penyembuhan seluruh sistem tubuh. Akupunktur telah berhasil digunakan untuk mengobati nyeri, PTSD, arthritis, stres kronis, kecanduan, insomnia, migrain, gangguan pencernaan, dan banyak lagi. Tapi tidak ada jawaban yang teguh bagaimana atau mengapa akupunktur bekerja.

Hipotesis Bagaimana Akupunktur Bisa Sebagai Pengobatan
sumber gambar

Nah, berikut ini adalah 4 dari hipotesis yang paling umum, bagaimana akupunktur dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh:

1. Efek plasebo. Banyak dokter dalam pengobatan Barat percaya bahwa sebagian besar manfaat dilihat dengan akupunktur berakar pada efek plasebo lipatan pikiran. Apakah ini benar atau tidak, pikiran adalah sumber yang kuat dari energi penyembuhan. Jika akupunktur dapat membuka energi dan berhasil, mengapa harus takut untuk menggunakannya sebagai alat penyembuhan. Plasebo tidak boleh diberhentikan begitu cepat.

2. Membuka blokir aliran energi. Dalam pengobatan Timur, akupunktur dikatakan dapat melepaskan penyumbatan energi dalam tubuh. Energi, atau qi, mengalir melalui jalur meridian tertentu dalam tubuh. Dengan melepaskan daerah kemacetan dan stagnasi melalui akupunktur, qi dibiarkan mengalir dan meningkatkan kesehatan serta keseimbangan. Jika energi kekuatan hidup Anda sehat, tubuh fisik pun demikian. Sayangnya, penjelasan ini tidak diterima secara luas di kedokteran Barat.

3. Melepaskan fascia. Mungkin teori terbaru tentang bagaimana akupunktur bekerja mengarah ke fascia yaitu jaringan seperti serat yang menyelimuti otot atau organ tubuh. Fascia telah mendapatkan banyak perhatian akhir-akhir ini, menjadi lebih diakui untuk tanggung jawabnya dalam fungsi tubuh yang tepat. Fascia dasarnya kaus kaki kompresi yang luas yang membuat seluruh tubuh Anda berisi. Masalahnya adalah, dengan ketidakseimbangan dan tidak aktif, area fascia dapat menjadi kaku, tebal dan tidak sehat, menyebabkan nyeri, peradangan dan mis-sinyal dalam tubuh.

4. Merangsang kekuatan penyembuhan tubuh. Beberapa percaya bahwa merangsang saraf dengan jarum halus dapat mengaktifkan mekanisme penyembuhan internal tubuh. Pada gilirannya, otak mengirimkan sinyal ke daerah itu untuk mengembalikan keseimbangan, yang sebelumnya mungkin tidak aktif dalam menangani daerah itu. Aksi memasukkan "jarum" lembut ke kulit dapat meningkatkan produksi hormon dan sinyal kimia dengan menarik perhatian penting, daerah tubuh kita yang luas diabaikan, dan mengingatkan otak bahwa sudah waktunya untuk 'membersihkan rumah'. Menurut banyak orang yang menggunakan teknik akupunktur ini juga mengatakan mereka menjadi sangat santai dan menenangkan untuk stres kronis, yang juga memberikan sinyal ke otak bahwa ia memiliki waktu dan ruang untuk memulihkan dan memperbaiki tubuh.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Burlington, lebih dari 80 persen dari titik-titik akupunktur terletak di mana pesawat jaringan ikat konvergen. Dengan pemikiran ini, adalah mungkin bahwa akupunktur bisa melepaskan stagnan, poin penting dalam fascia, sehingga memungkinkan pesan kimia untuk melewatinya lebih mudah. Ini bisa menjelaskan mengapa "jarum" di pergelangan kaki Anda bisa membantu Anda dengan rasa sakit di punggung bawah Anda.

Jika Anda skeptis terhadap akupunktur karena tidak ada yang pasti bagaimana atau mengapa ia bekerja, pertimbangkan ini: kedokteran Barat masih tidak tahu persis bagaimana pil / obat tertentu bisa bekerja baik, namun jutaan orang telah memakainya setiap hari. Jika Anda bertanya kepada saya, mana yang lebih baik antara obat kimia dan akupunktur, maka saya akan menjawab akupunktur memiliki sedikit risiko daripada obat-obatan.

Tentu saja, akupunktur atau akupresur tidak bisa secara ajaib menyembuhkan semua rasa sakit Anda. Tanpa gaya hidup yang seimbang dan sehat, akupunktur hanya dapat membantu Anda. Bekerja untuk menjaga diet bersih, menjadi sadar tingkat stres, berolahraga secara teratur dan bersikap baik kepada diri sendiri adalah poin yang terpenting. Akupunktur hanyalah modalitas yang kuat dari penyembuhan untuk membantu Anda dalam perjalanan kehidupan.

So, jangan ragu untuk melakukan akupunktur.

Sumber Bacaan

Artikel Terkait Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...