Menu Serangga Ekstrem Ini Adalah Sumber Zat Besi Terbaik


Selasa, 15 November 2016
Label: , ,
Advertisement
Resep Menggapai Sehat - Menu Serangga Ekstrem Ini Adalah Sumber Zat Besi Terbaik

Apakah Anda pernah menemukan penjual masakan serangga? Seperti jangkrik, belalang, atau larva yang dimasak sedemikin rupa. Pernah Anda memakannya? Jika Anda salah seorang yang menderita kekurangan zat besi, maka disarankan untuk mencoba makan menu ekstrem ini, sebab belalang, jangkrik, dan larva (buffalo worms) diketahui sebagai sumber zat besi terbaik. Buffalo Worms adalah larva Alphitobius Diaperinus dan sangat bergizi karena persentase protein tinggi dan persentase yang rendah lemak.

Baca Juga:

Mereka mungkin bukan makanan yang akan membuat Anda berselera, namun para ilmuwan telah memasukkan mereka ke dalam daftar makanan yang ternyata mengandung banyak zat besi.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti di King College London telah mempelajari nilai-nilai gizi dari serangga yang dapat dimakan itu untuk menentukan apakah benar-benar layak dimakan seperti daging, dan bukan sesuatu yang menyeramkan untuk dimasak, melainkan sebagai sumber zat besi yang baik.

Menu Serangga Ekstrem Ini Adalah Sumber Zat Besi Terbaik
sumber gambar

Tim peneliti memulai dengan memilih pilihan dari empat serangga yang dapat dimakan yang sudah pernah dimakan di beberapa bagian negara Afrika dan Asia, yaitu belalang, jangkrik, mealworm dan buffalo worms.

Selanjutnya, serangga itu ditumbuk menggunakan teknik yang dikenal sebagai spektrofotometri untuk mengukur berapa banyak zat besi yang terkandung di dalamnya. Hasilnya adalah jangkrik menempati posisi tertinggi yaitu dengan 12.91mg besi per 100g.

Para peneliti kemudian menggunakan metode yang berbeda untuk menentukan berapa banyak zat besi yang kemungkinan akan diserap oleh orang yang makan serangga dan dibandingkan dengan daging sapi sirloin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buffalo worms sebenarnya sumber yang lebih baik dari zat besi dibandingkan daging sapi sirloin.

"Saya sedikit terkejut melihat seberapa baik beberapa serangga setelah dibandingkan dengan sirloin," kata peneliti Darja Dobermann dari University of Nottingham.

"Saya telah mengantisipasi bahwa serangga merupakan sumber zat besi terbaik daripada zat besi yang diperoleh dari tanaman tetapi tidak menduga ternyata mereka mendekati tingkat yang sama dengan zat besi dari daging."

Menu Serangga Ekstrem Ini Adalah Sumber Zat Besi Terbaik
sumber gambar

Sebuah "Pestaurant" atau restoran bug mulai didirikan di depan Faneuil Hall di Boston, MA, dimana orang bisa makan makanan yang dibuat dengan serangga. Aneka menu serangga pun dibuat menjadi sedemikian rupa sebagai pilihan Anda yang ingin mencoba menu ekstrem ini.

Ada yang mau mencoba? Sepertinya di China juga banyak menu-menu seperti ini, bahkan jauh lebih ekstrem.

Sumber Bacaan

Artikel Menarik Lainnya:


FOLLOW and JOIN to Get Update!


0 komentar:

Posting Komentar

Recomended For You:

loading...
loading...